GM-SSSI&BBI Somasi Panitia Mubes PSSSI&B se-Indonesia

8
439

Nomor           : 053/AVD/VIII/2011
Lamp.            : 1 (satu) berkas
H a l                : SOMASI

 Kepada :
 Panitia MUBES PSSSI&B se-Indonesia
 di
 Tempat

 Dengan hormat,

Berdasarkan Surat Kuasa khusus tanggal 29 Agustus 2011, untuk dan atas nama klien kami :

  1. Pengurus Pusat Generasi Muda Simanjuntak Sitolu Sada Ina dan Boru, Bere, Ibebere Se-Dunia (GMSSSI&BBI) yang berdomisili di Medan.
  2. Panitia Pesta Bona Taon PSSSI&B Kota Medan tahun 2009.

Berdasarkan surat yang disampaikan kepada kami, selaku Penasehat Hukum klien kami tersebut diatas, maka setelah membaca, mempelajari dan manganalisis Surat-surat Panitia Mubes PSSSI&B se-Indonesia, beserta Lampiran-lampirannya, No. : 00      /PSSSIB-Mubes/VIII/2011, Agustus 2011 perihal : Sosialisasi Tahap 3 (tiga) Tentang Rencana Penyelenggaraan Mubes PSSSI&B se-Indonesia, Lampiran III. MENSIKAPI KELOMPOK-KELOMPOK YANG MENGATASNAMAKAN PSSSI.B (ATAU DENGAN MODIFIKASI) TETAPI TIDAK BERNAUNG DI BAWAH AD/ART PSSSI.B, kami menemukan kebohongan dan fitnah yang ditujukan kepada Panitia Pesta Bona Taon, Pengurus GM-SSSI&BBI Cabang Medan dan Sekjen GM-SSSI&BBI se-Dunia.

Beberapa poin yang kami maksudkan, sebagai berikut :

