JuntakNews (Palembang) Doa syukur awal tahun 2009 Punguan Simanjuntak Sitolu Sada Ina & Boruna se Kota Palembang & sekitarnya, di Gedung Serbaguna HKBP Palembang, Sabtu (28/2) berlangsung meriah dan sangat bersahaja.

Dihadiri sekitar seribu-an orang warga Simanjuntak Sitolu Sada Ina dohot boru se-Kota Palembang & Nahumaliang, diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt. P. Simanjuntak (GPdI Talang Betutu). Tampil sebagai liturgis St. R. Simanjuntak br.  Sibarani dengan song leader Ny. AKP R. Simanjuntak br Siahaan.

palembang2

Gbr.1&2 Pdt. P. Simanjuntak, Berkhotbah dan Peserta Serius Mengikuti Jalannya Ibadah

Mengawali acara mandok hata, pembawa acara yang terdiri dari TB Simanjuntak, ST, br Siahaan, M. Simanjuntak br Sitio, dan A. Simanjuntak br Nainggolan, meminta peserta berdiri untuk menyanyikan Great Simanjuntak Sitolu Sada Ina. SimBers Group tampak berdiri di podium mengumandangkan lagu Great Simanjuntak Sitolu Sada Ina diikuti seluruh peserta dan berhasil membangkitkan semangat kebersamaan.

palembang3Ketua Panitia M Simanjuntak, br Napitupulu, mengemukakan Pesta Bona Taon adalah agenda tahunan bagi seluruh anggota (ruas) untuk bersekutu dan berdoa bersama menyampaikan rasa syukur serta permohonan berkat kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Mari Kita Bangun Kebersamaan Untuk Menikmati Berkat Tuhan “Kebersamaan yang sudah kita bina selama ini, mari kita semakin teguhkan melalui komitmen untuk mengukir prestasi dan nama besar sebagai wujud kepedulian dan partisipasi dalam membangun masyarakat, bangsa dan negara, khususnya Kota Palembang Sumatera Selatan”, ujarnya.

Demikian pula pelaksanaannya agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, mulai dari bentuk acara yang tidak disertai lelang, maupun personil kepanitiaan yang didominasi oleh kalangan muda. “Hal ini merupakan salah satu cara membangun kebersamaan dan pembinaan kepada generasi muda”, ujarnya.

Ulang Tahun Emas dan Pembentukan GM-PSSSI&BBI Cabang

Dalam kata sambutannya Drs. Maju P. Simanjuntak, M.Si, sebagai Ketua Umum Punguan Simanjuntak Sitolu Sada Ina dohot Boruna Kota Palembang mengucap syukur kepada Tuhan atas terlaksananya Pesta Bona Taon tersebut.

Ada dua agenda penting yang saat ini menjadi perhatian pengurus, yaitu :

  1. Upaya penelusuran tahun berdirinya punguan di Kota Palembang.
  2. pembentukan Pengurus Generasi Muda Punguan Simanjuntak Sitolu Sada Ina & Boru, Bere/Ibebere – GM PSSSI & BBI Cabang Palembang.

sejarah1Berdasarkan penelusuran periodisasi pengurus, Punguan ini sudah ada sejak 1957, dirintis oleh (Alm) Johanes Simanjuntak br Sibarani. Sudah 50 tahun lebih berdiri. “Jika demikian adanya, kita akan rayakan ulang tahun emas ke 50 pada Pesta Bona Taon 2010. Untuk itu, informasi dan masukan sangat diharapkan terutama dari natua-tua”, lanjut Maju P. Simanjuntak yang didampingi Ibu br Tobing.

Momentum peringatan ulang tahun emas dapat dipergunakan untuk menggalang persatuan dan kebersamaan, Kekerabatan yang harmonis, akrab dan penuh kesatuan perlu tetap dijaga dan dilestarikan sebagai upaya mengoptimalkan potensi partisipasi kepada kehidupan dan pembangunan bangsa.

upaya pembinaan terhadap Generasi Muda dalam mewujudkan kasih persaudaran si sada lulu, si sada lungun, si sada las ni roha pelestarian budaya leluhur, perlu terus ditingkatkan. Sebagaimana disampaikan oleh Pengurus Pusat GM-PSSSI&BBI se-Dunia dalam surat sosialisasinya bahwa upaya Pembentukan GM-PSSSI & BBI di tiap kabupaten/kota, termasuk di Palembang, perlu dukungan semua pihak.

Karena diharapkan dapat menjadi mitra strategis dalam pengembangan ruas Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru Bere di segala bidang (Ekonomi, Pendidikan, Ketenagakerjaan, Kesejahteraan Sosial, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kaderisasi Raja Parhata, Perlindungan Hukum, Pengembangan Yayasan Bea Siswa dan Unit Usaha, serta Pengembangan Naposo Bulung Sitolu Sada Ina dohot Berena).

