Perayaan Natal PN-SSSI&B Kota Medan : Generasi Visioner

0
407

Perayaan Natal Naposo Simanjuntak Sitolu Sada Ina yang dilaksanakan di Gereja HKBP Sidorame Medan, Jumat (9/12), berlangsung sukses. Dihadiri 400-an Naposo yang didominasi mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Kota Medan ini, natal berlangsung khusuk dan penuh sukacita.

Anggota PN-SSSI&B Kota Medan tersebar di berbagai PTS dan PTN di Kota Medan, seperti Universitas HKBP Nomensen, STMIK Budi Dharma, Universitas Methodist, Universitas Dharma Agung, Universitas Medan Area, STMIK Micro Skill Medan, AMIK  MBP, AMB, USU Medan, UNIMED dan POLMED yang diperkirakan sebanyak 500 orang”, kata Shandy Simanjuntak Ketua PN-SSSI&B Kota Medan.

Perayaan natal yang mengambil Thema : enerasi Visioner dan Sub-Thema : Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi (Yosua 1 : 7), dikemas sedemikian rupa, dengan menggunakan media audio visual (visualisasi natal) sehingga seluruh peserta ibadah natal, dapat mengikuti seluruh rangkaian acara secara sungguh-sungguh dan terfokus.

Di samping mengundang seluruh anggota Parsadaan Naposo Simanjuntak Sitolu Sada Ina dohot Bere (PN-SSSI&B) se-Kota Medan, Panitia juga mengundang Kelompok-kelompok Koor dari Pemuda Gereja di Kota Medan. Paling tidak, tampak 3 (tiga) kelompok koor yang berpartisipasi yang berasal dari luar organisasi, yaitu Koor N-HKBP Perumnas Mandala, Koor N-HKBP Tegal Rejo dan Koor Muda/i HKI Mandala. Kelompok Koor PN-SSSI&B Kota Medan sendiri membawakan koor Tole Endehon yang dipimpin langsung oleh Ketua PN-SSSI&Bn Kota Medan Shandy Simanjuntak.

Sebelum menyanyikan lagu Malam Kudus, dalam kondisi lampu dipadamkan, berturut-turut Pdt. Lidya br. Simanjuntak, Ketua Panitia (Dedy Simanjuntak), Ketua PN-SSSI&B Kota Medan Shandy Simanjuntak, Penasehat (Ir. Poltak Simanjuntak), dan Perwakilan Bere (Jonathan Sinaga), menyalakan lilin di altar.

Sesuai dengan Thema Natal, Pdt. Lidya br. Simanjuntak, STh membawakan renungan secara lugas, ringan dan diselingi dengan guyonan segar yang mampu menghadirkan suasana penuh sukacita tetapi sarat makna. Dalam khotbahnya, Pdt. Lidya, mengajak Naposo Simanjuntak untuk tampil menjadi generasi penerus yang visioner.

Generasi yang visioner, adalah generasi yang mampu memandang jauh ke depan, responsif, atensif dan progressif. Generasi yang visioner, harus mampu mengetahui apa dan bagaimana mengetahui yang ingin diketahui (how to know), merasakan (how to feel) dan bagaimana melakukan (how to touch). Dan semua yang sudah diketahui, dirasakan dan dilakukan, harus diletakkan di bawah terang Firman Tuhan, khotbahnya.

Liturgi natal yang diselingi berbagai bentuk kreasi seni, seperti vocal solo, trio dan vocal group, tampak menjadi kemasan ibadah sarat makna dan memiliki nilai spritualitas yang tinggi.

Usai acara ibadah natal, dilanjutkan dengan penyampaian kata-kata sambutan yang diawali dengan Laporan Ketua Panitia Natal Dedy Simanjuntak. Dalam Laporan Singkatnya, Dedy Simanjuntak menyampaikan ucapan terimakasih yang tulus dan dalam kepada seluruh pihak yang telah membantu panitia, sehingga perayaan natal PN-SSSI&B Kota Medan Tahun 2011 dapat berlangsung dengan baik.

Sementara Ketua PN-SSSI&B Kota Medan Periode 2010 – 2011, menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia, penasehat dan para donatur seraya mengucapkan Selamat natal 25-26 Desember 2011 dan Tahun Baru 1 Januari 2012.

Mewakili Penasehat dan Orang Tua, Poltak Simanjuntak yang juga Sekretaris Jenderal GM-SSSI&BBI se-Dunia, dan Ny. Herlen Simanjuntak br. Tampubolon, didaulat menyampaikan kata sambutan.

Dalam kata sambutannya, Poltak Simanjuntak mengatakan bahwa Natal adalah momen peneguhan solidaritas Allah kepada manusia, bukan hanya sekedar seremonial rutin tahunan.

Natal seharusnya dimaknai sebagai motivasi dan dorongan, untuk menumbuhkan rasa solidaritas antar sesama, sebagaimana yang telah dilakukan oleh PN-SSSI&B Kota Medan selama ini, bersama-sama dengan GM-SSSI&BBI dalam berbagai aksi sosial kemanusian. Dan, hal itu merupapakan pengejawantahan nilai luhur yang secara turun temurun dipertahankan keturunan Simanjuntak Sitolu Sada Ina, yaitu : Si Sada Lulu, Si Sada Lungun dan Si Sada Las Ni Roha, jelas Poltak.

Ny. Herlen Simanjuntak br. Tampubolon, dalam kata sambutannya, mengharapkan Naposo Simanjuntak untuk lebih meningkatkan kegiatan sosial di tahun-tahun mendatang, sehingga kehadiran Naposo di tengah-tengah komunitas Simanjuntak Sitolu Sada Ina, bisa menjadi potensi bukan hanya sebagai beban.

Dalam rangkaian kata sambutan dari penasehat dan orang tua, secara khusus Penasehat PN-SSSI&B Kota Medan, Poltak Simanjuntak, meminta kesempatan untuk menyerahkan bingkisan natal kepada 4 (empat) orang Naposo Simanjuntak yang dinilai sangat aktif terlibat dalam kegiatan sosial. Keempat Naposo, Poli Simanjuntak, ST, Eka br. Simanjuntak, S.Si, Herlan Friyadi Aritonang dan Herna Sitorus didaulat ke depan yang menerima bingkisan berturut-turut dari Ir. Palti Simanjuntak, Letkol Ckm Ricardo Suganda Simanjuntak, M.Kes, yang saat ini menjabat sebagai Dandenkesyah Pematang Siantar), Ir. Thurman Simanjuntak dan Ny. Ir. Togar Simanjuntak br. Siagian.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY