JuntakNews Medan (5/10),

Pengurus Pusat GM-PSSSI/BBI se-Dunia mengukuhkan dan melantik Badan Pengurus Cabang Generasi Muda Simanjuntak Sitolu Sada Ina, Boru, Bere dan Ibebere (GM-PSSSI/BBI) Cabang Kota Medan periode 2008 – 2013, kemarin Sabtu (04/10), bertempat di Deli Room Hotel Danau Toba Medan.

Acara pengukuhan yang diikuti 300-an undangan yang terdiri dari Penasehat GM-PSSSI/BBI se-Dunia, Pengurus PSSSI/B Kota Medan, 10 orang Koordinator Wilayah PSSSI/B se-Kota Medan, Pengurus-pengurus sektor 1 – 69 PSSSI/B Kota Medan, Pengurus Pusat dan Pengurus Cabang GM-PSSSI/BBI Medan.

Mengawali rangkaian kegiatan ini, dilaksanakan ibadah bersama yang dipimpin oleh Pdt. Sumurung Samosir, yang mengambil thema “Sungguh Alangkah Baiknya dan Indahnya Apabila Saudara-saudara Duduk dan Diam Bersama dengan Rukun”, berlangsung dengan hikmat.

Usai ibadah bersama, kegiatan dilanjutkan dengan Upacara Organisasi yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh Rince br. Simanjuntak yang juga bertindak sebagai Master Ceremony. Gema lagu kebangsaan menciptakan suasana penuh semangat untuk melanjutkan upacara organisasi.

Upacara organisasi merupakan serangkaian mata acara yang diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Pengurus Pusat, oleh Sekretaris Jenderal Poltak Simanjuntak, tentang Penetapan Badan Pengurus Cabang GM-PSSSI/BBI Kota Medan Periode 2008 – 2013, No. 012/PP/GM-PSSSI-BBI/X/2008, seraya memanggil seluruh personalia pengurus untuk mengambil tempat di podium untuk selanjutnya dilantik secara resmi.

Seluruh jajaran pengurus cabang yang namanya dipanggil, melangkah dengan semangat ke podium menunjukkan kesiapan dan kesediaanya sebagai pengurus GM-PSSSI/BBI Cabang Medan. Setelah seluruh jajaran pengurus yang berjumlah 48 orang itu, sudah menempati posisinya, Pengurus Pusat yang turut hadir dalam pelantikan ini diminta untuk maju ke podium untuk melaksanakan upacara pelantikan. Selanjutnya oleh Pengurus Pusat, meminta kesediaan Dewan Penasehat yang hadir untuk bersedia bersama-sama menyaksikan upacara pelantikan.

Tampak berdiri berjajar dengan posisi berhadap-hadapan dengan barisan Pengurus Cabang di podium, Fernando Simanjuntak (Ketua Umum), Poltak Simanjuntak (Sekretaris Umum), Merlyn Simanjuntak (Ketua I),  Mayor CKM Ricardo Suganda Simanjuntak, SSos, MKes (Ketua III), Bungaran Simanjuntak (Sekretaris III), Ir. Saut Hanaikan Simanjuntak (Dewan Penasehat), Saut Simanjuntak, SH (Dewan Penasehat).

Ketua Umum, Fernando Simanjuntak, membacakan Berita Acara Pelantikan berupa beberapa pertanyaan yang direspon dengan semangat oleh seluruh jajaran Pengurus Cabang. Pengukuhan yang ditandai dengan pengucapan ikrar pengurus cabang berlangsung hikmat dan semangat. Selanjutnya, Pengurus Pusat menyerahkan Pataka Organisasi, kepada Ketua Cabang terpilih TB. Simanjuntak, pengalungan selempang pengurus dan penyematan pin secara simbolis kepada salah seorang pengurus yang diterima oleh Drs. Theo Simanjuntak, MM.

Mengakhiri rangkaian upacara pelantikan, salah seorang Dewan Penasehat GM-PSSSI/BBI Cabang Medan yang juga Sekretaris Umum PSSSI/B Kota Medan Drs. Manganar Simanjuntak, memimpin seluruh undangan untuk menyanyikan lagu Mars Simanjuntak, “Si Arum Na Met-met i”. Lagu mars ini, mampu menciptakan suasana penuh persaudaraan.

Usai dilantik, Ketua Cabang Terpilih, TB. Simanjuntak didampingi oleh Sekretaris Cabang (P.M. Pandapotan Simanjuntak, SH) dan Bendahara Cabang (Djuanda Banurea, SE), menyampaikan visi dan misi GM-PSSSI/BBI Cabang Medan Periode 2008 – 2013. Dalam pemaparannya, TB. Simanjuntak yang menggunakan media presentase power point dengan LCD Projector, memaparkan gambaran umum program kerja GM-PSSSI/BBI Cabang Medan. Pemaparan ini, diikuti dengan serius oleh seluruh peserta.

Menyambut pelantikan cabang ketiga setelah cabang Pematang Siantar dan Cabang Bandung ini, Dewan Penasehat GM-PSSSI/BBI se-Dunia yang diwakili oleh Ir. Saut Hanaikan Simanjuntak, menyampaikan sambutan tanpa teksnya. Hal yang sama juga disampaikan oleh Drs. Manganar Simanjuntak yang mewakili Pengurus PSSSI/B Kota Medan sebagai mitra kerja organisasi dan oleh Ketua Umum GM-PSSSI/BBI se-Dunia, Fernando Simanjuntak.

Dalam sambutan mereka, secara jelas terungkap harapan besar terhadap kehadiran GM-PSSSI/BBI yang diyakini dapat mempercepat upaya peningkatan kualitas hidup warga Simanjuntak Sitolu Sada Ina, khususnya di Kota Medan.

Secara keseluruhan rangkaian acara berjalan dengan sukses. Lantunan lagu-lagu hiburan yang dibawakan dengan manis oleh Ulima Trio, Angel br. Simanjuntak, Rince br. Simanjuntak, Albert Simanjuntak dan para paniaran (kaum istri), menambah suasana akrab dan sukacita. Tampaknya peserta enggan untuk segera pulang walau acara sudah dinyatakan selesai. Jadilah, podium menjadi ajang menunjukkan bakat-bakat terpendam, sebagai penyanyi dan penari handal. Capoeria, seni bela diri yang berasal dari Brazil dan dikembangkan oleh Wahid Simanjuntak di Kota Medan, juga turut memeriahkan acara.

Ditanya mengenai pendanaan kegiatan ini, TB. Simanjuntak, mengatakan bahwa dana yang terkumpul cukup bahkan dihitung lebih dari target panitia. Kerelaan para donatur bermarga Simanjuntak, Boru dan Bere, untuk menyumbang menjadi gambaran awal, bahwa kehadiran GM-PSSSI/BBI Kota Medan, sungguh mendapat respon positif dari semua kalangan Simanjuntak Sitolu Sada Ina, baik di Kota Medan, maupun dari tokoh-tokoh Simanjuntak di luar Kota Medan.

Sepertinya, Kota/Kabupaten lain di Indonesia, dapat belajar dari proses pembentukan dan pelantikan pengurus GM-PSSSI/BBI Cabang Medan ini. “Sebab, kekuatan GM-PSSSI/BBI terletak di tangan cabang-cabangnya yang diharapkan tersebar di seluruh Indonesia bahkan di luar negeri”, kata TB. Simanjuntak menutup pembicaraan dengan JuntakNews. Semoga.