Disadur  oleh : Angel Yudika Elizabeth br. Simanjuntak

Membela daerah dari keterpurukan adalah kepedulian yang mendalam atas seseorang yang ingin maju berjuang dengan iklas memberikan tenaga dan pikirannya untuk menyejajarkan Kabupaten Dairi dengan daerah lain yang lebih maju.Hal inilah yang timbul di benak Dr.Budiman Simanjuntak untuk maju menjadi calon Wakil Bupati Dairi berpasangan dengan Drs Parlemen Sinaga sebagai calon Bupati Dairi untuk periode tahun 2009-2014. Kadang Dr.Budiman Simanjuntak mencetuskan teori percepatan pembangunan Kabupaten Dairi sesuai pengamatannya selama menjadi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi.Banyak hal-hal lain yang dapat diperbuat demi perkembangan kota kopi ini, tapi itu tergantung ketangguhan pemerintahnya dalam menggulirkan rangkaian objek pembangunan secara merata.

Dr.Budiman tidak selalu merasa puas atas kesuksesan visi dan misi Dinas Kesehatan yang terprogram dalam bentuk kegiatan selama ia menjabat Kadis Kesehatan Dairi. Pengunduran dirinya dan maju ke kompetisi politik Pilkada Oktober mendatang merupakan tingkatan karier membela Dairi untuk ikut berperan melaksanakan pembangunan. Karena ia tahu bahwa untuk mencapai keberhasilan itu bukanlah dari satu sektor pembangunan saja, tetapi harus mengangkat lini sektor pembangunan lain ke permukaan dengan kata lain tidak ada objek pembangunan yang terselebung. Itu sesuai dengan era globalisasi yang menuntut kita harus bangkit dan bergegas menuju keberhasilan.

Program pembangunan yang tertanam di benak Dr. Budiman Simanjuntak itu, saat ini masih dibawa dalam lamunan menunggu berkat Tuhan meloloskan dirinya ke kursi kepemimpinan. Kepada Batak Pos (12/8), Dr. Budiman Simajuntak hanya pasrah kepada Tuhan serta bergantung kepada penilaian masyarakat Dairi. Sementara pengamatan Batak Pos di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi, para pegawai merasa kehilangan anak dan ayah karena menurut mereka Dr. Budiman Simanjuntak adalah sosok yang memiliki jiwa kepemimpinan yang selalu mengarahkan bawahannya ke arah yang positif dan ke jenjang peningkatan karier.

Sementara itu, KPU Dairi telah menetapkan tujuh pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Dairi, yakni Ir. Tagor Sinurat, MSc – Ir. Arson Sihombing, Viktor Ujung degan pasangannya Drs. Mardongan Sigalingging, Drs. Parlemen Sinaga dengan pasangannya Dr. Budiman Simanjuntak, KRA. Jhonny Sitohang dengan pasangannya Dra. Irwansyah Pasi, SH, Tom Sianturi dengan pasangannya Tumpu Capah, dan HR Sitanggang dengan pasangannya Bungaran Sinaga. Melihat banyaknya calon yang maju diperkirakan Pilkada Dairi akan berlangsung hingga dua putara. fer

Sumber : Harian BATAK POS, 13 Agustus 2008