Adekku Aku merindukanmu

Oleh : Farida Simanjuntak

Tanggal 04 Juni 2000, tepat 9 tahun lalu adekku Brata Mangapul Simanjuntak meninggalkan kami untuk selamanya… Sampai saat ini,duka itu masih terasa.. WAlau dalam kesendirian, aku selalu mengenangnya… Terkadang rasa rindu yang luar biasa memaksaku untuk mengambil fotonya dan “berbicara” dengannya.. Semua perasaan yang kupendam, kucurahkan.. Aku tahu, dia pasti mendengarku.. Continue reading “Adekku Aku merindukanmu”

ID YM, FB, WEBSITE silahkan posting disini :)

Untuk semua pomparan simanjuntak sitolu sada ina yang mau kenalan lebih lanjut dengan ito-nya, namboru-nya, uda-nya, pak-tua-nya, lae-nya, pariban-nya, sampai ke ompung-nya, atau sekedar nambah-nambahin “pren” di YM, FS, FB, Website Pribadi, silahkan posting disini.

Mauliate

Palty Osfred Silalahi
# bere sitombuk 11

Photo Ilustrasi Persahabatan
Photo Ilustrasi Persahabatan

Undangan untuk Seluruh Naposo Bulung Simanjuntak Sitolu Sada Ina [Boru&Bere] se-Jabodetabek

Edited By Palty Osfred Silalahi 2009:01:30 21:21:49
Judul Asli : Undangan untuk GM Simanjuntak par Jabodetabek
Judul Revisi : Undangan untuk Seluruh Naposo Bulung Simanjuntak Sitolu Sada Ina (Boru&Bere) se-Jabodetabek

—– Forwarded Message —-
From: evelinahotmaria hotmaria
Sent: Friday, January 30, 2009 12:27:50 PM
Subject: Undangan untuk Simanjuntak

modie tolong di posting y

Horas..

Untuk semua kaum muda (Naposo) Simanjuntak, dateng ya ke acara ngumpulnya Naposo Simanjutak

Hari/tgl : Sabtu 31 January 2009

Jam : 11:30 – selesai

Tempat : Jl. Cempaka Putih Barat XIX no.1 Rt 015/07, Jakarta Pusat.

Telp : 021 4220543

yang mau di bicarain ;

– Persiapan Festival Koor

– Persiapan Pesta Bolon

Cp: Boby SImanjuntak : 021 99116235/ 0813 18010021

Horas

– eve –

Maunya Apa Sih ??

Horas di hita saluhutna…
Mohon maaf bila tulisan saya ini hangat untuk diperbincangkan.
Hanya karena tergelitik sedikit dari sedikit dengar-dengar di kampanye BALON ketua naposobulung Simanjuntak Sitolu Sada Ina se Jakarta Raya dan sekitarnya.

Pagi tadi [Senin, 26/01/2009] kebetulan saya ada tugas di daerah glodok, liputan sembahyang di klenteng bersama beberapa teman dari sebuah perusahaan konstruksi dan alat berat terbesar di indonesia. Hal ini mengakibatkan saya datang terlambat di pertemuan yang diadakan di gedung Golkar Cikini. Terlambat sekali malahan :p , maaf yah… 😀

Sewaktu saya datang, sedang ada yang mengutarakan tentang tersendatnya kegiatan naposobulung simanjuntak sitolu sada ina se Jakarta Raya dan sekitarnya. Ungkapan itu di katakan oleh Tulang / Lae Bobby. [kalau salah mohon saya dikoreksi] dan tetap bersemangat untuk tetap menjalankan roda perkumpulan dan tetap bergelora untuk “papunguhon” naposo bulung simanjuntak sitolu sada ina se Jakarta Raya dan sekitarnya.

Singkat cerita, yang ingin saya utarakan, MAUNYA APA SIH??

MAUNYA APA SIH ini saya lontarkan untuk kita semua yang membaca tulisan saya ini dan sangat diharapkan untuk naposobulung / generasi muda simanjuntak sitolu sada ina yang paling harus, wajib, kudu, sunah untuk memberikan masukannya. Bukan bermaksud yang tidak-tidak dengan pertanyaan ini, mungkin, sepengelihatan saya, ada aspirasi keinginan dan kerinduan kebersamaan yang tidak dilontarkan. Bebas saja untuk mengemukakan pendapat dan keinginan.

Jaman sekarang banyak ide yang konyol dan nyeleneh, tapi menjadi sesuatu yang menarik dan diikuti. Mungkin, ide-ide brilliant itu, bisa dituliskan disini.

Manfaatnya ???
Kita bisa mencoba sesuatu hal yang baru, applikasikan, estimasi, prediksi dan wujudkan walau itu terkesan tidak masuk akal. Mungkin aspirasi ini bisa menjadi sudut lain pandangan ketua naposo bulung terpilih dan jajarannya. Siapa tahu, tidak salah mencoba hal baru bukan? Bukan cuma buat naposo bulung simanjuntak sitolu sada ina yang ada dijakarta saja, tapi seluruh dunia!

Yuk, mari kita sumbangan ide dan pemikiran [sumbang saran], “MAUNYA APA SIH ?” dari masing-masing pribadi untuk kebersamaan pomparan simanjuntak sitolu sada ini kita ini!!!

Botima,

Horas,

Palty Osfred Silalahi
[bere sitombuk #11]

~foto hanyalah ilustrasi~ – photo by palty osfred silalahi

Pertemuan Pengurus PSSSI, Boru Bere Ibebere – JABODETABEK

HORAS sasudena,

Dengan ini diberitakan jadwal Pertemuan Pengurus Parsadaan Simanjuntak Sitolu Sada Ina (PSSSI) dohot Boru, Bere dan Ibebere, seJABODETABEK. Pertemuan ini akan membahas keseluruhan konsep kerja dan susunan pengurus masa jabatan 2009 – 2013.

Sumbangsih saran dan kerja sama dari seluruh Simanjuntak Sitolu Sada Ina dohot Boru, Bere dan Ibebere akan sangat diterima, pertemuan akan dilaksanakan pada:

Hari dan Tanggal: Senin, 26 Januari 2009 [hari libur Imlek]
Jam: 10.00 wib – hingga selesai
Tempat: Gedung DPD Partai Golkar, Lt. 2, Jl. Pegangsaan Barat No.4, Jakarta [ancang-ancang] deket st.cikini atau megaria

Contact Person:
Dedy Boby H. Simanjuntak: 0813 1801 0021 OR 021 – 9911 6235
Sabrina br.Simanjuntak: 021 – 9255 5345
Evelina br.Simanjuntak: 0813 1494 9461
Chissy br. Simanjuntak: 0812 135 9177 OR 021 – 333 30 113

KHUSUS kepada Generasi Muda PSSSI&B diwajibkan datang … jangan sampai kalian merasakan kekecewaan tuk kedua kalinya setelah absen dari pertemuan pertama yg di Plaza Semanggi … okeehhh … ?! ;-p

tabe sian hami, HORAS!
– Chissy Novelina br.Simanjuntak
http://simanjuntak.or.id/

BakSos dan Ultah BatakMudaWorship

Horas bapauda, bapatua, oppung, ito dan kakak/adik …

Kembali lagi nih aku mau mengajak para naposo simanjuntak kita par jakarta ini untuk partisipasi dalam acara Bakti Sosial yg juga bertepatan dengan Ulang Tahun dari BatakMudaWorship … untuk lebih jelas nya sudah ku copy paste-kan email resmi nya yaaa …

yuuuuuuuuuuuuuukkkkk … daftar2 lagi yaaaaa …

HORAS mardongan TANGIANG

Dalam rangka turut memeriahkan hari Kasih Sayang (Valentine) dan juga 1 (satu) tahun BatakMudaWorship, kami mengundang teman-teman untuk turut memberikan sumbangan kepada anak-anak miskin di kawasan Cilincing, Jakarta Utara yang akan di adakan pada:

Hari/Tgl : Sabtu, 28 Februari 2009
Tempat : Kawasan Nelayan Cilincing, Jakarta Utara

Partisipasi sumbangan dari rekan-rekan kami golongkan menjadi dua bagian yati sumbangan wajib dan tidak wajib.

Sumbangan wajib adalah sumbangan berbentuk dana yaitu MINIMAL Rp 50,000.
Dan sumbangan tidak wajibnya adalah antara lain:

– Pakaian bekas, untuk anak-anak SD kelas 1-6
– Buku pelajaran/buku wawasan umum bekas yang masih layak baca
– Acara Badut sulap
– Susu anak-anak (susu bantal atau susu kacang atau lainnya)
– Peralatan mandi (sabun, sikat gigi, handuk atau lainnya)
– Biaya sewa tenda acara dan atau transportasi (bila ada)
– dan sumbangan lainnya yang di anggap perlu dan layak

Segala sumbangan tersebut di atas dapat di berikan kepada pengurus BatakMudaWorship pada tiap hari Minggu dan akan di catat dan diberikan laporannya setelah usai acara secara transparan.

Untuk memberikan dana secara transfer bisa ke no rekening:
Bank MANDIRI – KCP Tangerang Ahmad Yani
a/c no. 1 5 5 – 0 0 0 0 – 6 6 0 4 4 – 2
a/c name: Mutiara Rialin Gultom QQ Batak Muda Worship

BCA – KCP Klender, Jakarta
a/c no. 4 1 2 – 1 0 5 2 – 5 0 9
a/c name: Mutiara Rialin Gultom

(Kemudian konfirmasi dengan pengurus BatakMudaWorship)

sedangkan untuk sumbangan berupa barang dapat diberikan kepada pengurus setiap hari minggu di Plaza Semanggi – Jakarta Pusat, dan dapat menghubungi pengurus:

– Lisbet br.Butar-butar: 0816 188 4829
– Chissy br.Simanjuntak: 0812 135 9177 OR 021 333 30 113
– Mutiara br. Gultom: 0811 109 159 OR 021 9999 7057
Tiap sumbangan (dana maupun barang) akan di kumpulkan dan diberikan kepada anak-anak nelayan miskin tersebut melalui koordinasi dengan RT setempat.
Terlampir beberapa foto anak-anak nelayan di kawasan Cilincing tersebut.

Dalam kondisi sulit ini tentu saja kita diharapkan masih bisa berbagi, masih bisa beramal.
Ayo kita beramal!!

Luk. 10:27
Jawab orang itu: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Keep on Fire! [Rom 12:11]

a/n BatakMudaWorship,
David Silalahi
www.batakmudaworship.multiply.com

Mengajak Naposo Simanjuntak par Jakarta

HORAS!
[sebelumnya, mauliate yaa tuk yg sudah respon ke postingan ku terdahulu ttg ‘kegalauan”
ku menghadapi teman kerja ku yg Simanjuntak Parsuratan itu, belum sempat ku balas balik, tapi sudah ku baca dan ku ikuti semua saran dan nasehat nya]

Baiklah, kali ini aku mau mengajak Naposo Simanjuntak Boru Bere Bibere par Jakarta dalam acara Kebaktian Padang bersama para Muda/i Batak Lintas Milis dan Lintas Gereja, dengan tema “Bersyukur ditengah Kesulitan”

Hari: Senin, 08 Desember 2008 [hari Libur Nasional]
Tempat: Kebun Raya Bogor
Meeting Point: UKI, jam 09.00 [berangkat]
Biaya: Rp. 50,000/orang [lunch, transport dan pembicara]

biaya dapat di transfer ke rekening berikut:
Bank MANDIRI – KCP Tangerang Ahmad Yani
a/c no. 1 5 5 – 0 0 0 0 – 6 6 0 4 4 – 2
a/c name: Mutiara Rialin Gultom QQ Batak Muda Worship

BCA – KCP Klender, Jakarta
a/c no. 4 1 2 – 1 0 5 2 – 5 0 9
a/c name: Mutiara Rialin Gultom
(kemudian konfirmasi ke aku yaaaa)

yuuuukkkk … mari yuuuukkkk … ikutan yaaaa … daftar2 ke aku yaaaa …
YM ku: boru_juntak
Email ku: chi.she.she.man.june.tack@gmail.com
Hp ku: 0812 135 9177 OR 021 333 30 113
[lengkap deh]

mauliate mardongan tangiang
HORAS!
-Chissy Novelina br.Simanjuntak, Sitombuk #16
PS: kangen eeuuyy ama pariban2 ku, iban palty, iban ances, iban daniel … apa kabar nya kalian yaaa … ama bere Desy, ama ito Leo juga deeehhh …

Musyawarah Sektor PSSSI&B Jakarta dan Sekitarnya, Sukses

Hari Minggu, 2 Nopember 2008 bertempat di Graha Cibening, Pondok Gede Bekasi tepat pukul 10.00 WI, dilaksanakan Musyawarah Sektor PSSSI/B Jakarta dan Sekitarnya. Diawali dengan kebaktian bersama, Musek dibuka secara resmi yang dihadiri oleh 1.000 orang lebih peserta yang terdiri dari Pengurus-pengurus Sektor sebanyak 126 (Pemilik Hak Suara), Pengurus PSSSI/B Wilayah (Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Bekasi, Tangerang dan Depok), Pengurus Pusat PSSSI/B Jakarta dan Sekitarnya periode 2004-2008 dan Penasehat/Natuatua, Peninjau dari Pengurus PSSSI Daerah lain.

Diselingi lantunan lagu-lagu S’tak Brothers dan Rita Butarbutar, rangkaian acara berjalan dengan lancar. Sambutan dan Laporan Pengurus yang merupakan agenda utama Musek berjalan sesuai dengan rencana. Sebagai penanggungjawab organisasi yang bertugas memimpin Musek dengan agenda periodisasi, maka dibentuk Presidium yang terdiri dari Irjen Pol Thamrin Simanjuntak (Mardaup), Mayjen Purn. Hasudungan Simanjuntak (Hutabulu), Ir. Pieter Simanjuntak, MM (Sitombuk), Dr.Tunggul Simanjuntak,MBA (Ketum 2004-2008), Dr.Hesman C.Simanjuntak (Penasehat/Natuatua) langsung memimpin rapat pertanggungjawaban pengurus lama dan semua menerima pertanggungjawaban
secara aklmasi.

Pemilihan Pengurus dilaksanakan dengan voting untuk dari 2 calon dari Sitombuk, sesuai dengan giliran kepemimpinan yang saat ini jatuh kepada Raja Sitombuk.Hasil penghitungan suara Pemilihan Ketum Priode 2008-2012, yaitu 1) Ir. Bona Simanjuntak S-15, 60 thn (62 suara) dan 2 )Ir.Edy Marlan Simanjuntak,MT,S-15, 51 thn (43 suara), dengan demikian Ir.Bona terpilih sebagai Ketum, dan secara otomatis Ir. Edy Marlan jadi Wakil Ketum ditambah satu orang dari Keturunan Raja Mardaup DR.Nelson Simanjuntak M-15 dan Binton Simanjuntak H-14, mewakili Keturunan Raja Hutabulu. Presidium menugaskan Ketum dan Wkl Ketum baru dalam 30 hari menyusun Pengurus Lengkap. Acara ditutup doa pkl 17.30 dan lagu O Tano Batak.

Seluruh rangkaian acara Musek terlihat berjalan demokratis, kompak dan semangat. Hal ini membedakan Musek kali ini dengan Musek-musek sebelumnya. Hal ini tentu sangat erat kaitannya dengan semakin dewasanya warga PSSSI/B Jakarta dan sekitarnya dengan pemahaman “Masitungkol-tungkolan songon suhat di robean, masi amin-aminan songon lampak ni gaol”, serta keinginan merealisasikan “Sungguh, alangkah indahnya, bila yang bersaudara duduk bersama”. Sebab dengan demikian filosofi PSSSI&B ” sisada lungun, sisada lulu anak, sisada lulu boru”, dapat menjadi dasar kuat dalam pengambilan keputusan di tubuh PSSSI/B.

