Ketua PSSSI&B Sektor 27 Helvetia Medan, Tolak SK Panitia Mubes se-Indonesia

4
546

JuntakNews (Medan),

Letkol Ckm Ricardo Suganda Simanjuntak, MKes (Mardaup No. 17) Ketua PSSSI&B Sektor 27 Helvetia menolak pencantuman namanya dalam jajaran kepanitiaan Mubes PSSSI&B se-Indonesia yang kontroversial itu. Berbagai alasan penolakan terlihat jelas dalam suratnya yang disampaikan lewat email kepada pengelola situs ini untuk dimuat agar diketahui oleh kalangan GM-SSSI&BBI se-Dunia, serta kalangan PSSSI&B di seluruh Indonesia.

Isi surat yang menurutnya disampaikan langsung kepada Panitia Mubes PSSSI&B se-Indonesia hari ini (08/08), kami tampilak dalam situs ini, sebagai berikut :

Kepada Yth.

1. Ketua Umum Panitia Mubes PSSSI & B Se Indonesia
2. Ketua Penyelenggara Mubes PSSSI & B Se Indonesia

Perihal : Penolakan Keikutsertaan dalam Kepanitiaan Mubes PSSSI & B

1. Marilah kita tetap mengucapkan syukur dan terimakasih kepada Tuhan kita Yesus Kristus karena kita masih dapat diberi kesempatan bertemu dan berkomunikasi walaupun hanya dalam bentuk surat yang saya kirimkan.

2. Saya mengucapkan terimakasih yang sangat besar kepada Ketua Umum Panitia Mubes PSSSI & B Se Indonesia atas kepercayaannya memasukkan nama saya Letkol Ckm Ricardo Simanjuntak, M.Kes sebagai anggota Seksi Acara Persidangan dalam Susunan Kepanitian Mubes PSSSI & B melalui SURAT KEPUTUSAN NOMOR : 222/PSSSIB-MUBES/VIII/2011TANGGAL 01 AGUSTUS 2011 dan SURAT KEPUTUSAN NOMOR : 225/PSSSIB-MUBES/VIII/2011 TANGGAL 05 AGUSTUS 2011 TENTANG PENGANGKATAN PANITIA MUSYAWARAH BESAR PARSADAAN SIMANJUNTAK SITOLU SADA INA DOHOT BORUNA – (PSSSI & B) SE INDONESIA.

3. Pencantuman nama saya tersebut dalam susunan kepanitiaan Mubes PSSSI & B Se Indonesia sebenarnya sudah pernah saya tolak sesuai dengan hasil pembicaraan telepon dengan Ketua Penyelenggara dan dengan Sekretaris Penyelenggara Mubes PSSSI & B Se Indonesia.

4. Hal-hal yang mendasari penolakan saya menjadi Panitia Mubes PSSSI & B Se Indonesia sebagai berikut :

a. Bahwa saya melihat dan mendengar dari berbagai infomasi baik dari pembicaraan dengan dongan tubu Simanjuntak Sitolu Sada Ina dan juga melalui sms yang saya terima bahwa pelaksanaan Mubes PSSSI & B Se Indonesia belum memperoleh restu dari pihak-pihak yang berkepentingan dalam Mubes tersebut.

b. Bahwa saya meragukan apakah saya memang dipilih menjadi salah seorang panitia Mubes PSSSI & B Se Indonesia atas pertimbangan yang rasional atau pertimbangan yang emosional?

Pentanyaan ini saya maksudkan karena pada awal pembentukan kepanitiaan Mubes PSSSI & B Se Indonesia, nama saya tidak ada. Ini sesuai dengan Surat Keputusan – Pengurus PSSSI & B – Pusat Balige – Bona Pasogit Nomor : 10/PP/V/2011 tanggal : 11 April 2011 tentang Pengangkatan Panitia Mubes PSSSI & B Se Indonesia.

Kemudian pada SURAT KEPUTUSAN NOMOR : 222/PSSSIB-MUBES/VIII/2011 TANGGAL 1 AGUSTUS 2011 TENTANG PENGANGKATAN PANITIA MUSYAWARAH BESAR PARSADAAN SIMANJUNTAK SITOLU SADA INA DOHOT BORUNA – (PSSSI & B) SE INDONESIA, nama saya dicantukam tetapi kemudian SK tersebut direvisi dengan SURAT KEPUTUSAN NOMOR : 225/PSSSIB-MUBES/VIII/2011TANGGAL 05 AGUSTUS 2011 TENTANG PENGANGKATAN PANITIA MUSYAWARAH BESAR PARSADAAN SIMANJUNTAK SITOLU SADA INA DOHOT BORUNA – (PSSSI & B) SE INDONESIA.

