Petisi : Pelaku Penganiaya Apnes Marito br Panjaitan Dituntut Ringan

1
1378

Dalam sidang kasus penganiayaan Apnes Marito br Panjaitan, anak dari Saut Panjaitan, dan ibunya Ratna br Simanjuntak di Pengadilan Negeri Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang, tuntutan terhadap pelaku dibacakan oleh JPU Lili Suparli SH. Isi tuntutannya, penjara 4 bulan dengan masa percobaan 6 bulan dengan dakwaan Pasal 80 Ayat 1 UU Perlindungan Anak.

Ketua Komnas Perlindungan Anak Aris Merdeka Sirait memberi tanggapannya bahwa tuntutan itu BATAL DEMI HUKUM, sebab ancaman hukuman sesuai dengan UU PA Pasal 80 ayat 1, 3,6 tahun.

Sebelumnya, Kepolisian Resort Deli Serdang dan Kejaksaan Negeri Lubuk Pakam, tidak menahan pelaku penganiayaan Apnes Marito Panjaitan (13), dan menuntut pelaku sangat ringan, yaitu 4 bulan tahanan dengan masa percobaan 6 bulan, atas dakwaan Pasal 80 ayat 1 UU PA, dan pelaku tetap bekerja sebagai PNS Kabupaten Deli Serdang.

Selain proses hukum yang sangat lama, sebab pihak kejaksaan selalu mengembalikan berkas ke polisi hingga 5 kali (P-19), sementara pengaduan pelaku terhadap Saut Panjaitan dan Ratna br Simanjuntak, yang menjadikan ayah dan ibu korban sebagai terdakwa atas pasal 335 KUHP (membuat perasaan tak senang) dan Pasal 310 KUHP (penghinaan), tampak direspon sangat cepat oleh Kejaksaan dan Kepolisian, walau fakta, kesaksian dan bukti tidak mendukung kasus ini layak untuk dijalankan.

Keluarga korban tergolong keluarga pra-sejahtera, dan merasa tidak berdaya memperjuangan hak anaknya yang menjadi korban kekerasan. Maka, salah satu upaya menolong keluarga ini, melalui petisi yang meminta dukungan kita semua, untuk selanjutnya kita serahkan kepada Jaksa Agung Barief Arief di Jakarta.

Jika Saudara/i ingin ikut mendukung keluarga korban ini, maka silahkan ikut menandatangani petisi ini : http://www.change.org/id/petisi/jaksa-agung-ri-basrief-arief-agar-mencopot-jpu-lili-suparli-sh?utm_campaign=twitter_link&utm_medium=twitter&utm_source=share_petition

Terimakasih

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY