Uli Kozok, yang aslinya bernama Ulrich Kozok, seorang peneliti bahasa, budaya dan sastra Batak. Lahir di Jerman, 26 Mei 1959 dan tahun 1994 menamatkan program doktornya dengan predikat magna cum laude dengan Disertasi Die Bataksche Klage. Toten-, Hochzeits- und Liebesklagen in oraler und schriftlicher Tradition’. di University of Hamburg, Faculty of Oriental Studies, Department of Austronesian Languages and Cultures.

Khusus di bidang pengembangan aksara Batak, Uli Kozok memiliki peran besar. Setelah sukses merelease font Aksara Batak (Toba, Karo, Mandailing, Pakpak, Simalungun) yang dapat di aplikasikan dalam Microsoft Word — dapat didownload TTF filesnya di http://www.hawaii.edu/indolang/surat/surat.html), giliran sekarang merelease TransToba2, dalam bentuk arsip JAR yang dapat diaplikasikan di hampir setiap komputer dan sistem operasi baik Microsoft Windows, Apple OS10, Linux, *BSD dan Solaris.

TransToba2, adalah Program transliterasi (alih aksara), untuk mengalihaksarakan tulisan huruf Latin menjadi tulisan aksara Batak Toba. Dengan demikian, bagi orang yang hendak mempelajari Aksara Batak, akan semakin dipermudah, sebab tidak perlu lagi kesulitan dalam mengetahui pola penulisan Aksara Batak yang baik dan benar.

Uli Kozok, mengakui bahwa program ini juga dapat mengalihaksarakan ke bahasa Jerman, namun belum sesempurna antara Bahasa Batak ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya.

Untuk memungkinkan kita menggunakan program ini, maka perlu melakukan langkah-langkah, sebagai berikut :

  1. Pastikan progarm JAVA terinstall di komputer anda, jika belum download secara gratis dari : http://www.java.com/en/download/index.jsp
  2. Download: transtoba2-0.21.jar (~160kB)
  3. Klik dua kali hasil download transtoba2
  4. Siap dipergunakan