Itulah nuansa satu hari yang terjadi, semua berjalan rasional, di Graha Cibening itu pikiran semua Simanjuntak Sitolu Sada Ina menjadi bening, firman Tuhan Mengalir sejuk, Sambutan Panitia, Pengurus Lama, Penasehat, Natuatua, termasuk Pengurus baru yang terpilih menjadi ..bening, dan jelas
siapa yang mengabdi lebih lama di PSSSI&B lebih dihargai, yang punya track rekord lebih akan diberi apresiasi, seperti halnya kedua candidat yang oleh Presidium membacakan pengalaman kedua kandidat itu di kancah ke-pengurusan Simanjuntak Sitolu Sada Ina. Walaupun terus terang pernah saya ungkapkan di situs ini, suasana selama tiga bulan ini seperti api dalam sekam khususnya di kalangan pemegang hak periodisasi Sitombuk.

Memang dulu selama 2 (dua) periode yang pernah dipegang Sitombuk tidak terlalu lancar periodenisasinya, kemudian hal itu menjadi pelajaran bagi PSSSI&B Jakarta dan Sekitarnya. Bagaimana sikap Mardaup dan Hutabulu ? Jelas terlihat sangat proaktif untuk memberi motivasi dan masukan kepada Sitombuk saudaranya itu untuk mampu memberi solusi dari tadinya 5 calon menjadi hanya 2 orang.

Bagaimana gambaran sikap Pengurus Sektor yang punya hak pilih? Para Pengurus Sektor itu jelas membaca riwayat candidat, mengenal candidat, dan tidak ada yang tertutup dimata pengurus sektor yang akhirnya sebanyak 105 Sektor yang memberi suara. Apa yang terjadi setelah voting berakhir ? Kedua candidat langsung berpelukan di depan kurang lebih 1.000 orang, dan secara spontan berjejer untuk menerima ucapan Selamat.

Sebelum pemilihan, Mayjen Purn Hasudungan dan dr.Hesman menekankan bahwa kedua orang candidat itu adalah asset berharga Simanjuntak Sitolu Sada Ina di antara banyak asset yang terlihat lalu lalang didalam gedung seperti Mayjen HASURUNGAN Simanjuntak, DR.Ir.Robert Simanjuntak (Dirut PT Pabrik Kertas Lecces), dan puluhan lagi yang levelnya seperti itu ada didalam gedung. What next..? Istora Senayan, karena disanalah nantinya PARTANGIANGAN PSSSI&B Jakarta dan Sekitarnya. HORASMA

Men & Women

“Men & Women

Inti dari Artikel ini adalah bahwa pria dan wanita itu sebenarnya telah berevolusi secara fisik tapi masih membawa kebiasaan dari pria wanita zaman purba. Dimana pada zaman purba kaum pria berburu, kaum wanita tinggal di gua. Pria melindungi, wanita mengurus anak. Sebagai akibatnya, tubuh dan otaknya pun berkembang mengikuti kebiasaan jaman purba ini.

Selama jutaan tahun, struktur otak pria dan wanita terus berubah dengan caranya masing-masing. Sampailah kita pada zaman modern ini, di mana ternyata pria dan wanita itu berbeda dalam memproses informasi yang masuk ke otaknya. Jalan pikirannya memang berbeda. Pengertiannya akan suatu hal pun berbeda. Persepsi, prioritas dan tingkah lakunya juga beda.

Kasus mentega di kulkas

Setiap wanita di dunia pasti pernah mengalami ini. Kisahnya berawal dari pria yang berdiri di depan kulkas yang terbuka…

Suami : “Menteganya mana yang?”

Istri : “Di dalam kulkas”

Suami : “Nggak ada tuh” – sambil celingak-celinguk ke dalam kulkas…

Istri : “Kok bisa nggak ada? Dari dulu juga ditaruh di kulkas”

Suami : “Mana? Nggak ada. Gue udah cari. Nggak ada apa-apa tuh di kulkas”

Terus si wanita akhirnya harus ikutan ke dapur ikutan ngelongok ke kulkas dan …. secara ajaib bin sulap, tangannya udah megang mentega. Apa komentar selanjutnya dari si pria ? “Ditaruhnya di situ sih…terang aja tadi nggak keliatan!”

Kejadian semacam ini juga terulang kembali, ketika si pria mencari selai Strawberry dan tidak ketemu. Dia hanya menemukan selai Nanas,padahal selai Strawberry itu ada di belakang selai Nanas ….

haiya, pria .pria kadang ngerasa wanita suka ngerjain mereka dengan cara ngumpetin barang-barang di laci atau lemari. Baik itu mentega, selai,gunting, handphone, kunci mobil, kunci rumah, dompet – semuanya sih sebenernya ada di situ . Tapi entah kenapa mata Pria kayaknya nggak bisa ngeliat.

Alasan sebenernya nih adalah karena wanita punya jangkauan sudut pandangan yang lebih besar daripada pria . Bila diukur dari hidung, bisa mencapai 45° ke arah kiri-kanan-atas-bawah, bahkan ada yang mencapai 180°. Jadi Wanita bisa liat isi kulkas atau lemari tanpa menggerakkan kepalanya. Sementara pria kalo ngeliat sesuatu lebih terfokus dan otaknya memproses seolah mereka ngeliat dalam terowongan yang panjang. Alhasil, mereka bisa ngeliat jelas dan akurat apa yang ada tepat di depan mata dan jaraknya lebih jauh, hampir mirip seperti ngeliat lewat teropong.

Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa otak pria mencari kata M-E-N-T-E-G-A atau S-T-R-A-W-B-E-R-R-Y di kulkas. Kalo kotak mentega atau botol selainya salah arah, udah nggak keliatan deh. Makanya selama mencari kepalanya celingukan terus karena berusaha menemukan benda yang ‘hilang’ tersebut.

