*Tujuh bulan hanya dirawat di rumah, kondisi Dorlan semakin lemah
*dr. Bakti Simanjuntak, Sp.B : “Melihat kondisinya wajib dilakukan rawat inap di RS”
*Tumbur Simanjuntak : “Diakoni Sosial GBI Tunas Adil siap membantu”

JuntakNews (Medan)

Generasi Muda Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru, Bere, Ibebere (GM-SSSI&BBI) bersama-sama dengan Pengurus Naposo Simanjuntak Sitolu Sada Ina dohot Bere (PN-SSSI&B) Kota Medan mengunjungi Dorlan br. Simanjuntak (58) dan keluarga, Selasa (20/09) di kediamannya di Jl. Binjai KM 10,8 Deli Serdang. Kunjungan ini dimaksudkan selain menunjukkan simpathy dan empathy terhadap penderitaan Dorlan yang diketahui menderita penyakit pembengkakan di kepala dan matanya, juga untuk berbicara dengan keluarga mengenai penanganan penyakit yang mendera Dorlan.

dr. Bakti Simanjuntak, Sp.B melakukan pemeriksaan kondisi Dorlan Simanjuntak

dr. Bakti Simanjuntak, Sp.B melakukan pemeriksaan kondisi Dorlan Simanjuntak

Sejak mengetahui penderitaan Dorlan, baik pengurus PN-SSSI&B dan GM-SSSI&BBI, telah sepakat untuk berupaya membantu Dorlan, sesuai dengan kebutuhannya dalam menjalani perobatan penyakitnya. Gamabaran awal yang diperoleh oleh pengurus GM-SSSI&BBI, bahwa keluarga tidak mampu membawa Dorlan meneruskan perobatannya ke rumah sakit, berkaitan dengan keadaan ekonomi keluarga yang tidak mendukung.

Gambaran awal itu ternyata benar, bahkan lebih memprihatinkan ketika menyaksikan keadaan Dorlan dan keluarganya yang hidup dalam suasana kemiskinan. Ditemui dibaringkan di ruang tengah tanpa tempat tidur, terasa menyesakkan dada. Tampaknya keluarga sudah “pasrah”, menunggu waktu. Menunggu mujizat, tanpa bisa berbuat banyak terhadap Dorlan.

Kesempatan pertama ketika menyaksikan keadaan Dorlan, dr. Bakti Simanjuntak, Sp.B yang sengaja diajak untuk memberikan advis medis langsung melakukan pemeriksaan umum terhadap fisik Dorlan. Dengan susah payah, Dorlan ketika disuruh menelan ludahnya, berupaya dengan meringis melakukan permintaan dr. Bakti.

“Melihat kondisinya, langkah yang perlu dilakukan adalah diagnosa lengkap berupa CT-Scan dan Pemeriksaan Uji Jaringan (Patologi Klinis), serta perawatan agar mendapat infus pengganti asupan makanan dan energi”, jelas dr. Bakti.

Letkol Ckm Ricardo Suganda Simanjuntak, M.Kes, menanggapi penjelasan dr. Bakti menyatakan kesanggupannya untuk membawa Dorlan menjalani CT-Scan di RST Putri Hijau tempat beliau bekerja.

“Saya sependapat dengan dr. Bakti, Namboru ini harus segera kita bawa menjalani pemeriksaan ulang ke Rumah Sakit sebagai langkah awal untuk menentukan tindakan medik yang tepat”, katanya.

Tujuh Bulan Dirawat di Rumah Saja

Ketika diminta menjelaskan riwayat sakit Dorlan, salah seorang anaknya menjelaskan bahwa keluarga akhirnya memutuskan tidak lagi membawa Dorlan berobat ke rumah sakit, selain faktor biaya, juga karena kurang memahami adanya perbedaan pendapat dokter yang mengobati Dorlan. Salah satu dokter mengatakan, tidak perlu dioperasi, dokter yang lain mengatakan perlu dioperasi, namun bukan pembengkakan dikepalanya, namun kelenjar gondoknya. Sehingga kami kebingungan dan menghentikan perngobatan.”, jelasnya.

