Medan (JuntakNews)

Setelah 8 (delapan) tahun menunggu, warga Simanjuntak Sitolu Sada Ina, Boru, Bere dan Ibebere se-Kota Medan dan sekitarnya, akhirnya dapat bersama-sama merayakan Pesta Bona Taon 2009 yang diadakan di Pardede Hall Medan (14/2).

Sejak pagi hari Sabtu, ribuan warga Simanjuntak Sitolu Sada Ina tampak berbondong-bondong menuju Pardede Hall yang oleh panitia diperkirakan mampu menampung 6.000 orang itu. Melihat dekorasi hall yang ditata sedemikian rupa dengan latarbelakang (backdrop) berukuran 11 x 4 meter, bergambar Tugu Sobosihon br. Sihotang dan 2 ekor merpati putih bertuliskan “Si Sada Lulu, Si Sada Lungun, Si Sada Lasniroha”, sepertinya panitia tidak tanggung-tanggung mempersiapkan even ini.

Diawali dengan kebaktian bersama yang diisi kotbah oleh Pastor Moses Alegesan, Pesta Bona Taon 2009 berlangsung penuh sukacita. Lantunan lagu-lagu pujian yang dipandu oleh 3 (tiga) orang song leader, Hendrik Simanjuntak, Naomi br. Simanjuntak dan Bonita br. Simanjuntak mampu membangkitkan suasana spritualitas Pesta Bona Taon.


Hingga kebaktian berakhir, rombongan warga Simanjuntak yang datang dari 69 sektor PSSSI&B Kota Medan dan Sekitarnya terus mengalir hingga memadati ruangan Pardede Hall. Selain anggota PSSSI&B dari sektor-sektor, tampak hadir undangan dari PSSSI&B luar Kota Medan, seperti Ketua PSSSI&B Jakarta Raya dan sekitarnya (Ir. Bona Simanjuntak) yang didampingi oleh Yudha Simanjuntak, Ketua Departemen Pemuda, Ketua GM-PSSSI&BBI se-Dunia Fernando Simanjuntak, Penasehat GM-PSSSI&BBI se-Dunia Saut Simanjuntak, SH, Ketua Cabang GM-PSSSI&BBI Kota Pematang Siantar Guntar Simanjuntak, Kolonel Cba Ganda Simanjuntak, dan para tokoh serta penasehat PSSSI&B Kota Medan.

Menurut Mayor Ckm Ricardo Simanjuntak, MKes, yang dipercaya sebagai Sekretaris Panitia, bahwa dari 69 sektor, hanya 3 (tiga) sektor saja yang tidak melaporkan diri untuk hadir. “Kami perkirakan jumlah peserta Pesta Bona Taon ini mencapai 5.000 orang. Ketidakhadiran 3 (tiga) sektor itu sudah diberitahu jauh hari sebelumnya berhubung mereka juga harus menghadiri pesta perkawinan anggota sektor mereka”, katanya.


Ketika ditanya kenapa jumlah peserta tidak dapat mencapai sebagaimana direncanakan sebelumnya, Rudyard Simanjuntak, Ketua Panitia mengatakan “sepertinya ada kaitannya dengan kejadian baru-baru ini di Medan yaitu demo anarkis pembentukan Protap”, katanya singkat. “Sosialisasi ke seluruh sektor sudah maksimal kita lakukan, dan panitia berupaya semaksimal mungkin melakukan koordinasi dengan seluruh Pengurus Wilayah dan Pengurus Sektor lewat pelaksanaan rapat-rapat koordinasi”, katanya menambahkan.

MARS SIMANJUNTAK “SIARUM NA MET-MET I” DIKUMANDANGKAN

Mengawali acara organisasi, oleh Master Ceremony yang terdiri dari Rince br. Simanjuntak, Ertha br. Sianipar dan Victor Pardede, peserta diminta berdiri untuk menyanyikan Mars Simanjuntak “Siarum Na Met-met i”. Drs. Manganar Simanjuntak yang juga Sekretaris PSSSI&B Kota Medan dan Ketua KOPARSIBO tampak beridiri di podium bertindak sebagai conductor. Diiringi alunan musik, Mars Simanjuntak yang terdiri dari 5 (lima) bait ini berkumandang dan berhasil membangkitkan semangat kebersamaan sebagai sesama keturunan Simanjuntak Sitolu Sada Ina.