Sebenarnya ada implikasi lain dari perbedaan besar sudut pandang ini. Dengan sudut pandang yang jauh lebih besar dari pria , mata wanita bisa ngelaba tanpa perlu takut ketahuan. Sementara kalo pria , udah pasti kena tuduh atau ketangkap basah kalo matanya lagi jelalatan. Penelitian mengungkapkan bahwa : mata wanita ngeliat bodi-bodi pria sama seringnya, bahkan lebih sering, daripada pria ngeliatin bodi-bodi cewek. Tapi, dengan daya pandang yang jauh lebih superior, wanita jarang ketahuan…

Kenapa wanita Bisa Ngomong Terus ?

Dalam struktur otak wanita, kemampuan untuk berbicara terutama ada dibagian depan otak kiri dan sebagian kecil di otak sebelah kanan. Sementara buat Pria , kemampuan berbicara dan bahasa itu bukan kemampuan otak yang kritis. Adanya pun cuma di otak kiri dan tidak ada area yang spesifik. Jadi jangan heran kalau Wanita seneng ngomong dan banyak pula yang diomongin, karena kedua belah otaknya mampu bekerja sekaligus.

Otak pria itu terkotak-kotak dan mampu memilah-milah informasi yang masuk. Di malam hari, setelah seharian penuh aktivitas, pria bisa menyimpan semuanya di otaknya. Sementara otak wanita tidak bekerja seperti itu – informasi atau masalah yang diterimanya akan terus berputar-putar dalam otaknya. Dan ini nggak akan berhenti sampe dia bisa mencurahkan isi otaknya alias curhat. Oleh sebab itu, kalo wanita bicara, tujuannya adalah untuk mengeluarkan uneg-unegnya, bukan untuk mencari kesimpulan atau solusi.

Wanita juga berusaha membangun hubungan lewat pembicaraan. Rata-rata wanita bisa bicara 20 ribu kata dalam sehari. Sementara pria hanya sekitar 7 ribu kata sehari. Perbedaan ini kelihatan jelas ketika jam makan malam tiba. Priasudah menghabiskan 7 ribu katanya dan nggak mood untuk bicara lebih lanjut. Persediaan si wanita tergantung dari apa yang sudah ia lakukan sepanjang hari. Kalau dia sudah banyak berbicara dengan orang lain hari itu, dia pun akan sedikit berbicara. Kalau dia tinggal di rumah saja, mungkin ia sudah menggunakan 3 ribuan kata. Masih ada 17 ribu lagi!

Pria cuma bisa melakukan satu hal pada suatu waktu! Semua penelitian yang ada menemukan bahwa otak pria lebih terspesialiasi, terbagi-bagi. Otak pria berkembang sedemikian sehingga mereka hanya dapat berkonsentrasi pada satu hal yang spesifik pada suatu saat, sehingga sering mereka bilang mereka bisa ngerjain semuanya tapi ‘satu-satu donk’.

Kalo pria minggirin mobil untuk baca peta, biasanya dia juga akan ngecilin suara radio atau tape. Banyak Wanita yang bingung kenapa. Kan bisa aja baca peta sambil denger radio dan bicara. Kenapa pria bersikeras ngecilin suara TV kalo ada telepon? Atau kadang Wanita suka bingung “Kalo dia lagi baca koran atau nonton TV, kok dia nggak bisa denger tadi gue bilang apa?”

Jawabannya adalah karena sedikit sekali jaringan yang menghubungkan otak kiri dan kanan pria , sehingga kalo pria yang lagi baca koran atau nonton TV di-scan otaknya, kita bakal tau bahwa dia seketika itu juga jadi tuli. Sementara otak wanita punya konstruksi yang memungkinkan wanita melakukan banyak hal sekaligus.

Wanita bisa melakukan banyak hal yang sama sekali nggak berhubungan pada waktu bersamaan, dan otaknya nggak pernah putus, selalu aktif! Wanita bisa bicara di telpon, pada saat yang sama masak di dapur dan nonton TV. Atau dia bisa nyetir, dandan, dengerin radio dan bicara lewat hands-free. Bayangkan saja si Upik yang lagi telp pake HP-nya terus sambil melakukan sesuatu yang laen (misalnya makan atau masak). Kalo dia cuma bisa melakukan 1 hal pada suat u waktu, wah gawat, bisa kebakaran jenggot kali, nanti kerjanya cuma telpon

terus dong, he he.

Lain halnya dengan pria , pernah terjadi juga kejadian begini. Si pria memang sudah lapar banget dan dia makan dengan lahapnya di meja makan. Nah, kebetulan di atas meja itu ada beberapa surat yang hari itu dikirim untuk setiap penghuni lat. Sambil si pria makan, tangannya membuka satu amplop surat, maksudnya ingin makan sambil baca surat miliknya … tapi apa yang terjadi, pria itu salah buka surat, dia buka surat orang lain, he he he, bener-bener dah terbukti kalo “Man can’t do more than one task at the same time”.

Tapi karena wanita bisa pakai 2 sisi otaknya secara bersamaan, banyak wanita yang bingung ngebedain kanan dari kiri. Sekitar 50% wanita nggak bisa secara langsung nunjuk mana kanan dan mana kiri kalau ditanya. Tapi Pria bisa secara langsung mengidentifikasi kanan dari kiri. Sebagai akibatnya, wanita sering dimarahin pria karena nyuruh mereka belokin mobilnya ke kanan – padahal maksud mereka sebenernya adalah belok kiri.

