Sosok Tinggi Ilmu, Tinggi Iman dan Tinggi Pengabdian

Dr. Barita L.H. Simanjuntak adalah putra bungsu dari 12 bersaudara anak pasangan Praeses Emeritus Washington Simanjuntak STh – D. Br Siahaan. Lahir di Tarutung, 12 Juli 1971 menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah pertama di Methodist 1 Medan dan SMAN 1 Medan. Masuk Fakultas Hukum USU hingga selesai dan melanjut program pasca sarjana di Fakultas Hukum UI. Dan terakhir meraih gelar Doktor dari salah satu universitas terbaik di negeri ini.

Lingkungan Barita Simanjuntak kecil memang mendekatkannya pada gereja dan organisasi gereja, mulai dari N-HKBP hingga GMKI. Karier organisasi gereja mengantarnya menjadi sekretaris jenderal GMKI pada 1996 – 1998 dan mengantarkannya menduduki posisi puncak organisasi kemahasiswaan Kristen Indonesia tersebut.

Sukses berorganisasi Kristen di Indonesia, sukses pula di luar negeri. Barita Simanjuntak adalah pengurus Federasi Mahasiswa Kristen Dunia dan pernah berkunjung ke Amerika Serikat dalam memenuhi undangan Mahasiswa Kristen negeri adidaya itu pada tahun 1999. Pria low proffile yang intonasi bicaranya tegas namun lembut itu bahkan pernah menjadi utusan HKBP mengikuti pertemuan pemuda Kristen se-dunia di Harare pada tahun 1998.

Dalam pergaulan kekristenan, Barita Simanjuntak tak hanya berkomunikasi hangat dengan senioren tapi juga beroleh ajaran dan binaaan, mulai dari orangtuanya yang berpikiran moderat hingga Pdt DR SAE Nababan STh, termasuk KH Abdurrahamn Wahid.  Dari Gus Dur saya mendapat pengajaran bagaimana hidup pluralis dalam kedamaian dan mengakomodir semua kepentingan, desisnya sambil menambahkan ajaran Bung Karno tentang nasionalisme menjadikannya memiliki semangat ke-Indonesia-an yang terpujikan.

Pendidikan keluarga di bawah binaan Praeses Emeritus Washington Simanjuntak STh – D. Br Sinaga dimana Barita dibesarkan sepertinya layak menjadi panutan, sebab selain Barita, saudara-saudaranya baik laki-laki maupun perempuan cukup berhasil.

Salah seorang Camat Perempuan di Kota Medan yaitu Camat Medan Petisah adalah saudaranya dan salah seorang lagi dr. Tunggul Simanjuntak, SpOG yang kini berdomisili di Kisaran. Sementara TB. Simanjuntak yang Ketua Cabang GM-PSSSI&BBI Medan saat ini juga saudara kandung Barita.

Dilantik Menjadi Dekan FH-UKI

Dalam usia yang tergolong muda (38),  Dr. Barita L.H. Simanjuntak dipercaya menjadi Dekan Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI) periode 2009 – 2013.  Dr. Barita L.H. Simanjuntak adalah Doktor ke 142 yang dihasilkan oleh Program Studi Ilmu Hukum Program Pascasarjana Fakultas Hukum UI.

Kiranya dengan dipercayakannya jabatan dekan FH-UKI d pundak Barita, FH-UKI dapat menghasilkan ahli-ahli hukum yang Tinggi Iman, Tinggi Ilmu dan Tinggi Pengabdian, sebagaimana sang dekan baru mencirikan diri.

Semoga