JuntakNews – Medan (27/3)

Pengurus Harian Generasi Muda Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru/Bere se-Dunia yang bermarkas di Kota Pematang Siantar Propinsi Sumatera Utara, mengadakan Rapat Pengurus Harian di Kantor PT. IRA, yang berlokasi di Kompleks Perumahan TASBI, jalan Setia Budi Medan.

Hadir dalam rapat tersebut, Fernando Simanjuntak – Ketua Umum, Merlyn Simanjuntak – Ketua I, Poltak Simanjuntak – Sekretaris Umum, serta Ir. Andar Sihotang yang selalu setia mengikuti perkembangan GM-PSSSI&BB se-Dunia, sejak awal.

Rapat ini dilaksanakan berkaitan adanya rencana Pengurus Harian merespon pelaksanaan upacara pelantikan Pengurus Cabang GM-PSSSI&BB Kota Bandung dan mengevaluasi kerja sekretariat GM-PSSSI&BB sejak didirikan 8 Maret 2008 yang lalu di Pematang Siantar. Dari 5 (lima) orang Pengurus Harian, yang hadir 3 (tiga) orang, sementara Sekretaris I dan Bendahara Umum IPTU TP. Butar-butar, SH, tidak dapat hadir berkaitan kesibukan tugas, namun menyatakan setuju terhadap proses dan hasil rapat.

Sekretaris Umum GM-PSSSI&BB se-Dunia, diminta untuk menyampaikan perkembangan terakhir pelaksanaan berbagai kegiatan sekretariat, antara lain :

  • Pembenahan Sekretariat di Pematang Siantar
  • Pengadaan peralatan dan material pendukung sekretariat (Komputer, mobiler , filing cabinet), pencetakan kop surat, amplop dan stempel.
  • Pembuatan surat pertama, yang berisikan sosialisasi terbentuknya GM-PSSSI&BB se-dunia yang ditujukan ke seluruh cabang-cabang PSSSI&B se Indonesia, dan kepada kontak person di luar negeri.
  • Melaksanakan komunikasi via internet dengan kontak person GM-PSSSI&BB di Bandung, Dairi, Medan, Jakarta, Malaysia, Australia dan Denmark.

Selain melaporkan kegiatan yang sudah dikerjakan oleh sekretariat, juga disampaikan berbagai rencana tindak lanjut yang perlu dikerjakan dengan tepat waktu, yaitu :

  • Pelaksanaan pertemuan antara Pengurus Harian dengan Richard Simanjuntak yang akan datang tangal 3 April 2008 dari Kopenhagen (Denmark).
  • Rencana keberangkaan Pengurus Pusat GM-PSSSI&BB ke Bandung dalam rangka Pelantikan GM-PSSSI&BB Kota Bandung yang akan diadakan pada tanggal 6 April 2008.
  • Penyusunan Draft AD/ART GM-PSSSI&BB.
  • Penyusunan Struktur Organisasi GM-PSSSI&BB se-Dunia dan melengkapi personalia kepengurusan.
  • Inventarisasi Anggota Badan Pensehat GM-PSSSI&BB.
  • Inventarisasi Anggota Badan Pendiri GM-PSSSI&BB.
  • Pencetakan Pataka dan Pin Tanda Pengurus.
  • Penyusunan Bahan Sosialisasi GM-PSSSI&BB se-Dunia yang akan dipresentasikan di Jakarta.

Terhadap laporan Sekretaris Umum ini, Merlyn Simanjuntak (Ketua I), mengusulkan, beberapa hal, antara lain :

  • Agar pelaksanaan pertemuan dengan Richard Simanjuntak dilaksanakan di Kantor Pusat GM-PSSSI&BB se-Dunia di Pematang Siantar. Dalam pertemuan tersebut, agar dijelaskan platform, visi, missi organisasi dan meminta kesediaannya menjadi kontak kita di Eropah. Jika, yang bersangkutan dinilai cocok dan bersedia, maka secara formal Pengurus Harian menerbitkan Surat Keputusan Penunjukannya, dengan rincian uraian tugas-tugasnya.
  • Keberangkatan ke Bandung merupakan tanggungjawab kita sebagai Pengurus Pusat, untuk itu agar Sekretaris mempersiapkan kelengkapan organisasi yang berkaitan dengan upacara pelantikan.
  • Drafting AD/ART agar dilaksanakan oleh Sekretaris dan hasilnya dapat didiskusikan pada Rapat Pengurus Harian yang akan diadakan sebelum keberangkatan ke Bandung dan Jakarta.
  • Struktur disesuaikan dengan kebutuhan serta personalia dipilih dari kalangan Generasi Muda yang dinilai cocok sesuai dengan departemen-departemen yang ada. Penilaian terhadap calon personalia pengurus dilakukan melalui permintaan curriculum vitae dan wawancara lewat telepon.
  • Mengusulkan agar dilaksanakan inventarisasi tokoh-tokoh (senioren) Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru-Bere untuk diminta kesediannya sebagai Anggota Badan Penasehat dan Badan Pendiri GM-PSSSI&BB se-Dunia. Dan, diharapkan agar nama-nama tersebut bersama dengan kepengurusan lengkap selanjutnya di Akte-kan ke Akte Notaris, sebagai dasar legal formal organisasi.
  • Keberangkatan ke Bandung akan diusahakan untuk bisa bersama-sama dengan Pengurus Harian lainnya.
  • Ketua Umum GM-PSSSI&BB se-Dunia, Fernando sebagai Pimpinan Rapat, selanjutnya merespon usul Merlyn dengan menyatakan persetujuannya terhadap usul-usul tersebut dan meminta agar keberangkatan ke Bandung dan Jakarta, dipersiapkan bersama, sehingga pelaksanaan pelantikan dan sosialisasi dapat terlaksana dengan baik. Sementara, mengenai pendanaan akan diupayakan secara swadaya pengurus dan dukungan pihak-pihak yang dianggap mampu dan bersedia. Juga, menyarankan agar rekaman proses rapat ini disampaikan kepada Sekretaris I dan Bendahara umum yang tidak dapat hadir dalam rapat.

Mengakhiri rapat singkat ini, ditetapkan kesepakatan pelaksanaan rapat berikut Tanggal 3 April 2008 di Kantor Pusat GM-PSSSI&BB se-Dunia di Pematang Siantar.