Hanya dalam waktu 5 (lima) hari terjadi perubahan susunan kepanitaan Mubes PSSSI & B Se Indonesia. Hal yang paling mendasar dan juga memprihatinkan adalah bahwa revisi SK Nomor : 222/PSSSIB-MUBES/VIII/2011 ke SK Nomor : 225/PSSSIB-MUBES/VIII/2011 hanya karena pertimbangan pertemuan antara Ketua Umum PSSSI & B Kota Medan (St. Ir. Alidin Simanjuntak) dan Sekum PSSSI & B Kota Medan (Drs. Fidel Kastro Simanjuntak) dengan Ketua PSSSI & B Pusat Balige – Bona Pasogit (Mangantar Simanjuntak – Op. Pati) dan Hot Marulak Simanjuntak (Op. Ginabean) di Hotel Danau Toba pada tanggal 05 Agustus 2011.

Menurut hemat saya bahwa segala perubahan yang akan dilakukan oleh Panitia Mubes PSSSI & B Se Indonesia haruslah didasarkan pada keputusan resmi rapat panitia bukan karena pertemuan semacam diatas, sungguh menggelikan.

c. Saya menerima surat dari Panitia Mubes PSSSI & B Nomor : 0022/PSSSI & B-Mubes/VIII/2011 tanggal 01 Agustus 2011 dengan lampiran 3 (tiga) eksp tentang Informasi Penyelenggaraan Mubes PSSSI & B Se Indonesia.

Salah satu lampiran surat tersebut berisi antara lain “Mensikapi Kelompok-kelompok yang mengatasnamakan PSSSI & B (atau dengan modifikasi) tetapi tidak bernaung di bawah AD/ART PSSSI.B. Pada bagian ini dibahas tentang pertanggungjawaban Pesta Bona Taon PSSSI & B Cabang Medan tahun 2009. Pertanyaan saya adalah apakah Mubes PSSSI & B Se Indonesia turut membahas pertanggungjawaban Pesta Bona Taon PSSSI & B Cabang Medan?

Saya menganggap bahwa Panitia Mubes PSSSI & B Se Indonesia dengan segaja telah menyebarkan fitnah sekaligus pembunuhan karakter bahwa kami Panitia Pesta Bona Taon PSSSI & B Cabang Medan tahun 2009 telah memakan uang hasil Pesta Bona Taon dan belum dipertanggungjawabkan?

Perlu saya infomasikan bahwa pertanggung jawaban pekerjaan dan keuangan Panitia Pesta Bona Taon PSSSI & B Cabang Medan telah disampaikan kepada Pengurus PSSSI & B Cabang Medan pada bulan September 2009 di rumah Ketua Penyelenggara Mubes PSSSI & B Se Indonesia Ir. Hiskia Simanjuntak dan Pengurus PSSSI & B Cabang Medan mengatakan bahwa pertanggungjawaban tersebut diterima tanpa catatan. Saya sebagai Sekretaris Panitia Pesta Bona Taon PSSSI & B Cabang Medan tahun 2009 sangat berkeberatan dengan lampiran surat tersebut dan meminta kepada Panitia Mubes PSSSI & B Se Indonesia mempertanggungjawabkan penyebaran surat tersebut.

d. Dalam lampiran surat tersebut juga dibahas tentang Generasi Muda Simanjuntak Sitolu Sada Ina, Boru, Bere, Ibebere se Dunia (GM-SSSI & BBI). Sepertinya Panitia Mubes PSSSI & B Se Indonesia kurang pekerjaan. Hal-hal yang sebenarnya bukan menjadi bagian dari pekerjaan Mubes PSSSI & B Se Indonesia telah menjadi pembahasan utama dalam rapat-rapat Panitia Mubes PSSSI & B Se Indonesia.

Perlu saya jelaskan bahwa kami bukalah kelompok-kelompok yang mengatasnamakan PSSSI & B secara tidak jelas. GM-SSSI & BBI se Dunia resmi berdiri dan dilantik oleh Pengurus PSSSI & B Bona Pasogit yaitu Mangantar Simanjuntak (Op. Pati) di Pematang Siantar. Dalam AD/ART GM-SSSI & BBI Se Dunia sangat jelas dikatakan bahwa GM-SSSI & BBI Se Dunia adalah organisasi mitra PSSSI & B, dan bukan dibawah PSSSI & B jadi untuk apalagi dibahas? Saya sebagai salah seorang Sekretaris GM-SSSI & BBI Se Dunia sangat berkeberatan tentang isi surat tersebut dan meminta klarifikasi dari Panitia Mubes PSSSI & B Se Indonesia.

e. Pengurus PSSSI & B Sektor 27 Helvetia Medan telah menerima surat dari Pengurus PSSSI & B Cabang Medan Nomor : 013/PSSSI & B Mdn/VIII/2011 tanggal 02 Agustus 2011 tentang Sikap PSSSI & B Cabang Medan tentang pelaksanaan Mubes, pada halaman 2 surat tersebut tertulis pernyataan sikap Pengurus PSSSI & B Kota Medan terhadap pelakasanaan Mubes sebagai berikut : butir 5 (lima) yaitu