Rangkaian acara organisasi berlangsung hikmat yang diisi dengan penyampaian kata-kata sambutan. Rudyard Simanjuntak, menyampaikan Laporan Pelaksanaan Pesta Bona Taon 2009 yang diiringi dengan penayangan foto-foto kegiatan rangkaian Pesta Bona Taon di 2 (dua) screen berukuran 4 x 6 meter. Dari kata sambutan Ketua Panitia ini, diketahui bahwa Pesta Bona Taon 2009, tidak saja sebatas acara seremonial, namun sebelumnya sudah terlaksana kegiatan pendahuluan seperti Pengobatan Gratis, Donor Darah, Pembagian Paket Sembako dan berbagai kegiatan kepanitian baik teknis maupun non teknis.


Secara berturut-turut, kata-kata sambutan disampaikan oleh : Ir. Bona Simanjuntak mewakili Pengurus PSSSI&B dari luar Kota Medan, TB. Simanjuntak Ketua GM-PSSSI&BBI Cabang Medan, Kombes (Purn) Drs. A.P. Simanjuntak, MSi, Ketua PSSSI&B Kota Medan, Mewakili Boru/Hela, Mewakili Tulang dari Punguan Raja Sigodang Ulu Sihotang Kota Medan dan mewakili Punguan Boru Sihabolonan dari Punguan Sirait Kota Medan.

Penyampaian kata-kata sambutan berlangsung lancar yang diselingi dengan lagu-lagu hiburan yang secara bergantian dibawakan oleh Rita Butar-butar, Angel br. Simanjuntak, Ulima Trio, Trio Lamtama dan El-Jun Voice yang sengaja diundang panitia untuk memeriahkan Pesta Bona Taon ini.

BERTABUR ARTIS BATAK


Pesta Bona Taon yang lebih mirip konser para artis Batak ini, mendapat sambutan yang sangat hangat dari seluruh undangan. Rita Butar-butar, Lamtama Trio dan El-Jun Voice berhasil memukau penonton sehingga membuat sibuk panitia untuk menghalau para fans berat yang berdesakan mendekati panggung untuk mengabadikan artis kesayangannya dengan kamera handphone.


Tidak kalah dengan penampilan artis dari ibukota, Angel br. Simanjuntak yang membawakan lagu “Uju Di Ngolunghon”, dengan manis, mendapat sambutan dari para undangan hingga “memaksa” mereka mengeluarkan uang “sawer” yang diserahkan untuk membantu panitia. Demikian juga dengan penampilan Ulima Trio yang mampu menunjukkan performa sebagai artis Batak terkemuka di Kota Medan, melantunkan lagu-lagu hits Batak yang mengundang decak kagum para undangan.


Di sela penampilannya, Trio Lamtama yang melantunkan lagu “Unang Ahu Sai Solsoli”, mendaulat Saut Simanjuntak, SH yang juga Kajari Sidikalang itu untuk bersama-sama naik ke panggung. Seolah tidak mau kalah dengan kehebatan personil Trio Lamtama, Saut Simanjuntak berhasil memadukan suara emasnya dengan keharmonisan suara ketiga personil Trio Lamtama.

Tidak cukup mendapat hiburan dari artis-artis pemilik suara emas, suasana semakin dihangatkan dengan tampilnya 2 (dua) orang artis lawak dari Jakarta “Si Jurtul” dan “Si Timba Laut”. Khusus kedua pelawak ini, didatangkan secara pribadi oleh Ir. Palti Simanjuntak yang juga ikut meramaikan bursa calon legislatif untuk DPRD Propinsi Sumatera Utara, Daerah Pemilihan (1) Kota Medan dari Partai Persatuan Daerah (PPD).

Guyon dan lawakan segar yang disampaikan dengan gaya lelucon Khas Batak, mampu mengocok perut seluruh peserta.