“Selama dirawat di rumah, kondisi Dorlan semakin drop. Pembengkakan di kepala semakin membesar, bahkan bola mata sebelah kanan mulai keluar dari rongga matanya dan memerah”, lanjutnya.

Tampaknya keluarga ini, tidak saja mengalami hambatan kemampuan finansial, juga rendahnya pemahaman penanganan medis terhadap penyakit Dorlan ini.

Diakoni Sosial GBI Tunas Adil Siap Membantu

Tumbur Simanjuntak yang berdomisili dekat dengan keluarga Dorlan, walau masih pemuda ternyata memiliki respon dan atensi yang cukup tinggi. Tanpa diminta oleh keluarga Dorlan, Tumbur berusaha menggalang dukungan dari berbagai pihak termasuk dari gerejanya GBI Tunas Adil.

“GBI Tunas Adil, telah memutuskan bersedia membantu dengan menyediakan fasilitas ambulans membawa Dorlan ke RSU Adam Malik. Biaya perobatan dan operasi yang dibutuhkan juga sudah dijanjikan akan disediakan”, kata Tumbur.

Menanggapi kesediaan GBI ini, Pengurus GM-SSSI&BBI menyambut baik dan mengharapkan agar dalam penanganan penyakit Dorlan dilakukan koordinasi yang baik sehingga ada kepastian siapa melakukan apa. Hal senada juga diungkapkan oleh salah seorang penasehat PSSSI&B Sektor 34, Suhunan Simanjuntak (Op. KP), yang sengaja hadir menyambut kedatangan Pengurus GM-SSSI&BBI dan PN-SSSI&B di rumah kelurga Dorlan.

“Kami berterimakasih atas perhatian Pengurus GM-SSSI&BBI dan GBI yang menunjukkan perhatiannya terhadap Dorlan. Kami PSSSI&B sektor 34 tidak mampu berbuat banyak membantu beliau”, katanya sambil berharap agar niat baik ini dapat diwujudkan dengan membangun kerjasama dan komunikasi yang baik dan terbuka satu sama lainnya.

“Jika memungkinkan, tolonglah menggalang bantuan dana untuk biaya perawatan dan pengobatan Ito ini, sebab kondisi keuangan keluarga ini, sudah sangat kesulitan”, harap Op. KP.

Merespon kehadiran pengurus GM-SSSI&BBI dan PN-SSSI&B, suami Dorlan, Jannes Aritonang, menyampaikan ucapan terimakasihnya dan mengharapkan dukungan doa dan bantuan pembiayaan perobatan istrinya.

Hadir dalam kunjungan ini, antara lain : Rudyard Simanjuntak, Poltak Simanjuntak, Letkol Ckm Ricardo Simanjuntak, M.Kes, dr. Bakti Simanjuntak, Sp.B, Sandy Simanjuntak, Dedy Simanjuntak, Eka br. Simanjuntak, Ronald Simanjuntak dan Santi br. Simanjuntak.
Mengakhiri kunjungan ini Letkol Ckm Ricardo Simanjuntak, M.Kes, memimpin doa penguatan bagi Dorlan dan keluarganya.

Bagi, saudara-saudara kami, mari kita menggalang dukungan untuk meringankan penderitaan Dorlan dan keluarga dalam doa dan dana.

Kami persilahkan untuk mengirimkan dukungan BIAYA BEROBAT DORLAN SIMANJUNTAK, ke : Salah satu rekening di bawah ini, dan Mohon mengirimkan pemberitahuan pengiriman uang/transfer ke 081361175358 untuk diumumkan di web ini.

BCA 
No Rek. 349 108 1862
Cabang: Iskandar Muda Medan
a/n  POLTAK SIMANJUNTAK
Konfirmasi ke: 081361175358

BNI
No. Rek.  002 226 577 70
BNI USU Medan
a/n  POLTAK SIMANJUNTAK
Konfirmasi ke: 0813 611 75358

MANDIRI
No. Rek. 107 000 56889 00
Cab. Sutomo – Pematangsiantar
a/n  SUPRATMAN SIMANJUNTAK
Konfirmasi ke: 0811 236 393

DAFTAR PENYUMBANG BIAYA PENGOBATAN DORLAN br SIMANJUNTAK

[table id=10 /]