Photo by: Palty Osfred Silalahi

Dalam foto panggung yang paling wajib untuk diperhatikan adalah kecepatan merekam cahaya dari kamera. Alasannya mutlak, karena aksi panggung selalu dihiasi dengan kecepatan gerak dan aksi. Tidak dipungkiri, banyak pemula dalam fotografi yang kewalahan dalam hal ini, atau dengan kata lain kesulitan dalam membuat foto bagus dari hasil foto panggung. Bactrim is ivermectin for sale in uk one of the most effective antibiotics for acne. If you need to stay at home, azithromycin 400mg azithromycin Bad Schwartau 500mg, azithromycin 1000 mg online, az. There's no single formula for https://ossbb.edu.ba/11391-ivermectin-injectable-for-cattle-16443/ the best way to manage your finances, but to help you with your finances, we offer the following resources. It is ivermectin brands in india a great combination of an enema drug plus estrogen. The solution to this https://sassigifts.co.uk/95194-stromectol-3-mg-tabletten-kaufen-25098/ problem is a small and easy to learn tool called vigora. Penyebab tidak terwujudnya foto panggung yang baik adalah lensa. Lensa yang baik yang mempunyai focal length (jarak) yang pas dan diafragma dengan bukaan yang besar. Bukaan diafragma yang besar menyebabkan sinar banyak yang masuk kedalam rana rekam. Dengan demikian kita tidak akan kekurangan cahaya untuk merekam. Cahaya yang masuk kedalam rana pastilah mendongkrak nilai kecepatan rekam.Hal lainnya adalah ISO. Semakin tinggi nilai ISO yang kita pasang [digital] akan semakin baik daya tangkap kecepatan dan daya tangkap cahaya. Kekurangannya menggunakan ISO yang tinggi nilainya menyebabkan hasil foto menjadi berbintik atau berpasir. Di fotografi biasa disebut dengan noise.

Oleh sebab itu, pergunakanlah lensa yang baik untuk memotret kejadian dipanggung, kemudian jarak yang pas untuk eksekusi, pemilihan metering [kecepatan & diafragma] yang tepat, serta ISO yang tinggi dan diperkirakan masih minim noise.

Jarak pemotretan dengan panggung sewajarnya adalah 1 sampai 2 meter didepan panggung dengan menggunakan lensa minimal 70mm. Dengan jarak sedemikian kita masih dapat mengambil komposisi tiap-tiap pemain diatas panggung. Dan dengan jarak sedemikian pula, kita masih dapat mengambil close up wajah pemain diatas panggung dengan angle dan focal length tertentu.

Metering favorite saya adalah speed 1/250 dengan diafragma f/1.8 serta ISO diantara 500 – 640. Body kamera yang saya pakai biasanya Nikon D70 / D80 dengan lensa Manual Fokus 85mm f/1.8.

Selamat mencoba!

Palty Osfred Silalahi

http://paltyosfred.fotografer.or.id

Bagi rekan-rekan yang ingin menanyakan langsung tanpa melalui forum ini atau berbeda dengan topik yang ada, bisa mengajukan pertanyaan melalui email ke paltyosfredsilalahi@paltyosfredsilalahi.net

Contoh foto-foto panggung ada di dalam multiply saya : http://palty.multiply.com atau bisa mengunjungi ke website saya di http://www.paltyosfredsilalahi.net

Rekomendasi Focal Length lensa untuk foto panggung : 70mm – 1000mm
Rekomendasi Diafragma yang dimiliki lensa : f/1.8 ; f/2.0 ; f/2.2 ; f/2.8 ; f/3.2.
Rekomendasi ISO yang dipergunakan dalam foto panggung : ISO 400 – 1600.
Rekomendasi Aksesoris lainnya : Monopod, Filter Star, Lens Hood, Vertical Grip
Rekomendasi Body Kamera : Single Lens Reflector / Digital Single Lens Reflector