PENANDATANGANAN MOU SSC DENGAN GM-PSSSI&BBI CABANG MEDAN

Soni Sugema Colege (SSC) yang dipimpin oleh Ronald Baker Simanjuntak, ternyata tidak lepas dari perhatian GM-PSSSI&BBI Cabang Medan. Prestasi salah satu bimbingan belajar terbaik di Kota Medan ini, sudah sejak lama diketahui luas oleh masyarakat Kota Medan bahkan Propinsi Sumatera Utara.


Menurut TB. Simanjuntak, Ketua GM-PSSSI&BBI Cabang Medan yang tampil rapi pada Pesta Bona Taon ini menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan pendekatan dan lobby kepada pihak SSC agar bersedia menyediakan bea siswa bagi keturunan Simanjuntak Sitolu Sada Ina, Boru, Bere dan Ibebere yang berprestasi dan kurang mampu secara ekonomis.

“Permintaan kami kepada SSC ternyata direspon secara baik oleh Ronald Baker Simanjuntak. Kami sepakat untuk melakukan kerjasama bimbingan belajar berupa pemberian fasilitas khusus kepada keturunan Simanjuntak Sitolu Sada Ina untuk mengikuti bimbingan belajar super intensive secara gratis”, jelasnya.

Setelah isi Memorandum of Understanding (MoU) dibacakan oleh Rince Simanjuntak, pihak-pihak yang terdiri dari TB. Simanjuntak (GM-PSSSI&BBI Cab. Medan), Ronald Baker Simanjuntak (SSC Sumut), Kombes (Purn). Drs. A.P. Simanjuntak, MSi, Fernando Simanjuntak (GM-PSSSI&BBI Pusat) menandatangani lembaran MoU yang selanjutnya ditandai dengan serah terima naskah MoU dan saling bersalaman yang disambut tepuk tangan meriah oleh seluruh peserta Pesta Bona Taon.

CALON LEGISLATIF DIBERANGKATKAN

Sebagai organisasi sosial berbasis marga, PSSSI&B Kota Medan ternyata merespon secara positif pesta demokrasi yang semakin mendekat. “Walau organisasi ini bersifat independent dan non-partisan, namun kita memiliki tanggungjawab moral untuk mendukung seluruh keturunan Simanjuntak Sitolu Sada Ina untuk duduk di legislatif, tanpa membedakan partainya”, jelas Manganar.

“Pada pesta Bona Taon ini, sesuai dengan keinginan para calon legislatif yang ada kaitannnya dengan PSSSI&B meminta dukungan, kita hanya menyikapinya dengan memberikan waktu kepada mereka untuk diperkenalkan. Soal, dukungan itu dikembalikan kepada masing-masing orang, sebab anggota PSSSI&B juga tahu siapa caleg yang memiliki track record yang baik di punguan”, ujar Poltak Simanjuntak, Wakil Sekretaris Panitia.

Menjawab pertanyaan JuntakNews, TB. Simanjuntak Ketua GM-PSSSI&BBI Kota Medan menyatakan sikapnya, bahwa caleg yang akan didukung adalah mereka-mereka yang sejak lama sudah menunjukkan responnya terhadap organisasi ini. “Kami tidak akan menyamakan dukungan terhadap seluruh calon legislatif yang diberangkatkan pada Pesta Bona Taon ini”, ujarnya.

Ketika ditanya perihal nama-nama yang akan mendapat dukungan dari GM-PSSSI&BBI Cabang Medan, TB Simanjuntak menyebutkan, antara lain : Ir. Palti Simanjuntak untuk DPRD Propinsi, sedangkan untuk DPRD Kota Medan antara lain Merlyn Simanjuntak, Augus Napitupulu, dan Caleg yang merupakan Pengurus dan anggota GM-PSSSI&BBI Medan.


