*Panitia Mubes se-Indonesia Diskreditkan GM-SSS&BBI

Rencana Pelaksanaan Mubes PSSSI&B se-Indonesia yang awalnya direncanakan di Jakarta dan dipindah ke Kota Medan tanpa alasan yang jelas, ternyata menuai berbagai persoalan. Tak pelak Pengurus PSSSI&B Kota Medan melayangkan surat pernyataan sikap menolak dan hal yang sama dilakukan oleh beberapa natua-tua Simanjuntak Sitolu Sada Ina di Jakarta yang membuat tulisan berjudul “Tunda Penyelenggaraan Mubes PSSSI&B se-Indonesia untuk Mencegah Perpecahan di Kalangan Simanjuntak Sitolu Sada Ina dan Boru dan Sub Judul : “Mengutamakan Persatuan, Mencegah Perpecahan”.

Membaca kedua Pernyataan Sikap tersebut, timbul pertanyaan “Ada apa dengan Mubes PSSSI&B se-Indonesia, hingga harus dipersoalkan?” Untuk menjawab pertanyaan ini dilakukan penelisikan terhadap dokumen resmi yang diterbitkan oleh panitia Mubes. Salah satu sumber yang dapat memberikan gambaran adalah Surat Panitia Mubes No : 00 /PSSSIB-Mubes/VI/2011, Hal : Sosialisasi Rencana Mubes PSSSI&B se-Indonesia, Lampiran I dengan Judul RENCANA MUBES PSSSI&B SE-INDONESIA, antara lain menuliskan :

1. Dalam salah satu situs internet tanggal 27 Pebruari 2011 ada beberapa orang dan sebagian anggota Panitia Persiapan Mubes PSSSI&B se-Indonesia merencanakan membentuk Panitia Mubes (di luar pengetahuan Pengurus PSSSI&B.

2. Tanggal 5 Maret 2011 secara kebetulan Ir. Bona Simanjuntak (Ketua Umum PSSSI&B se-Jabodetabek) bertemu dengan Ir. Hiskia Simanjuntak (Ketua Umum PSSSI&B Sumatera Utara) dan Gito H. Simanjuntak di Medan. Kepada Ir. Bona Simanjuntak dijelaskan mengenai berita di situs internet tersebut dan selanjutnya membahas berita tersebut kemudian disepakati untuk menemui Ketua PSSSI&B Bona Pasogit di Balige (Mangantar Simanjuntak Gelar Ompu Pati) untuk mengkonfirmasi berita tersebut.

Tulisan di Internet yang dimaksudkan oleh Panitia Mubes ini, justru telah ditarik oleh penulisnya atas permintaan Gito H Simanjuntak salah seorang Pengurus DPW PSSSI&B Sumut, lewat Letkol Ckm R.S. Simanjuntak, sehari setelah dimuat di situs ini. Dengan pertimbangan tidak menimbulkan konflik maka tulisan inipun untuk sekian lama tidak ditampilkan lagi di situs ini.

Justru Panitia Mubes, lewat surat sosialisasinya melampirkan berita di situs ini dalam bentuk lampiran surat yang seolah menunjukkan bahwa isi tulisan tersebut “berbahaya” dan mendiskreditkan penulisnya serta orang-orang yang turut dalam pertemuan sebagaimana isi tulisan tersebut.

Jika event sekelas Mubes PSSSI&B se-Indonesia didasarkan pada tulisan di situs internet dan mengangkat Ketua Panitia yang juga secara kebetulan, tentu dapat dimaklumi, munculnya sikan pro kontra terhadap pelaksanaan Mubes itu sendiri.

GM-SSSI&B didiskreditkan

Dalam tulisan dokumen sosialisasi Mubes Lampiran III dengan judul “Kelompok-kelompok Yang Mengatasnamakan PSSSI&B (Atau dengan modifikasi) Tetapi Tidak Bernaung di Bawah AD/ART PSSSI&B, sub poin Hal Kelompok-kelompok di Situs dan Berita”, tertulis :
1. Pada umumnya nama-nama yang disebut di situs internet adalah yang berumur muda.
2. Dua nama yang disebut di dalam : “Tim Kecil” adalah Wakil Ketua Panitia Persiapan Mubes PSSSI.B se Indonesia (Saut Simanjuntak, SH, MH, red) yang dibentuk tanggal 25 Juli 2009 di Taman Wisata Iman Sidikalang.
3. Berita di situs internet antara lain mengatakan bahwa : GM.SSSI.B siap menjadi pelaksana bila diminta.

*GM.SSSI.B adalah modifikasi (tanpa huruf “p” dari PSSSI.B). Modifikasi ini muncul setelah teguran dari Pengurus PSSSI.B Medan/Ketua Umum.
*Apa maksud dan tujuan GM melaksanakan Mubes PSSSI.B?
Sedangkan GM tidak bernaung di bawah AD/ART PSSSI.B?
Apakah supaya bebas berbuat sesuatu untuk tujuan tertentu tanpa terikat AD/ART PSSSI.B?
*Mengatasnamakan PSSSI.B atau dengan merubah initial PSSSI.B
Pembentukan PSSSI.B dilatarbelakangi oleh sejarah makna “Parsadaan” (huruf “P” dari PSSSI.B) berbeda dengan pembentukan organisasi lainnya.
Mengatasnamakan PSSSI.B tanpa bernaung dibawah AD/ART apalagi merubah initial menjadi SSSI.B adalah penyalahgunaan dan penyimpangan dengan tujuan lain dari kelompok tertentu. Akhirnya timbul pertanyaan seperti judul satu cerita : “APA YANG KAU CARI PALUPI?”

Tulisan ini memberi kesan dan pesan jelas bahwa kesiapan GM-SSSI&BBI menjadi pelaksana Mubes jika diminta telah ditengarai sebagai upaya terselubung “berbuat sesuatu dan tujuan tertentu”. Sungguh tuduhan yang mendiskreditkan!

Mempersoalkan GM-SSSI&BBi yang tidak di bawah AD/ART PSSSI.B, juga menimbulkan pertanyaan besar. AD/ART PSSSI.B yang mana? Sebab, secara jelas dituliskan oleh Panitia Mubes yang gemar menuduh ini, bahwa AD/ART PSSSI&B itu belum ada dan justru salah satu agenda Mubes PSSSI&B se-Indonesia adalah membuat AD/ART PSSSI&B! Heran!