  1. Pada pragaraf 1. “Mereka berhasil mengumpulkan dana sejumlah Rp. 591.492.500 (excl. Piutang). Saldo Kas Rp. 16.998.381,-. Anggaran biaya semula Rp. 305.195.000,-. Mereka berjanji akan menyerahkan sisa dana tersebut kepada PSSSI.B. Medan”.
  • Bahwa, tulisan tersebut memberi kesan seolah-olah Panitia Pesta Bona Taon, masih menyimpan dana selisih antara perolehan panitia dengan anggaran, yaitu Rp. 286.297.500,- tidak sama dengan Saldo Kas yang hanya Rp. 16.998.381,-
  • Bahwa laporan keuangan Panitia Pesta Bona Taon, secara resmi telah dilaporkan kepada Pengurus PSSSI&B Medan, dan diterima tanpa catatan.
  1. Pada pragaraf 1. “Pengurus PSSSI.B Medan sama sekali tidak mengetahui bagaimana dan kapan berdirinya GM.”
  • Bahwa pernyataan tersebut di atas adalah kebohongan publik yang disengaja, sebab acara pembentukan dan pengukuhan pengurus PSSSI&B Kota Medan yang diadakan di Hotel Danau Toba Medan, pada tanggal 04 Oktober 2008, diikuti oleh Pengurus dan anggota PSSSI&B Kota Medan, turut memberikan kata sambutan dan beberapa orang di antara mereka didaulat menjadi Penasehat GM-PSSSI&B Kota Medan.
  • Bahwa GM-PSSSI&BBI yang akhirnya lewat Rapat Pengurus Pusat diganti namanya menjadi GM-SSSI&BBI, tidak bernaung di bawah AD-ART PSSSI&B, sebab hingga pembentukan GM-PSSSI&B sebagai organisasi kesatuan berskala nasional memiliki AD-ART nya sendiri, berbeda dengan PSSSI&B yang tidak punya AD-ART bersama. Pertanyaannya, bagaimana mungkin GM-SSSI&BBI yang memiliki cabang di berbagai kabupaten dan kota mengikatkan diri dengan organisasi PSSSI&B yang hanya bersifat lokal? Justru, lewat Mubeslah seyogianya AD-ART PSSSI&B Se-Indonesia, dibuat dan disahkan.
  1. Kelompok GM yang tidak bernaung di bawah AD/ART PSSSI.B, mengetahui akan wacana Mubes dan akan mengadakan rapat pembentukan Panitia Persiapan Mubes tanggal 29 Juli 2009 di Taman Wisata Iman di Sidikalang.
  • Bahwa, kehadiran beberapa orang Anggota dan Pengurus GM-SSSI&BBI dalam Rapat dimaksud pada poin 3 adalah atas undangan Saut Simanjuntak, SH secara pribadi dan tidak atas nama Anggota apalagi Pengurus GM-SSSI&BBI, untuk membantu mempersiapkan materi, tempat dan fasilitas rapat tersebut. Dan, jangan lupa bahwa kami yang diundang saat itu juga punya hak untuk hadir dan bicara, sebab kami mempunyai hak yang sama dengan semua Simanjuntak yang hadir pada rapat tersebut.
  • Bahwa, penjelasan Poltak Simanjuntak atas isi AD/ART tentang syarat keanggotaan GM-SSSI&BBI yang berumur 25 s/d 55 tahun, adalah atas permintaan tuan rumah pertemuan tersebut, dan tidak ada mengatakan kata-kata atau ucapan yang dapat dikategorikan sebagai Fitnah atau Penghinaan.
  1. Pada pragaraf 3, tertulis “Gito H. Simanjuntak memberi peringatan dengan mengatakan : Saudara Poltak, umurmu masih di bawah umur anak saya, ilmumu boleh tinggi dari saya. Pengalamanmu tidak seperti banyak garam yang saya makan. Kalau kau sekarang mau makan yang sebanyak saya makan, kau akan mati”.
  • Bahwa, ucapan Gito H. Simanjuntak di atas, dapat dikategorikan sebagai penghinaan dan pembunuhan karakter (character assassination) terhadap Poltak Simanjuntak yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal GM-SSSI&BBI se-Dunia.
  • Bahwa, kami ketahui putri dari Sdr. Gito H. Simanjuntak jauh berumur lebih muda dari Poltak Simanjuntak, tetapi kami tidak mengetahui jumlah garam yang dimakan oleh Sdr. Gito hingga bisa membuat Sdr. Poltak Simanjuntak akan mati.
  1. Pada pragaraf 4, tertulis “Informasi langsung dari warga PSSS.B yang ikut serta PILKADA, mengatakan menderita materiil dan moril akibat perilaku (tindak tanduk) beberapa orang kelompok dimaksud”.
  • Bahwa tidak menyebutkan secara jelas siapa yang dirugikan, apa dan berapa kerugian materil dan moril yang diderita, dan siapa orang-orang yang berperilaku, memberi kesan bahwa tuduhan itu dialamatkan kepada orang-orang yang menjadi anggota dan atau pengurus GM-SSSI&BBI.
  • Bahwa, sejauh pengetahuan kami justru Ir. Hiskia Simanjuntak dalam posisinya sebagai Ketua DPW PSSSI&B Sumatera Utara, telah melakukan dagang sapi politik dengan menerima uang dari pasangan calon walikota Ajib Shah/Binsar Situmorang sebesar Rp. 500.000,- per sektor, yang menurutnya dibagi-bagikannya ke 70 sektor PSSSI&B Kota Medan.
  1. Pada halaman 9 yang berjudul “Hal Kelompok-kelompok di Situs Internet dan Berita”, tertulis :
  • Berita di situs internet antara lain mengatakan bahwa : GM.SSSI.B, siap menjadi pelaksana bila diminta

a.    GM.SSSI.BBI adalah modifikasi (tanpa huruf “P” dari PSSSI.B). Modifikasi ini muncul setelah teguran dari Pengurus PSSSI.B Medan/Ketua Umum.

b.    Apa maksud dan tujuan GM melaksanakan Mubes PSSSI.B?

