SV Simanjuntak (Op.Bohal) Terpilih Menjadi Ketua Umum Priode 2009-2012
* Caleg Marga Simanjuntak Didoakan Menuju Pemilu 9 April 2009

Musyawarah Cabang Parsadaan Simanjuntak Sitolu Sada Ina & Boru, Bere,Ibebere (PSSSI&B) cabang Silindung berlangsung sukses hari Kamis (12/3) bertempat di aula GKPI kompleks stadion Tarutung. Pada muscab yang dihadiri ratusan anggota mewakili 19 sektor sewilayah Silindung itu, terpilih kepengurusan baru untuk periode tiga tahun ke depan menggantikan kepengurusan lama.

Selain memilih dan melantik pengurus harian, muscab juga menyepakati beberapa poin penting untuk memantapkan organisasi dalam rangka membesarkan PSSSI&B ke depan. Di antaranya, kesepakatan periodisasi kepemimpinan untuk jabatan Ketua Umum secara bergilir untuk pomparan ketiga ompu yang tergabung dalam Simanjuntak Sitolu Sada Ina, yakni Si Raja Mardaup, Raja Sitombuk, dan Raja Hutabulu. Kesepakatan tersirat ini akan ditetapkan dalam penyempurnaan anggaran dasar/anggaran rumah tangga PSSSI&B. Setiap pergantian ketua umum, jabatan ketua umum dijabat pomparan dari ketiga ompu tersebut, dan figur yang dicalonkan berdasarkan musyawarah internal dari turunan ompu bersangkutan.

Acara diawali kebaktian mengambil tema “Masiurupan di bagasan hadameon dohot hasadaon ni roha” (Gal 6:2), yang dipimpin Pdt G.Simanjuntak STh dan Bvr Delima Simanjuntak.

muscabsilindung2 Muscab dipandu oleh tiga orang pimpinan sidang mewakili pomparan ketiga ompu, masing-masing M.Simanjuntak BA (Mardaup), HP Simanjuntak (Sitombuk), dan Ir Ottoniyer Simanjuntak (Hutabulu). Selanjutnya penyampaian laporan pertanggungjawaban ketua umum lama Drs WP Simanjuntak,menyangkut keuangan dan kegiatan terhitung bulan Februari 2007. Disebutkan bahwa WP Simanjuntak menjabat ketua umum meneruskan kepemimpinan T.Simanjuntak (Op.Josua almarhum) yang meninggal dunia. Selama kepemimpinan WP Simanjuntak roda organisasi berjalan dengan baik, dan para peserta muscab dari 19 sektor menerima dengan baik laporan pertanggungjawaban tersebut. Dipaparkan pula, PSSSI&B saat ini sudah membentuk Komisi Beasiswa bertujuan membantu siswa-siswi berprestasi, selain pembentukan koperasi dalam upaya membantu kesejahteraan anggota. Namun koperasi tersebut belum berfungsi maksimal, masih perlu ditingkatkan di masa depan.

Muscab yang berlangsung  demokratis itu menyepakati bahwa giliran ketua umum untuk periode 2009-2012 diserahkan kepada pomparan Raja Sitombuk, karena sebelumnya sudah dijabat pomparan si Raja Mardaup. Sedangkan untuk periode berikutnya (2012-2015), jabatan ketua umum akan dipegang oleh pomparan Si Raja Hutabulu.

Setelah peserta muscab dari pomparan Si Raja Sitombuk berembuk, akhirnya disepakati figur yang ditampilkan menjadi ketua umum adalah SV Simanjuntak (Op.Bohal). Semula SV Simanjuntak tak bersedia dengan alasan pribadi, tapi atas desakan St B.simanjuntak salah seorang pomparan Sitombuk tertua, akhirnya SV Simanjuntak bersedia. Dan penunjukannya diterima peserta muscab secara aklamasi.

