Seperti biasanya kami istirahat pertama setelah mengikuti pelajaran 2 (dua) les. Pukul 09.30 wib bell tanda istirahat berbunyi pertanda istirahat. Semua siswa di SD Santo Yoseph yang berlokasi di Jl. Dairi No. 18 Sidikalang pada hari Rabu (10/06) dengan riang gembira berhamburan menuju halaman sekolah untuk bermain.

Asyik bermain di halaman sekolah, tanpa kami sadari seekor anjing warna coklat masuk ke tengah murid. Tiba-tiba di dekat koperasi tempat murid-murid membeli perlengkapan sekolah, anjing yang sudah berada di dalam halaman sekolah itu menggigit seorang siswa laki-laki kelas III. Si murid yang digigit menjerit kesakitan sebab kakinya luka goresan bekas gigi anjing yang nampaknya gila.

Tidak cukup hanya menggigit siswa kelas III ini, anjing ini bukannya ketakutan walau begitu banyak murid yang berkumpul di sana. Anjing yang gila inipun berlari ke arah depan kelas I dan menggigit 4 (empat) orang murid yang sedang bermain di sana.

Mengetahui bahwa ada seekor anjing gila yang menggigit siswa di halaman sekolah, Pak Situmorang Guru Matematika kelas V membuat pengumuman dan perintah agar semua murid yang masih bermain di halaman sekolah agar masuk ke dalam kelas, karena ada anjing gila yang berkeliaran.

Sambil menjerit dan berlari-lari, akhirnya semua murid yang mendengar pengumuman pun masuk ke dalam kelas. Sekolah kamipun kelihatan jadi kacau. Ada murid yang kakinya tersandung saking buru-buru memasuki kelasnya. Ditambah lagi dengan jeritan, sehingga suasana menjadi hiruk pikuk.

Saya sendiri mengalami ketakutan yang luar biasa, sehingga saya menangis dan naik ke atas meja. Kami mendengar gonggongan anjing mendekati kelas kami, sementara kami semakin ketakutan dan terus menangis. Guru kami akhirnya berupaya menenangkan kami serta menjelaskan agar tidak ada yang keluar apalagi berlari. Menurut Pak Saragi, menghadapi anjing galak, jangan ada yang lari, nanti justru di kejar dan di gigit.

Setelah kami mulai tenang, akhirnya pelajaran dilanjutkan. Sementara kawan kami yang kena gigit dibawa ke UKS. Saya sendiri tidak tahu bagaimana pengobatan mereka. Yang saya tahu bahwa orang yang digigit anjing gila bisa mengakibatkan kematian.

Saya terus mengingat kawan-kawan yang sudah digigit anjing gila ini. Dan aku berdoa supaya mereka tidak mengalami hal-hal yang buruk setelah digigit anjing di sekolah. Semoga…