Secara berturut-turut calon legislatif yang akan diberangkatkan dipanggil ke depan, sementara di screen muncul profil mereka sesuai dengan pembacaan nama-nama. Tampak, maju ke depan, antara lain : Caleg untuk DPR-RI, Saudin Simanjuntak, dr. Ernawaty br. Tamba, MKes, Badikenita Putri Sitepu, Irjen Pol (Purn) Drs. Thamrin Simanjuntak, MSi dan Ir. Otto Maju Simanjuntak, MSc. Caleg untuk DPRD Propinsi Sumut :Ir. Palti Simanjuntak, St. Guntur Manurung, SE, Hardi Simanjuntak, SH, Ir. Washington Pane, Erniko Bakti Simanjuntak dan Ir. Tunggul Siagian. Untuk DPRD Kota Medan : Merlyn Simanjuntak, Ruhut Nahot Nainggolan, Erwin Simanjuntak, Thurman Simanjuntak, Jhonny Ramses Simanjuntak, Togi P. Simanjuntak, Agus Napitupulu, St. Ir. Walsen Napitupulu. Sedangkan Rudi Panjaitan, SH Caleg DPRD Kabupaten Dairi dan Djuanda Banurea, SE, untuk DPRD Kabupaten Pakpak Bharat.

Kata-kata pemberangkatan disampaikan oleh salah seorang penasehat PSSSI&B Kota Medan, St. Drs. Togar Simanjuntak yang diikuti dengan pemberian ulos kepada seluruh caleg.

JAMES SIMANJUNTAK PEMENANG HADIAH UTAMA DOOR PRIZE

Di penghujung acara hiburan, James Elrico Susanto Simanjuntak, pelajar kelas 3 SMA Methodist 8 Medan, dikejutkan dengan terpilihnya nomor kupon door prizenya sebagai pemenang hadiah utama satu unit sepeda motor Honda Revo. Setelah nomornya ditampilkan di screen dan dipanggilkan oleh juru undi, dengan penuh semangat, berlari menuju panggung, seraya mengacungkan kuponnya.

Kedua orang tuanya juga larut dengan kegembiraan hingga tidak mampu menahan air mata dan didaulat ke depan untuk menerima secara langsung hadiah utama ini. Irjen Pol (Purn) Thamrin Simanjuntak yang menyumbangkan hadiah utama ini didaulat untuk menyerahkan kunci sepeda motor yang diterima dengan penuh haru oleh James dan keluarganya.

Selain hadiah utama, sebelumnya nomor-nomor kupon yang sengaja dijual panitia dengan harga murah Rp. 1.000,- per lembar diundi. Bagi yang beruntung diberi hadiah berupa : 1 (satu) unit laptop, 2 (dua) unit pesawat televisi 29″, 1 (satu) unit kulkas, dan puluhan unit peralatan elektronik lainnya, seperti setrika, magic jar, dvd, juicer, dll.

DIDUKUNG SPONSOR DAN DONATUR


Kemeriahan Pesta Bona Taon 2009 ini ternyata tidak lepas dari dukungan donatur dan sponsor. Menurut Ir. Palti Simanjuntak yang dipercaya sebagai Koordinator Seksi Dana, bahwa Pesta Bona Taon ini menghabiskan biaya Rp. 300 juta lebih.

“Keterbatasan dana yang dimiliki oleh PSSSI&B Kota Medan dan GM-PSSSI&BBI Kota Medan serta minimnya kontribusi anggota PSSSI&B dari sektor, memaksa kami untuk melakukan berbagai upaya penggalangan dana. Setelah berhasil mengumpulkan dana lewat malam dana sebesar Rp. 234 Juta, kekurangan dana kami upayakan dengan menjaring para sponsor dan memaksimalkan kehadiran artis Batak dalam acara puncak ini”, komentarRudi Gold Simbolon yang terlihat sibuk mengelola administrasi keuangan ketika lelang dan penjualan kupon undian berlangsung.

Beberapa perusahaan swasta yang menjadi sponsor terlihat dari brand, logo yang ditampilkan, antara lain : X-Digital, PT. Gudang Garam, AXIS, OBI dan Indocafe.

Hingga acara berakhir, seluruh peserta tampaknya enggan meninggalkan Pardede Hall. Kesempatan berfoto dengan artis Batak, menjadi pilihan para undangan yang menimbulkan suasana hiruk pikuk, walau pesta sudah dinyatakan usai.

Memanglah Simanjuntak!

sponsored by :

reported by : Poltak Simanjuntak (H15)