Maria Lycia br Simanjuntak  (Mardaup 17) berumur 12 tahun merupakan  anak ke-3 dari 7 bersaudara anak dari  Runggu Simanjuntak/br silitonga, selama 2 minggu tak sadarkan diri (koma) karena infeksi paru dan radang otak yang dideritanya. Siswi SD yang pintar bernyanyi ini, oleh orangtuanya terpaksa di pindahkan dari Rumah Sakit Elisabet Medan ke Rumah Sakit Pirngadi Medan dengan alasan ketidakmampuan keuangan keluarga.

Runggu yang sehari-harinya bekerja sebagai supir angkot, di satu sisi ingin membuat yang terbaik buat perawatan Maria, tetapi keterbatasan pemasukan dan besarnya biaya yang ditanggung sejak putrinya dirawat di RS, terpaksa harus mencari fasilitas pengobatan yang lebih ringan dari segi pembiayaan.

Kepada JuntakNews, Runggu menuturkan kondisi putrinya yang sangat memprihatinkan, sebab sudah 2 minggu tidak sadarkan diri. “Kami tidak bisa berbuat banyak, sebab menurut dokter, Maria harus menjalani operasi radang otak dan komplikasi penyakit tifus yang dideritanya tidak memungkinkan tindakan itu dilakukan saat ini. Ditambah lagi, ketidakmampuan kami untuk menyediakan biaya operasinya”, tutur Runggu dengan terisak.

Sabar dan sambil berdoa, hanya itu yang bisa dilakukan saat ini. Keajaiban atau mujizat tetap menjadi harapan sehingga Maria dapat segera sadar dan dimungkinkan untuk mendapat tindakan medik yang dibutuhkan. Kondisi kemiskinan keluarga dan buruknya lingkungan tempat  Maria hidup sehari-hari di rumah kontrakan Jl. Jermal XV Medan, diduga menjadi penyebab penyakit yang dideritanya. “Menurut dokter, Maria sakit karena lingkungan yang tidak bersih dan kurangnya mendapat gizi yang baik”, tambah Runggu.

Poli Simanjuntak, seorang aktifis sosial Simanjuntak, yang dihubungi keluarga Maria, mengharapkan dukungan doa dan bantuan biaya pengobatan untuk Maria. “Mohon agar dimobilisasi dukungan untuk Maria, sebab saya sudah menyaksikan sendiri penderitaannya dan sudah pula berbicara dengan kedua orang tuanya. Mereka keluarga miskin!”, jelas Poli.

Apa yang bisa kita lakukan, tentu tergantung usul dan keterbukaan hatin kita. Ayo kita dukung Maria kembali sadar dan sehat, sehingga dia bisa melantunkan lagu-lagu pujian dan bersekolah.

Bagi yang mau membantu biaya pengobatannya, silahkan kirimkan ke rekening dan konfirmasi ke nomor HP  di bawah ini :

 

POLTAK SIMANJUNTAK (Konfirmasi Pengiriman guna pencatatan lewat SMS ke : 081361175358)

BNI Cabang USU Medan
No. Rekening : 0062651304

BCA Cabang Iskandar Muda Medan
No. Rekening : 3491081862

 

[table id=12 /]