Sedangkan GM tidak bernaung di bawah AD/ART PSSSI.B.

Apakah supaya bebas berbuat sesuatu untuk tujuan tertentu tanpa terikat AD/ART PSSSI.B?

c.    Mengatasnamakan PSSSI.B atau dengan merubah initial PSSSI.B

Pembentukan PSSSI.B dilatarbelakangi oleh sejarah makna “Parsadaan” (huruf “P” dari PSSSI.B) berbeda dengan pembentukan organisasi lainnya. Mengatasnamakan PSSSI.B tanpa bernaung di bawah AD/ART apalagi merubah initial menjadi SSSI.B adalah penyalahgunaan dan penyimpangan dengan tujuan lain dari kelompok tertentu. Akhirnya timbul pertanyaan seperti judul satu cerita APA YANG KAU CARI PALUPI? 

  • Bahwa, GM-SSSI&BBI adalah organisasi independen yang bebas menentukan tujuan, nama, program dan alat kelengkapan organisasinya secara bebas. Tindakan orang-orang yang bukan bagian dari GM-SSSI&BBI untuk mempengaruhi GM-SSSI&BBI adalah intervensi yang kami kategorikan sebagai “Mengurus Yang Bukan Urusannya”.

Berdasarkan poin-poin tersebut di atas, maka kami menyampaikan keberatan dan protes keras serta meminta pertanggungjawaban Panitia Mubes PSSSI&B se-Indonesia, yang kami nilai telah melakukan tindakan FITNAH lewat tulisan yang telah merusak nama baik GM-SSSI&BBI, serta person-person terkait.

Terhadap hal tersebut di atas, kami mendesak Panitia Mubes PSSSI&B se-Indonesia, untuk :

  1. Memberikan klarifikasi serta memastikan seluruh dokumen yang sudah diedarkan ditarik untuk dimusnahkan.
  2. Membuat pernyataan minta maaf kepada Pengurus GM-SSSI&BBI dan person-person yang dikaitkan dengan dokumen Panitia Mubes tersebut, di media lokal dan nasional.

Demikianlah Somasi ini kami sampaikan untuk dapat ditanggapi dengan serius, dan meminta Panitia Mubes PSSSI&B se-Indonesia merespon Somasi ini paling lambat 2 x 24 jam sejak somasi ini diterima. Jika tidak, kami akan menempuh penyelesaian secara prosedur hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia. Kami memberi kesempatan untuk menyelesaikan masalah ini secara musyawarah.

Medan, 29  Agustus 2011

 

OKTOMAN SIMANJUNTAK, SH, MH

Advokat

HP. 0811653358

8 COMMENTS

  1. Sebelum anda membuat acara atau MUBES PSSSI-B SeiIndonesia ..
    sebaikNya adakalanya anda diskusi dan minta perizinan kepada seluruh marga simanjuntak Se INDONESIA…
    dimana supaya rencana dan simanjuntak maju, Besar seperti yang kita inginkan …
    KARNA MARGA SIMANJUNTAK itu BUKAN HANYA MILIK PERORANGAN atau kelompok yang TIdak diinginkan…
    dan akan mengandung KONFLIK atau PRO KONTRA yang sangat panjang …
    yang samPAi REGENERASI KEPADA PSSSI-B dan NAPSO simanjuntak..
    GBU

  2. Horas ma dihita sasude, Ahu Simanjuntak Hutabulu Tumonggo Tua bursok pati 14, molo boi marpanggidoan dihamuna akka dogan tubuku asa nian rap hunduk hamuna jala makatai dengan laho taringot rencana ulaon on asa boi sada pikiran jala mardame-dame. maila hita tu dogan ta marga na asing
    horas,horas,horas

  3. Horas…

    Sekedar menambahkan hal-hal yang tidak terungkap didalam somasi ini, agar dongan tubu nami dimanapun berada dapat memahami mengapa upaya ini kami lakukan.