Strategi ‘Sepatu Biru atau Emas’

Alkisah Bambang dan Fenny sedang siap-siap untuk pergi ke pesta. Fenny baru aja beli baju baru dan pengen banget keliatan cantik. Dia pegang 2 pasang sepatu, sepasang warna biru, sepasang warna emas. Lalu dia bertanya ke Bambang, dengan pertanyaan yang paling ditakutin Pria , “Bang, yang mana yang musti Fenny pake dengan baju ini ya?” Keringet dingin Bambang mulai keluar.Dia sadar sebentar lagi bisa muncul salah. “Ahh… umm… yang mana aja yang kamu suka Sayang,” Gitu jawab Bambang. “Ayo donk Bang,” kata Fenny lagi,nggak sabaran, “Yang mana yang keliatan lebih bagus … yang biru atau yang emas?” “Kayaknya yang emas deh!” jawab Bambang, dengan gugup. “Emangnya yang biru kenapa?” tuntut Fenny. “Kamu emang dari dulu nggak pernah suka sama yang biru! Aku beli mahal-mahal dan kamu nggak suka, kan?” Bambang dalem hatinya mungkin udah dongkol, “Kalo nggak mau denger pendapatku, kok tadi nanya!” Bambang pikir tadi dia disuruh menyelesaikan suatu masalah, tapi ketika masalahnya sudah ia selesaikan, Fenny malah kesel. Fenny, tapinya, sedang menggunakan bahasa yang tipikal Wanita alias cuman Wanita yang ngerti: bahasa tidak langsung atau kerennya indirect speech. Fenny sebenernya udah mutusin mo pake sepatu yang mana dan tidak sedang minta pendapat; yang dia inginkan adalah konfirmasi dari Bambang bahwa ia terlihat cantik.

Memang Wanita kalo ngomong biasanya menggunakan indirect speech alias memberikan isyarat tentang apa yang sebenarnya dia inginkan. Tujuannya adalah untuk menghindari konflik atau konfrontasi sehingga bisa terjalin hubungan yang harmonis satu sama lain. Indirect speech biasanya menggunakan kata-kata seperti ‘kayaknya’, ‘sepertinya’ dan sebagainya.

Ketika wanita bicara menggunakan indirect speech ke wanita lain, tidak pernah ada masalah wanita lain cukup sensitif untuk mengerti maksud sebenarnya. Tapi, bila dipakai untuk bicara dengan pria , bisa berakibat fatal.

Pria menggunakan bahasa langsung atau direct speech dan mereka mengambil makna sebenarnya dari apa yang orang lain katakan. Tapi sebetulnya dengan sedikit kesabaran dan banyak latihan, pria dan wanita bisa kok belajar untuk mengerti satu sama lain.

Jadi kembali ke persoalan sepatu biru atau emas, bagaimana solusinya untuk kaum pria ? Sangatlah penting bagi kaum Pria untuk tidak memberikan jawaban secara langsung. Bila kita re-wind situasi tadi, Bambang harusnya bertanya, “Kamu udah milih yang mana, Sayang?” Dan jawaban berikutnya biasanya, “Ehm… Aku pikir aku bisa pake yang emas …..” karena memang pada kenyataannya Fenny udah milih yang emas. “Kenapa yang emas?” tanya Bambang, sambil tersenyum cerdik. “Soalnya aku bakal pake asesoris warna emas dan bajuku ada pola keemasannya”, demikian jawab Fenny. Bambang kemudian dengan yakin akan bisa menjawab, “Wow! Pilihan kamu bagus tuh Fen! Kamu bakal keliatan paling cantik nanti!” Dijamin malam itu Bambang akan sangat bahagia. Masih inget kan betapa frustasinya manusia terhadap pasangan lain jenisnya?? Nah tapi sebetulnya dalam hati kita tuh masih butuh pasangan loh.

Apalagi Tuhan sendiri kan yang pernah bilang “Tidak baik kalau manusia sendirian saja.” Jadi dalam perjalanan hidupnya manusia terus mencari siapa pasangan yang paling cocok untuk dirinya, supaya bisa terus bersama-sama dalam jangka waktu yang ; panjang alias seumur hidup…

Sebetulnya apa sih yang kita inginkan? Dalam suatu survey yang melibatkan lebih dari 15 ribu wanita dan pria umur 17 – 60 tahun, terungkap apa yang wanita inginkan dari partner long-termnya dan apa yang pria pikir wanita inginkan.

A. Yang wanita inginkan:

1. Kepribadian

2. Humor

3. Sensitivitas

4. Kepandaian

5. Bodi yang bagus

B. Yang pria pikir wanita inginkan:

1. Kepribadian

2. Bodi yang bagus

3. Humor

4. Sensitivitas

5. Wajah yang tampan

Studi ini menunjukkan bahwa pria sebenernya cukup mengerti apa yang wanita inginkan. Sekarang kita lihat apa yang pria inginkan dan apa yang wanita pikir pria inginkan.

C. Yang Pria inginkan:

1. Kepribadian

2. Wajah yang cantik

3. Kepandaian

4. Humor

5. Bodi yang bagus

D. Yang Wanita pikir Pria inginkan:

1. Wajah yang cantik

2. Bodi yang bagus

3. Dada yan g besar

4. Pantat yang ok

5. Kepribadian

Ternyata wanita kurang tahu kriteria yang laki-laki inginkan sebagai partner hidupnya. wanita membuat asumsi berdasarkan tingkah laku yang mereka lihat atau dengar tentang pria , yaitu pria yang matanya terbelalak dan mulutnya terbuka kalau melihat bodi perempuan.

