JuntakNews (Sidikalang),

Pesta perayaan Ulang Tahun PSSSI dan BBI Sidikalang dan Periodisasi Pengurus 2009 – 2013 dilaksanakan hari ini Minggu (30/08) bertempat di Gedung Olah Raga Jalan RSU Sidikalang Kabupaten Dairi.

Dengan thema “Idama denggan nai jala uli nai molo rap sahundulan angka na marhaha-maranggi”, pesta diawali dengan ibadah bersama yang dipimpin oleh Pdt. Doni Padang, STh yang juga sebagai ibebere dan Bibelvrow Rumiris boru Simanjuntak.

Selain dihadiri ratusan warga PSSSI dan BBI yang terdiri dari orang tua, pemuda/i, remaja dan anak-anak, juga dihadiri utusan Pengurus Cabang  Medan dan Pengurus Pusat GM-PSSSI&BBI.

Ibadah Ucapan Syukur

Lantunan lagu rohani, khotbah dan doa syafaat dikumandangkan penuh hikmat sebagai bentuk ucapan syukur seluruh warga PSSSI&BBI Sidikalang kepada Tuhan yang selalu mengiringi perjanan organisasi marga ini selama puluhan tahun eksis di Sidikalang.

Usai ibadah dilanjutkan dengan menyanyikan secara bersama Mars Simanjuntak yang berjudul “Si Arum Na Met-met i” yang dipimpin oleh dr. Budiman Simanjuntak, MKes dan diiringi oleh song leader yang terdiri dari Angel br. Simanjuntak dan Rio Simanjuntak. Mars Simanjuntak diakhiri dengan tepuk tangan bersama dengan meriah.

Makan Bersama dan Hiburan

Mengisi waktu sela sebelum acara makan bersama, dua artis cilik Sidikalang Angel dan Rio Simanjuntak didaulat melantunkan lagu-lagu hiburan yang disambut antusias warga Simanjuntak dengan rela maju ke pentas untuk “sawer”.

Tidak mau kalah dengan kepiawaian Angel dan Rio, Masro br. Simanjuntak tampil menyanyikan lagu “Great Simanjuntak” yang dipopulerkan oleh Stak Brothers yang merupakan karangan Kasmin Simanjuntak dan lagu Poda, sebuah lagu yang cukup familiar di telinga orang Batak.

Acara makan bersama yang diselingi dengan lantunan lagu hiburan dari penyanyi yang semuanya keturunan Simanjuntak Sitolu Sada Ina, terasa begitu meriah.

Pembagian Jambar

Sebagai bukti bahwa acara ini merupakan rangkaian upacara adat, usai makan bersama dilaksanakan pembagian jambar yang ditujukan kepada 14 komisaris dan jajaran pengurus serta penasehat.

Hata Huhuasi

Penyampaian kata-kata sambutan diawali dengan G. Simanjuntak (Gunung Salju). Dalam kata sambutannya G. Simanjuntak yang juga merupakan Ketua II menyampaikan kilas balik perjalanan dan dinamika organisasi yang diikuti dengan harapan agar di masa mendatang seluruh warga punguan dan pengurus lebih menunjukkan kekompakan dan solidaritas antar sesama.

Laporan Pertanggungjawaban Pengurus

Darwin Sianipar Sekretaris PSSSI&BBI Sidikalang menyampaikan laporan pertanggungjawab keuangan yang seyogianya disampaikan oleh Bendahara yang berhalangan hadir.

Menurutnya laporan keuangan akan disampaikan secara transparan dalam bentuk tertulis setelah rapat ini. Selanjutnya posisi keuangan selama 3 tahun kepengurusan dibacakan, dimana saldo kas Rp. 4.280.000,- per tanggal 30 Agustus 2009. Untuk membiayai pesta ini, panitia melaporkan pemasukan dana yang berasal dari kontribusi anggota sebesar Rp. 2.750.000,- dari 142 Kepala Keluarga, donatur Rp. 3.450.000,- dimana Rp. 2.500.000,- diantaranya diterima dari Keluarga Saut Simanjuntak, SH yang juga Kepala Kejaksaan Negeri Sidikalang dan
dari donatur lainnya.

