|

Pesta Bona Taon 2011 dan Pengukuhan Pengurus GM-SSSI&BBI Siantar – Simalungun, Sukses!

JuntakNews (Siantar),

Kerja keras Panitia Pesta Bona Taon 2011 yang dimotori oleh Ketuannya Gotti Simanjuntak, Sekretaris Rudy Simanjuntak, SH dan Bendahara Burhan Sibarani, berbuah sukses.

Pesta Bona Taon yang dihadiri ribuan warga Simanjuntak Sitolu Sada Ina, baik yang berdomisili di Kota Pematang Siantar, Kabupaten Simalungun, maupun dari Balige, Sidikalang dan Medan berlangsung meriah dihiasi ratusan papan bunga ucapan selamat dari berbagai pihak.

Sejak pagi, Warga Simanjuntak Sitolu Sada Ina dengan berbagai moda transportasi tampak memasuki area pelaksanaan pesta. Di dalam gedung ber-AC yang mampu menampung undangan hingga 2000-an itu terlihat ditata sedemikian rupa yang membuat suasana nyaman, dengan warna kultur Batak yang khas dihiasi jejeran perangkat alat musik tradisional (Gondang Sabangunan) dan alat musik modern.

Jika tahun-tahun sebelumnya, dengan even yang sama, dilaksanakan di ruang terbuka, kali ini justru di International Convention Hall, salah satu gedung pertemuan terbaik di Kota Pematang Siantar. Suasana penuh persaudaraan terlihat sejak memasuki ruangan. Bersalaman, sun pipi kiri dan kanan, sebelum memutuskan dimana duduk.

Pembawa acara (master ceremony) yang khusus didatangkan dari Medan, tampil cantik dan elegan. Rince br. Simanjuntak yang dikenal luas sebagai salah seorang penyiar senior di TVRI Sumut, tampil dengan busana warna pink mempersilahkan Artis Batak dari Jakarta S’Tak Brothers untuk menghibur sambil menunggu acara dimulai.

Di atas podium berukuran 20 x 5 meter, terlihat spanduk besar bertuliskan “PESTA BONA TAON 2011″ dan “Thema : SI SADA LULU, SI SADA LUNGUN, SI SADA LASNIROHA”,  yang didominasi warna khas Batak, merah, hitam dan putih.

Ibadah Syukuran

Tepat pukul 10.00 wib, Acara Pesta Bona Taon dimulai. Diawali dengan pelaksanaan ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Sabar Simanjuntak, S.PAK. Deretan kaum ibu dengan kebaya seragam tampak penuh semangat me-leading lagu-lagu pujian yang diiringi musik.

Dalam khotbahnya, Pdt. Sabar Simanjuntak, S.PAK yang mengambil thema Si Sada Lulu – Lungun – Lasniroha yang merupakan isi Filipi 2 : 2-3, menekankan pentingnya membangun suasana sukacita dengan kemauan untuk sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa dan satu tujuan.

“Marga Simanjuntak, Boru, Bere dan Ibebere yang tergabung dalam GM-SSSI&BBI, seharusnya tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama daripada dirinya sendiri”, papar Sabar dalam khotbahnya.

Tampak di jajaran kursi depan Kol. Cba. Ganda Simanjuntak, S.Sos, penanggungjawab pelaksnaan Pesta Bona Taon, Fernando Simanjuntak, Ketua Umum GM-SSSI&BBI se-Dunia, Poltak Simanjuntak, Sekjen GM-SSSI&BBI se-Dunia, Letkol Ckm. Ricardo Simanjuntak, S.Sos, Mkes, PP-GM-SSSI&BBI, Ir. Saud Hanaikan Simanjuntak, Ketua PSSSI&B Kota Pematang Siantar, Gotti Simanjuntak, Ketua Panitia, dr. Jones Simanjuntak, Sekretaris Panitia, Unung Simanjuntak, SH, Ketua Cabang GM-SSSI&BBI terpilih, TB. Simanjuntak, SE, Ketua GM-SSSi&BBI Kota Medan, Pandapotan Simanjuntak, SH, Sekretaris Cabang GM-SSSI&BBI Kota Medan, Ir. Togar Simanjuntak, BPC GM-SSSI&BBI Kota Medan, Rudi Gold Simbolon, BPC GM-SSSI&BBI Kota Medan, Drs. Ramses Simanjuntak, Penasehat GM-SSSI&BBI Siantar Simalungun dan Ir. Daud Simanjuntak, Wakil Ketua II GM-SSSI&BBI Siantar – Simalungun.

Acara Tertunda

Seyogiannya, setelah ibadah, acara dilanjutkan dengan Ucara Nasional. Namun, mengetahui bahwa undangan dari pihak pemerintah Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun yang terlah berkoordinasi dengan panitia menyatakan akan datang namun terlambat, akhirnya disepakati untuk mengulur waktu menunggu kehadiran mereka.