Daftar A adalah kriteria jangka pendek dan panjang dari apa yang wanita inginkan dari pasangannya. Sementara untuk Pria , daftar D adalah apa yang dia cari pertama kali ketika bertemu dengan wanita, tapi daftar C adalah apa yang dia cari untuk hubungan jangka-panjang. Jadi gimana donk???

Jadi bisa disimpulkan kalo pria wanita itu memang makhluk paling unik yang Tuhan ciptakan, dan butuh pengertian dari kedua pihak supaya komunikasi dan hubungan cintanya bisa langgeng. Ada beberapa

tips khusus nih:

Buat Pria :

1. Buatlah lingkungan yang nyaman kalo lagi pengen mesra-mesraan.

Wanitasensitif terhadap lingkungannya dan hormon estrogennya membuatnya sensitif terhadap cahaya. Ruangan yang agak redup membuat pupil mata mengecil, jadi orang bisa terlihat lebih menarik dan kulit-kulit yang kurang mulus atau berjerawat tidak jelas terlihat. Pendengaran Wanitayang tajam berarti perlu musik

yang tepat.Tempatnya pun harus bersih, yang tidak mudah diinterupsi orang lain.

2. Ajak makan.

Sejak jaman purbakala pria sudah bertindak sebagai pencari makan, maka sewajarnyalah membawa wanita pergi makan bisa membangkitkan perasaan perempuan. Mengajak wanita makan malam adalah peristiwa penting untuk perempuan, walaupun dia sebenarnya nggak laper atau belaga nggak laper (kan lagi diet!), karena penyediaan makanan menunjukkan perhatian Pria terhadap kesejahteraan dan kelangsungan hidupnya.

3. Bawalah bunga

Kebanyakan pria tidak mengerti kekuatan dari seikat bunga segar.

Mereka pikir, “Ngapain ngeluarin uang untuk sesuatu yang bakal mati dan dibuang dalam beberapa hari?” Lebih logis buat pria untuk memberikan pohon dalam pot karena, dengan perhatian dan perawatan, pohon akan hidup – bahkan bisa dapet untung lagi! Seperti jualan mangga, duren, dsb. Tapi, wanita tidak melihatnya seperti ini – dia pengen seikat bunga segar sebagai tanda bahwa si Pria punya perhatian untuknya. Setelah beberapa hari, memang bunganya akan mati dan dibuang, tapi ini memberikan kesempatan untuk si pria membeli seikat lagi dan memberikan perhatian lagi ke wanitanya.

4. Bahasa tidak langsung

Indirect speech adalah bagian dari wanita dan untuk membangun hubungan dengan wanita, pria perlu mendengarkan dengan efektif, sambil mengeluarkan ‘bunyi mendengarkan’ seperti “O…,”, “Ehm”, dan bahasa tubuh yang tepat. Tidak usah memberikan pendapat atau solusi atau kelihatan bingung. Kalau wanita pengen curhat karena punya masalah, teknik yang harus dipakai Pria adalah dengan bertanya, “Kamu mau aku mendengar sebagai pria atau wanita?” kalau dia bilang sebagai perempuan, dengarkan aja dan beri dukungan moral. Kalau dia bilang sebagai pria , bolehlah tawarkan beberapa solusi.

Buat Wanita:

1. Jangan interupsi kalau pria lagi ngomong kalau ingin berkomunikasi dengan pria , strategi jitunya adalah jangan menginterupsi kalau dia sedang berbicara. Sebenarnya ini sulit sekali untuk perempuan, karena buat Wanita ngomong rame-rame itu membangun hubungan dengan sesama dan menunjukkan partisipasi. Perempuan juga terdorong untuk mengalihkan pembicaraan supaya si pria kagum dengan pengetahuannya yang luas atau untuk membuat pria merasa penting. Padahal kalimat-kalimat yang dikatakan pria biasanya berorientasi pada suatu solusi dan dia perlu menyelesaikan kalimatnya, kalau tidak pembicaraan tersebut akan kehilangan maknanya.

2. Bahasa langsung

Supaya mendapat perhatian dari pria , beritahukan apa yang ingin dibicarakan dan kapan, dengan kata lain buatlah agenda. Contohnya:

“Aku ingin bicara sama kamu soal menangani masalah dengan bosku di kantor. Apakah kita bisa bicara setelah makan jam 7 malam nanti?” Ini lebih menarik untuk pria , membuatnya merasa dihargai! Diam saja atau mengggunakan bahasa tidak langsung hanya akan membuat pria merasa disalahkan dan mereka menjadi defensif.

3. Bagaimana memotivasi pria

Wanita biasanya menggunakan kata “bisa”: “Kamu bisa telpon aku nanti malam?” “Kamu bisa jemput aku?” Ini akan diterjemahkan pria sebagai tantangan apakah dia bisa melakukannya atau tidak, tapi sama sekali tidak ada komitmen untuk melakukannya. Mereka kadang merasa dimanipulasi dan terpaksa memberikan jawaban “ya”.

Untuk memotivasi pria , gunakan pertanyaan langsung untuk mendapatkan komitmennya. Contohnya, “Nanti malam kamu telpon aku kan?” menuntut komitmen untuk malam ini dan Pria harus menjawab “ya” atau “tidak”.

