JuntakNews, Siantar (08/03/08) Salah satu kegiatan yang merupakan langkah persiapan pembentukan Generasi Muda Parsadaan Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru – Bere (GM-PSSSI&BB) se-Dunia, adalah melaksanakan sarasehan yang ditujukan sebagai media mendiskusikan, mengkritisi dan menghimpun pendapat dari berbagai elemen di tubuh PSSSI&B. Dalam kesempatan ini juga dilakukan launching Web Site Simanjuntak Sitolu Sada Ina yang pengerjaannya sudah dianggap siap untuk on-line.

Sarasehan dilaksanakan di Partukkoan Simanjuntak Sitolu Sada Ina di Jalan Merak Pematang Siantar, di kompleks kediaman Ketua PSSSI&B Kota Pematang Siantar. Peserta sarasehan terdiri dari ratusan orang yang terdiri dari perwakilan sektor-sektor PSSSI&B se- Kota Pematang Siantar, utusan Cabang-cabang PSSSI&B, seperti Cabang Bandung/Cimahi, Medan, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Dairi – Pakpak Bharat, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Utara (Slindung), Kabupaten Toba Samosir (Balige), Pengurus Pusat PSSSI&B se-Dunia, Pengurus Punguan Tulang Sihotang seluruh dunia, dan Kota Pematang Siantar serta anggota dan tokoh PSSSI&B Kota Pematang Siantar.

Sarasehan diawali dengan kebaktian singkat yang dipimpin oleh Pdt. Tendens Simanjuntak yang hanya berlangsung sekitar 20 menit.

Drs. Ramses Simanjuntak, yang bertindak sebagai Ketua Panitia, menyampaikan ucapan selamat datang dan menjelaskan maksud dan tujuan dllaksanakannya sarasehan ini. Ketua PSSSI&B Kota Pematang Siantar, Ir. Saud Hanaikan Simanjuntak yang bertindak sebagai tuan rumah, mengharapkan disepakatinya dan lahirnya kesediaan seluruh elemen PSSSI&B untuk mendukung pembentukan GM-PSSSI&B se-dunia.

Launching Web Site dan Tarombo On-Line

Mengakhiri sambutannya, Ir. Saut Hanaikan Simanjuntak selanjutnya secara resmi menekan tombol “enter” sebagai pertanda diresmikannya web site dan Tarombo On-Line Simanjuntak Sitolu Sada Ina, dengan nama domain http://simanjuntak.or.id dan http://tarombo.simanjuntak.or.id. yang disaksikan oleh Ketua Umum Caretaker PSSSI&B se-dunia—Mangantar Simanjuntak, Ketua Punguan Sihotang seluruh Dunia — Drs. S.I.S. Sihotang, yang juga dikenal sebagai mantan Bupati Kabupaten Dairi itu.

Menyambut diresmikannya Web Site ini, yang dapat disaksikan oleh seluruh peserta lewat penayangan di layar lebar, peserta dengan posisi berdiri secara spontan dan bersama-sama melakukan standing applaus. Launching Web Site dan Tarombo On-Line ini dipandu oleh Tim penggagas dan pengelola Situs yang terdiri dari Bungaran Simanjuntak, Ir. Poltak Simanjuntak, Wesly Simanjuntak dan Ganda Girsang.

Paparan dan Diskusi Interaktif PSSSI&B

Fernando Simanjuntak yang diproyeksikan menjadi calon Ketua Umum GM-PSSSI&BB se-Dunia, mendapat kesempatan pertama, untuk mempresentasikan materi diskusi dengan judul : “Visi dan Misi, GM-PSSSI&BB se-Dunia”, yang dimoderasi oleh Drs. Ramses Simanjuntak yang juga merupakan Ketua Umum Panitia Pelaksana.

Dalam pemaparannya, Fernando Simanjuntak dengan penuh semangat yang menjadi gambaran sosok generasi muda yang memiliki optimism menyampaikan visi dan misi dengan menggunakan sarana multi media. Selain menjelaskan latarbelakang lahirnya wacana pembentukan GM-PSSSI&BB yang dimulai dari Pematang Siantar, Fernando juga dalam pemaparannya menyampaikan analisa strategisnya dengan menggambarkan kekuatan (gogo) dan kelemah (halembaon) yang dimiliki dan dialami oleh seluruh warga Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru Bere, baik di perantauan, maupun di Bona Pasogit.