    1. Permasalahan tsb diatas sudah beredar lama di kota Medan dalam pernyataan-pernyataan sepihak, khusus masalah Keuangan, Panitia Bona Taon meminta kepada para pengurus PSSSI&B Kota Medan dan para Natua-tua yang nota bene adalah para Panitia MUBES untuk menyelesaikannya. Tetapi tidak pernah terealisir.
    2. Upaya mediasi telah diupayakan melalui salah seorang Natua-tua Simanjuntak yang juga Panitia MUBES setelah tertunda-tunda beberapa kali, akhirnya gagal karena tidak adanya keinginan dari Pihak Panitia untuk bertemu.
    3. Bahwa upaya somasi adalah upaya komunikasi terakhir yang kami lakukan lakukan sebelum masalah ini masuk didalam ranah Hukum.

    Demikian tulisan ini saya tambahkan agar kita dapat memahami permasalahan yang sebenarnya dan upaya apa yang telah kami lakukan.

    Salam dalam damai…

  4. Saudaraku!

    Saya sangat mendukung SOMASI ini tetapi sangat tidak medukung jika pada akhirnya jalur hukum yang akan ditempuh. Apa kata dunia, jika hal ini terjadi di antara sesama saudara kita? Damailah dalam kasih persaudaraan!Kita harus tetap ingat pesan Oppung Sobosihon br.Sihotang: “SISADA LULU, SISADA LUNGUN, SISADA LAS NI ROHA”

    Majulah GM-SSSI&BBI !

    Salam !

  5. @Opung Donald Simanjuntak, di saat-saat penyelenggaraan MUBES ini tinggal beberapa hari lagi, akhirnya SOMASI ini dikeluarkan oleh Pengurus Pusat Generasi Muda Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru Bere Ibebere (GM-SSSIBBI). Seperti yang disampaikan oleh Opung Rudyart Simanjuntak pada tanggapan beliau sebelumnya bahwa sudah dilakukan terlebih dahulu pendekatan secara kekeluargaan, tetapi panitia penyelenggara MUBES tidak bergeming sedikitpun dalam mengakomodir masukan-masukan dan juga protes-protes terhadap apa yang dilakukan oleh Panitia MUBES.

    Songon ni dok ni natua-tua, PURPAR PANDE DORPI LAHO TU DIMPOSNA. Saya justru mencurigai ada pihak-pihak yang menginginkan kepentingan pribadinya bisa terwujud dengan adanya MUBES ini. Sehingga orang-orang yang kritis yang meminta MUBES ini ditunda supaya pembentukan organisasi ini lebih sistematik sehingga dapat mengakomodir semua kepentingan dan kebutuhan warga Simanjuntak di seluruh Indonesia.

    Yang saya takutkan, jika MUBES ini tetap dipaksakan terlaksana, bukan kebaikan yang akan mendatangi keluarga besar Simanjuntak Sitolu Sada Ina, tetapi justru MUBES ini melahirkan perpecahan. Kalau terjadi perpecahan ini menjadi tanggungjawab siapa?

    Mauliate

  6. INILAH KITA ORANG BATAK YANG TELAH MEWARISI SIPAT KOMPENI
    BANYAK CERITA BANYAK PENIPUAN , BAGAI MANA MAU MAJU NEGARA INI MENGURUS URUSAN RUMAH TANGGANYA SAJA SUDAH PADA RIBUT
    HORAS MA NATUA TUA

  7. ada sekelompok orang yang taat menjalankan umpasa batak….hamoraon,hagabeon dohot hasangapon ido dilului na deba….deba nai lomo rohana dihasangapon….agar terhormat….dibilang orang hebat…prinsip pepatah dari minang yo kanan diorang lalu kanan diawak..(gak perlu pendapat saudara,yg penting tujuan kami berhasil).. walau mengorbankan uang….jadi harap maklum….pailaon!!!!

LEAVE A REPLY