Pengurus harian PSSSI&B Cabang Silindung yang dipilih dan ditetapkan untuk periode 2009-2012, terdiri dari:

KETUA UMUM: SV Simanjuntak (Op.Bohal),KETUA 1 s/d 3  : R.Simanjuntak (Bapak Eva,Pancurbatu), HP Simanjuntak (Pak Daniel), dan Ir Ottoniyer MP Simanjuntak. Sedangkan SEKRETARIS UMUM dipercayakan pada Jonggi Simanjuntak SH, SEKRETARIS: R.Pandapotan Simanjuntak, dan BENDAHARA: B.Saragi (dari pihak boru).

muscabsilingdung Bersamaan dipilih pula Dewan Penasehat terdiri dari 11 orang, masing-masing: Drs WP Simanjuntak, J.Simanjuntak (Op.Diana), SM Simanjuntak (Boli-Boli), R.Simanjuntak, Gr D.Simanjuntak, P.Simanjuntak, St NPL Tobing, St B.Simanjuntak, Dj.R. Sagala, St PM Simorangkir, dan Ny.K Simanjuntak br Pasaribu.

Pengurus terpilih ini dilantik oleh St B.Simanjuntak salah seorang pengetua marga Simanjuntak di Silindung, didampingi Gr D.Simanjuntak, setelah didahului menyanyikan mars Simanjuntak Sitolu Sada Ina dengan penuh khidmat. Usai pelantikan, dilanjutkan kata sambutan mewakili sektor oleh Simanjuntak (Saruksuk), Bvr Delima Simanjuntak mewakili ina, dan Mayor TNI AD J.Simanjuntak (Kodim 0210) mewakili undangan/peninjau. Pada sambutannya Mayor J.Simanjuntak mengatakan bahwa marga Simanjuntak Sitolu Sada Ina merupakan kelompok marga yang jumlahnya besar dan tersebar di mana-mana. Diharapkan para pengurus baru berbuat maksimal untuk membesarkan marga Simanjuntak, sehingga bisa tetap menjaga kesatuan dan persatuan dan menjadi keteladanan di tengah masyarakat.

Muscab juga dihadiri Belly Simanjuntak anggota DPRD Sumut dari Partai Demokrat yang kini masih mencalonkan diri sebagai caleg provinsi Sumut dari partai yang sama Dapem 8 Sumut. Seyogianya juga akan hadir Morhan Simanjuntak caleg DPR-RI dari partai Hanura Dapem 8 Sumut, tapi beliau diwakili Drs Rekson Simanjuntak yang datang dari Balige. Pada kesempatan itu Belly dan Rekson memohon doa restu dari segenap marga Simanjuntak boru bere kiranya dimenangkan Tuhan pada pemilu legislatif tanggal 9 April 2009. Mohon doa restu yang sama juga disampaikan tiga orang marga Simanjuntak yang maju sebagai caleg DPRD Taput pada Pemilu 9 April, yakni Ir Ottoniyer Simanjuntak (Dapem 1) dari PDI Perjuangan, R.Pandapotan Simanjuntak (Dapem 1)Partai Demokrat , dan Maruap Simanjuntak BA (Dapem 2) dari Partai Demokrat.

Drs WP Simanjuntak dengan tegas minta kepada para caleg dari marga Simanjuntak, agar jangan setelah berhasil duduk menjadi anggota DPR/DPRD melupakan punguan, tapi saat mau pemilihan minta doa restu dari punguan PSSSI&B. Semoga cita-cita saudara saudara kita pomparan Simanjuntak Sitolu Sada Ina dimana pun berada mendapat berkat dari Tuhan Maha Pengasih. Marilah kita tingkatkan kesatuan dan persatuan, menjauhkan diri dari perseteruan, agar kita semua mendapat pertolonganNya, ujar WP Simanjuntak dalam sambutannya.(Leonardo Simanjuntak,Mdp).

Teks Foto-Foto:

1. Para pengurus yang baru, dari kanan ke kiri: SV.Simanjuntak, R.Simanjuntak,HP Simanjuntak,Ottoniyer Simanjuntak, Jonggi Simanjuntak,R.Pandapotan Simanjuntak, B.Saragi.

2. Pengurus harian PSSSI&B priode 2009-2012 dilantik marga Simanjuntak yang dituakan St B.Simanjuntak.

3. Suasana Muscab diawali kebaktian yang dipimpin oleh Pdt G.Simanjuntak STh dan Bvr Delima Simanjuntak

(Foto-Foto: Leonardo Simanjuntak)