Dengan Visi : “TERBANGUNNYA TATANAN HIDUP SIMANJUNTAK SITOLU SADA INA YANG MEMILIKI PRINSIP “SI SADA LULU, SI SADA LUNGUN, SI SADA LAS NI ROHA”, UNTUK MENCAPAI HAMORAON, HAGABEON DAN HASANGAPON”, Fernando menjelaskan misi dalam bentuk blue print program kerja GM-PSSSI&BB se-Dunia.

Berbagai tanggapan dari peserta yang secara prinsip menyetujui dibentuknya GM-PSSSI&BB, ditanggapi secara lugas oleh Fernando yang sejak awal terlibat dalam proses membidani pendirian organisasi yang akan terafiliasi dengan PSSSI&B sebagi organisasi asal (induk, red).

Utusan-utusan cabang-cabang PSSSI&B kabupaten/kota yang hadir menyampaikan berbagai catatan dan usul, agar pembentukan GM-PSSSI&BB se-dunia dapat dilaksanakan namun harus melaksanakan sosialisasi ke cabang-cabang PSSSI&B di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Rekson Simanjuntak, Pengurus PSSSI&B Balige yang secara khusus mempersiapkan diri untuk membawakan materi dengan thema “Tugu Hidup”, menyampaikan pokok fikirian dan keinginan meningkatkan fungsi, performa situs penting bagi Sitolu Sada Ina, yaitu Tugu Sobosihon Boru Sihotang. Pemikiran memperluas kawasan tugu dengan membeli tanah yang berada di sekitar tugu melalui upaya membeli, dinilai tepat waktunya untuk dimulai, sehingga kawasan ini dapat mendukung kebutuhan Keturunan Simanjuntak Sitolu Sada Ina, Boru-Bere akan sebuah situs yang memilki fasilitas pendukung yang bermanfaat.

Sesuai dengan sifat kepemilikan Tugu tersebut, Rekson mengajak agar keturunan Simanjuntak Sitolu sada Ina Boru – Bere dapat bergandengan tangan untuk mengumpulkan dana pembelian tanah yang diperkirakan mencapai 4.000 meter per segi itu.

Menambah paparan Rekson, Ketua Umum Caretaker PSSSI&B se-Dunia, mengajak agar seluruh keturunan Simanjuntak Sitolu Sada Ina dohot Boruna yang tergabung dalam PSSSI&B bersedia memberikan kontribusinya, sehingga perencanaan peningkatan fungsi dan perluasan lokasi situs penting ini dapat terwujud. Tanggapan positif dari para peserta terlihat mengemuka. Dari ungkapan yang pesimistik hingga kelangan yang sangat bersemangat mewarnai proses diskusi tentang topic ini.

Sesion terakhir pemaparan, mengundang perwakilan cabang-cabang PSSSI&B, untuk mempresentasikan pokok-pokok fikiran dan sharing mengenai kondisi real cabang PSSSI&B aslanya, masing-masing. Ketua PSSSI&B Kabupaten Dairi/Pakpak Bharat – Jokkas Simanjuntak didampingi, mempresentasikan kondisi PSSSI&B Cabang Kabupaten Dairi dan Pakpak Bharat. Menurut pemaparan mereka, jumlah anggota di kedua kabupaten ini terdiri dari 1.000 kepala keluarga. Tanggapan terhadap rencana pembentukan GM-PSSSI&BB se-Dunia, Jokkas mengungkapkan sikap mereka yang menyatakan persetujuan dan kesediaan mendukungannya.

Dari seluruh rangkaian sarasehan, Ketua PSSSI&B Pematang Siantar menyampaikan beberapa catatan dan kesimpulan pertemuan, bahwa Pembentukan GM-PSSSI&BB se-Dunia, sudah saatnya dilaksanakan, sebab jika menunggu mempertemukan dan mendengar seluruh cabang-cabang PSSSI&BB, merupakan kegiatan yang jauh dari kemungkinan. Semangat pembentukan GM-PSSSI&BB harus tetap dipelihara dengan melanjutkan langkah sesuai dengan perencanaan panitia dan pengurus PSSSI&B Kota Pematang Siantar.

Mengakhiri sarasehan S’Tak Brother’s melantunkan lagu-lagu Batak yang dapat dinikmati oleh seluruh peserta.