“Menolak pelaksanaan Mubes yang akan dilaksanakan oleh panitia yang terang-terang memanipulasi SK. Penunjukan Ir. Bona Simanjuntak yang seolah-olah merepresentasikan Jabodetabek dan pencatuman nama-nama panitia tanpa sepengetahuan sipemilik nama. Jika ternyata panitia Mubes yang ada sekarang tetap dengan pendiriannya dan memaksakan kehendaknya untuk melaksanakan Mubes tersebut, maka PSSSI & B Cabang Medan tidak akan menjadi peserta dan tidak mendukung. Segala keputusan dalam Mubes tersebut tidak berlaku untuk PSSSI & B Cabang Medan berarti Mubes ini kami anggap cacat hukum dan tidak sah”.
Surat tersebut di atas menjadi pertimbangan bagi saya sebagai Ketua PSSSI & B Sektor 27 Helvetia Medan untuk segera mengadakan rapat pengurus PSSSI & B Sektor 27 Helvetia Medan.

Pada tanggal 06 Agustus 2011 diadakan rapat Pengurus PSSSI & B Sektor 27 Helvetia Medan, dan hasil keputusan rapat Pengurus PSSSI & B Sektor 27 Helvetia Medan dinyatakan sebagai berikut : “Mendukung sikap Pengurus PSSSI & B Cabang Medan dalam pelaksanaan Mubes PSSSI & B Se Indonesia dan menolak keikutsertaan Letkol Ckm Ricardo Simanjuntak, M.Kes selaku Ketua PSSSI & B Sektor 27 Helvetia Medan menjadi Panitia Mubes PSSSI & B Se Indonesia”.

5. Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatiannya diucapkan terimakasih.

Tembusan :
1. Ketua PSSSI & B Cabang Medan
2. Ketua Umum GM-SSSI & BBI Se Dunia
3. Mantan Ketua Panitia Pesta Bona Taon PSSSI & B Kota Medan tahun 2009

4 COMMENTS

  1. Mengikuti perkembangan Rencana Mubes PSSSI&B se-Indonesia belakangan ini, sungguh membuatku miris. Sebab kegiatan internal marga ini, justru dilakukan seperti kegiatan partai politik yang penuh intrik, friksi dan ketidakjujuran.

    Pelaksanaan Mubes yang direncanakan 2-3 Sep 2011, tinggal hitungan hari, tetapi panitia masih sibuk dengan menerbitkan SK-SK baru. Apa jadinya Mubes jika dikelola secara serampangan dan sembarangan?

  2. Saya dari kalangan Naposo menilai bahwa bahwa Mubes PSSSI&B se- Indonesia ini serasa ecek2,Saya berani berkata begitu atas penjelasan dari abang kami Letkol Ckm Ricardo Suganda Simanjuntak, MKes (Mardaup No. 17) Ketua PSSSI&B Sektor 27 yg tidak setuju namanya di cantumkan di dalam kepanitiaan tersebut ,masa tanpa rapat resmi Sk panitia bisa di rubah kembali, janganlah kumpulan marga kita ini di gunakan untuk hanya kepentingan sendiri yg mengatas namakan simanjuntak untuk kepentingan pribadi, tolonglah buat opung,bapak tua,bapak uda kami Simanjuntak ini bukan ladang bisnis yang bisa di jual begitu saja,MUSNAHKAN SIMANJUNTAK YANG INGIN MENJADIKAN PUNGUAN SIMANJUNTAK SEBAGAI LADANG PENCARIANNYA YANG HANYA MEMENTINGKAN DIRINYA SENDIRI

    Trimakasih

  3. Dilihat dri segi marga, sy sangat bangga menjadi Simanjuntak (Sitombuk 15), krna bisa dikatakan Simanjuntak adalah salah satu marga terbesar, mari kita bersatu dan dimanapun Sitolu Sada Ina bertemu tunjukkan rasa persaudaraan jgn sampai ada mengatas namakan PSSSI hanya untuk kepentingan Pribadi. Mengenai perbaikan Tugu Ompung br Hotang, sy yakin siapapun Simanjuntak pasti senang membantu. Mari kita satukan misi PSSSI, jgn sampai ada penghianat ditibuh PSSSI. Pilipi 4:7. Horas. Bnjrmasin

  4. Horas ma di hita saluhutna Pomparan ni PSSSI se Indonesia.Sebagai marga Simanjuntak saya bangga bs terselenggara Mubes PSSSI tggl 2-3 Sept.Apapun yg ada di benak untuk perkembangan PSSSI sgt bgs tp wkt tdk tepat,klo ada Wacana
    buka d Forum resmi PSSSI jgn saling menjatuhkan krn ” Orang Luar” sedang mengancam Kekuatan Kita.Hidup PSSSI.Horas Ma Dihita Saluhut
    na.

LEAVE A REPLY