Dalam menjalin informasi komunikasi, Generasi Muda dapat menggunakan secara efektif jasa internet melalui situs http://simanjuntak.or.id dan Tarombo On-Line, yang sudah diresmikan tanggal 7 Maret 2008 di Pematang Siantar dan telah dikembangkan oleh Pengurus Pusat GM-PSSSI&BBI se-Dunia.

Letkol (Purn) JF Marpaung, mewakili boru, sangat mendukung segala kegiatan dan rencana yang telah diprogramkan hula-hulanya Simanjuntak. Pengurus yang berasal dari Generasi Muda, perlu didukung semangatnya oleh boru, dan mohon bimbingan natua-tua

Perkenalan Caleg

palembang6Pada kesempatan itu, Pembawa Acara TB Simanjuntak, S.T, br Siahaan, menyampaikan bahwa pada Pesta Bona Taon ini kita mengundang Ketua Umum Kerukunan Masyarakat Batak – KERABAT Sumsel, Mula Tampubolon, yang merupakan bere Simanjuntak.

Dalam sambutannya, Mula Tampubolon sangat bangga bisa hadir dalam Pesta Bona Taon Simanjuntak Sitolu Sada Ina. “Saya merupakan bagian dari keluarga besar ini, karena saya adalah bere Simanjuntak dan menantu saya juga boru Simanjuntak”, ujar Ketua DPD PDS Sumsel tersebut.

Seiring dengan akan dilaksanakan Pemilu Legislatif pada 9 April 2009 nanti, diharapkan komitmen untuk mendukung Mula Tampubolon sebagai Calon Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan, karena sebagai Ketua KERABAT, beliau sudah banyak memberikan TALENTA yang dimilikinya kepada masyarakat Batak. “Oleh karena itu mari kita beri dukungan kepada Bapak Mula Tampubolon”, timpal Ketua Umum, Drs. Maju P. Simanjuntak, M.Si.

palembang7HP Simanjuntak, SE, MM, br Silalahi, sebagai Penasehat Punguan, menambahkan bahwa Punguan ini adalah bersifat kekeluargaan, independen, non partisan, bukan bagian dari Partai Politik. Namun tidak ada salahnya kita memberangkatkan Caleg dari Keluarga Besar kita dengan doa.

“Minimal saya akan menghimbau seisi rumah saya untuk mendukung Mula Tampubolon, karena beliau sebagai bere adalah bagian dari Keluarga Besar Simanjuntak Sitolu Sada Ina”.

Selain itu, HP Simanjuntak, SE, MM mengingatkan akan pentingnya menghadiri acara pesta bona taon ini, karena melalui acara ini seluruh anggota dari Wilayah I s/d Wilayah VI – yang mungkin karena berbagai hal jarang bertemu – dapat berkumpul bersama mengucap syukur. “Pesta bona taon akan membangun dan mempererat cinta kasih berdasarkan tatanan dalihan natolu”, ujarnya.

palembang8Acara kali ini tampak lebih meriah. Terbukti dari banyaknya tokoh-tokoh yang hadir. Tampak hadir dalam acara ini para penasehat H. Pahala Simanjuntak, S.E, M.M, Kompol (Purn) L. Simanjuntak, SB Simanjuntak br Matondang, St. P. Simanjuntak br Tampubolon (+), Letkol (Purn) JF Marpaung, St R Marpaung, M. Sibarani dan para mantan Ketua Umum, E.H.P. Simanjuntak, St. RF Simanjuntak, St. L. Simanjuntak, Ny. K. Simanjuntak br Tobing, Ny. F. Simanjuntak br Silitonga, Ny S. R. Simanjuntak br Situmeang dan Ny M. T. Simanjuntak br Pardede.

Demikian juga hadiah door prize yang disediakan panitia sangat menarik perhatian hadirin sehingga mereka mengikuti hingga acara selesai.

Pesta Bona Taon Simanjuntak Sitolu Sada Ina dohot Boruna Se Kota Palembang menyuguhkan berbagai acara hiburan, diawali dengan Tor-tor Pengurus, Penasehat dan Natua-tua yang dipimpin oleh penasehat Kompol (Purn) L. Simanjuntak br Sianipar.

Tidak lupa juga perkenalan anggota baru yang dipandu oleh Sekretaris Panitia B. Pasaribu, S.E., dilanjutkan tor-tor bersama dan vocal group dari tiap wilayah yang dipandu oleh M. Simanjuntak br Sitio (PTP Melania). Anak-anak dan muda-mudi dipersilahkan manortor dan bernyanyi bersama. Acara itu juga dimeriahkan dengan lagu-lagu ciptaan Alpen Simanjuntak, S.H yang dibawakan oleh SimBers.

Pesta Bona Taon tersebut berlangsung hingga pukul 18.00 dan diakhiri dengan menyanyikan bersama “O Tano Batak” yang dipandu Ny. AKP R Simanjuntak br Siahaan.