4. Pria tidak suka diberi nasihat

Pria perlu merasa bahwa ia mampu memecahkan masalahnya sendiri. Mendiskusikan masalah dengan orang lain akan membebani orang tersebut. Dia bahkan tidak akan menceritakan masalahnya dengan temannya, kecuali jika dia pikir temannya punya solusi yang lebih baik. Ketika wanita berusaha membuat pria menceritakan masalahnya, priamenolak karena ia melihatnya sebagai sikap mengkritik, atau ia merasa bahwa wanita itu menganggapnya tidak kompeten dan ia punya solusi yang lebih baik dari si pria . Padahal kenyataannya, maksud si wanita adalah untuk membuatnya merasa lebih baik dan sama sekali bukan tanda-tanda kelemahan. Jadi jangan beri nasihat ke pria kecuali diminta. Katakan saja bahwa kamu yakin dia mampu menyelesaikan masalahnya.

Catatan kecil:

Artikel ini ditulis dengan bahasa langsung, tidak ada maksud-maksud terselubung di baliknya. Nama-nama yang disebut di atas adalah fiktif, kesamaan nama dan tempat hanyalah kebetulan belaka. Isinya jangan 100% dianggap benar, terutama tipsnya, karena ini semua tergantung pada species Pria- Wanita yang lagi didekati. Dan setiap penggunaan kata Pria atau Wanita maksudnya adalah Laki-laki dan Perempuan pada umumnya. Kalau ngerasa nggak seperti yang dideskripsikan, patut bersyukur donk, berarti anda memang unik dibanding yang lain.

Mauliate – Horas

Edward Simanjuntak-16th

Mardaup-Tuan Sibadogil- Ompu Rajadiam

Bandung

08122051157

HELP! me -vs- parsuratan

help dooonnnkkkk …

aduhhh … pusing aku niiihhh …

dikantor ku ada simanjuntak parsuratan, sudah join dengan kami sekitaran 4 tahun deh … pertama kenalan aku langsung tanya, ‘simanjuntak apa pak?’ eh dia gak jawab and gak nerusin, malah senyum2 doank, langsung deh aku tau ‘ooohhh’ gitu doank …

nah, untungnya dia ditempatkan dilaen ruangan, tp terkadang dia juga datang2 ke meja ku tuk sekedar minta tanda tangan atau pun ganggu2 iseng gak jelas, tapi tetep hanya sebatas itu aku ladenin, selebihnya gak, secara dia usil and annoying banget orang nya …

sekarang niiiihhhh … setelah kantor ku rada renovasi sedikit, eeehh dia malah 1 ruangan ma aku, and duduk nya diagonal hadap2an ma aku … ! aduuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhhhh … heeelllpppp … ! apa yg harus ku lakukan … ??!! selama weekend kmrn tuh aku gak tenang, sampe2 berpikir, kalo pun ada jimat2 leluhur yg harus ku beli atau ku pakai, ku beli beneran deeehhh … tp khaaannnn … lagi lagi aku berpikir itu bertentangan dengan agama ku yaaa … gimana doooonnnkkk … adduuuhhhh … pusing beneran aku niiihhhhh …

secara tidak sadar, memang many bad things happend since he join to my company, apa itu karena perseteruan antara kami simanjuntak? entah laahhh … tp bos ku tidak pernah menganggap hal hal seperti ini …

lalu, merujuk pada tulisan ku dibawah ini, pelaku dari yg berantakin file2 ku itu adalah yaa dia itu, si juntak parsuratan ituuu … baca deh tuk bagian yg sedikit marah terkesan nya berikut ini …

pagi
terpaksa bangun lebih cepat 1 jam dari biasa nya
nungguin dokumen yg seharus nya siap di jam 07.30, eeehh malah molor ampe jam 08.30
walhasil im in rush, nyambung naek motor deh, tiba nyaris 5 menit lagi disqualified deh

siang
nyampe ktr, baru ngeh kalo ternyata ada BIG MISTAKE dari kerjaan yg di pagi hari tadi, mampus deh
due to office renovation, reminder tuk packing things on table and semuahan dokumen related
after lunch time, temen2 sekantor grasak grusuk paradehon meja nabe
padahal disitu gw lagi pusing pusing nya krn BIG MISTAKE yg tadi
ok lah, out office dulu deh, liat2 orang berseliweran sekalian beli tali rafia buat iket dokumen and odner, bukan buat bunuh diri, dosa
balik kantor, WHAT ???!!! odner gw yg dari lemari khusus gw udah berserakan !!! bertaburan dengan posisi keq habis di mutilasi
something that they don’t even remember about me is, I REALLY DON’T LIKE MY THINGS BEING REMOVED WITHOUT MY NOTICE

pusing gw yg tadi nya dah rada reda karna ketemu orang orang di sekitaran gedung ktr, balik lagi !

sore
dengan muka marsuhi suhi, gw starting tuk packing all my things yg di meja gw AJA
ogah bgt gw rapiin odner odner gw yg udah bergaya bebas di ruangan nya, MALAS
dengan rapih nya mereka sudah menempatkan file file mereka di lemari gw yg sebelum nya itu, HEBAT
and membiarkan odner odner gw begitu ajaaaa … HEBAT BANGET

time to go home, actually … hope this mood would flush away before i meet my lovely little chubby annoying smart boy …

aaahhhhh … GOD forgive me laaa yaaa … really sorry …

PSSSI/BBI Balikpapan

Ketua Umum : Batara Simanjuntak
Ketua sektor I : P.Simanjuntak alamat rumah
Ketua Sektor II : Walreston Simanjuntak
Ketua Sektor III : Jhonner Simanjuntak

Alamat Sekretariat : Perum graha indah pgri blk M. Rt 93 No.6 Batu Ampar Balikpapan