Penghargaan Kepada 14 Komisaris

Usai penyampaian laporan, dilanjutkan dengan penyampaian penghargaan kepada 14 komisaris yang akan mengakhiri masa baktinya. Penghargaan berturut-turut diserahkan oleh para penasehat yang terdiri dari Saut Simanjuntak, SH dan D. Simanjuntak (Si Guru) yang diiringi tor-tor dan diterima dengan sukacita para komisaris.

Jajaran pengurus yang akan mengakhiri masa baktinya didaulat ke podium bergabung dengan keempat belas komisaris. Salah seorang anggota menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran pengurus yang selama 3 tahun mengelola punguan dengan penuh dedikasi dan pengorbanan. “Kami mengharapkan agar dalam pemilihan pengurus baru, seluruh pengurus lama dapat bersama-sama memilih yang terbaik”, katanya.

Dengan berakhirnya penyampaian laporan, penyampaian penghargaan, penasehat menyatakan kepengurusan PSSSI&BBI Sidikalang periode 2006-2009 demisioner, sehingga waktunya untuk dilaksanakan pemilihan pengurus baru.

Pemilihan Pengurus Baru

Mengawali acara pemilihan kepada peserta diminta untuk mengusulkan bentuk dan mekanisme pemilihan. Salah seorang peserta mengusulkan sistim formatur yang disetujui oleh seluruh anggota yang hadir.

Formatur yang terpilih terdiri dari unsur penasehat (Saut Simanjuntak, SH dan D. Simanjuntak), unsur pengurus lama (J. Simanjuntak), unsur dari Mardaup (M. Simanjuntak), Sitombuk (G. Simanjuntak) dan Hutabulu (S. Simanjuntak), unsur boru (H. Simangunsong), unsur bere/ibebere (St. J. Siahaan) dan 3 orang dari unsur komisaris (Sibuaea, Harianja dan Simanjuntak), dan perwakilan Ina Ny. Hutapea br. Simanjuntak.

Menunggu hasil rapat formateur, Angel dan Rio Simanjuntak membawakan beberapa lagu dan mengajak hadirin untuk bergoyang sambil membawa lagu “Siantar Man”, “Anak Medan” dan “Perahu Cinta” dengan perpaduan manis suara sopran Angel dan lengkingan tenor khas Rio.

Hasil rapat tim formatur yang dibacakan oleh Saut Simanjuntak, SH menetapkan sebagai Penasehat D. Simanjuntak, Saut Simanjuntak, SH, Jongkas Simanjuntak, J. Simanjuntak, dr. Budiman Simanjuntak, MKes. Pengurus inti teridir dari Ketua Umum J.P. Simanjuntak , Ketua I R. Simanjuntak, Ketua II A. Sara Simanjuntak, dan Ketua III Ramli Simanjuntak (Op. David). Sementara J. Sibuea sebagai Sekretaris, Ama Chandra sebagai Wakil Sekretaris, sebagai Bendahara D. Sianipar. Personalia pengurus inilah yang akan memimpin perjanan PSSSI&BBI Sidikalang dan sekitarnya periode tahun 2009 s/d 2012.

Sedangkan jajaran komisaris yang sebelumnya terdiri dari 14 orang menjadi 11 orang yang terdiri dari komisaris Wilayah Panji A. Waty Simanjuntak, Sidikalang Kota Marpaung, Batang Beruh P. Siburian, Huta Gambir V. Pardede, Bandar Selamat A. Togi Simanjuntak, Jl. Boang Hutagalung, Kalang Baru Hutahaean, Barna Ny. Simanjuntak br. Hutabarat, Terminal A. Rita Simanjuntak dan Komisaris Km 2 dan 3 A. Gading Hutagalung.

Pengurus terpilih dilantik secara resmi oleh 6 orang penasehat. Selamat Bekerja!