Mengisi waktu yang kosong ini, S’Tak Brothers melantunkan beberapa tembang yang berhasil menghidupkan suasana. Para hadiri terlihat antusias dan terhibur yang selalu melontarkan teriakan di penghujung  setiap lagu, “Tambu…!”. Jadilah, saat menunggu berubah jadi suasana terhibur. Apalagi kepiawaian Agusto Simanjuntak, salah seorang personil S’Tak Brothers tampaknya teruji untuk menyelingi lagu dengan joke segar. Tepuk tangan dan gelak tawa, silih berganti, membuat suasana riuh rendah, dan sukacita.

Upacara Nasional

Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya rombongan Walikota Siantar dan Bupati Kabupaten Simalungun, memasuk ruangan. Tampak hadir Hulman Sitorus, SE Walikota Siantar berdampingan dengan Koni Ismail Siregar, Wakil Walikota yang diiringi beberapa orang pejabat Pemko Siantar dan Eliakim Simanjuntak. Bersamaan dengan mereka tampak hadir DR. J.R. Saragih, SH, MH Bupati Kabupaten Simalungun.

Sebagai organisasi kemasyarakatan yang berskala nasional dan internasional, GM-SSSI&BBI dalam setiap acara formalnya, selalu mengawali acara dengan Upacara Nasional, yaitu Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta.

Indonesia Raya, walau tanpa diiringi musik terdengar menggema dalam aula ini. Seluruh hadirin berdiri sikap sempurna mengikuti irama dirigen Berliana br. Simanjuntak, SPd.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur di medan pertempuran dalam merebut kemerdekaan Indonesia, marilah kita mengheningkan cipta sejenak. Mengheningkan Cipta, dimulai!”, pimpin Fernando Simanjuntak.

Upacara Organisasi

Sudah menjadi prosedur tetap, dalam setiap kegiatan formal GM-SSSI&BBI, diwajibkan untuk melaksanakan rangkaian acara organisasi diawali dengan menyanyikan Mars Simanjuntak, “Si Arum Na Met-met i” dan Pembacaan Pembukaan AD/ART GM-SSSI&BBI se-Dunia.

Drs. Rekson Simanjuntak, Ketua PSSSI&B Balige, didaulat untuk memimpin Mars Simanjuntak yang diiringi lantunan musik berirama mars.

Lima bait lagu mars terdengar dinyanyikan dinamis, penuh semangat, yang dilanjutkan dengan pembacaan teks Pembukaan AD/ART GM-SSSI&BBI oleh Koko Hot Batahan Simanjuntak, SH.

Poltak Simanjuntak, Sekjen GM-SSSI&BBI se-Dunia, selanjutnya membacakan Surat Keputusan Pengurus Pusat GM-SSSI&BBI No. : 010/SK/PP-GM-SSSI-BBI/II/2011, tentang PENETAPAN BADAN PENGURUS CABANG GM-SSSI/BBI SIANTAR – SIMALUNGUN PERIODE 2011 – 2016 dan lampirannya berupa nama-nama Pengurus Cabang.

Nama-nama Pengurus Cabang yang dibacakan dan diminta untuk hadir ke podium, antara lain Ketua Cabang Unung Simanjuntak, SH, Sekretaris Cabang dr. Jones Simanjuntak, Bendahara Burhan Sibarani, dengan 6 orang Wakil Ketua, antara lain : Gonti Simanjuntak, Ir. Daud Simanjuntak, Drs. R. Sudirman Simanjuntak, Marthin Onruso Simanjuntak, SH, Koko Hotbatahan Simanjuntak dan Suryati br. Simanjuntak. Di jajaran wakil sekretaris, antara lain : Rudy Simanjuntak, SH, Manusun Simanjuntak dan Berliana Simanjuntak, SPd. Sedangkan Wakil Bendahara Rudi Panjaitan, SH.

Setelah seluruh Badan Pengurus Harian GM-SSSI&BBI Siantar Simalungun menempati posisi di podium, Fernando Simanjuntak, SH, Ketua Umum GM-SSSI&BBI se-Dunia diminta untuk melantik.

Ketua Umum GM-SSSI&BBI se-Dunia, didampingi oleh Sekretaris Jenderal dan para penasehat, melantik dan mendengar ikrar Pengurus Cabang. Dengan berakhirnya pelantikan, maka secara resmi Badan Pengurus Cabang GM-SSSI&BBI Siantar – Simalungun sudah sah dan diharapkan dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan berdasarkan kebutuhan angota-anggotanya.

Tampak hadir para penasehat antara lain Ir. Saud Hanaikan Simanjuntak, Kol. Cba. Ganda Simanjuntak, S.Sos,Eliakim Simanjuntak, Ir. Reinward Simanjuntak, MM, Ir. Rupinus Simanjuntak, MAP, Leonardo Simanjuntak, SH, M.Hum, Drs. Ramses Simanjuntak, Pangihutan Simanjuntak, Pieter Nadeak, Drs. Oberlin Hutagaol, MM, Toni Simanjuntak, Anggiat Simanjuntak, Herowhin Sinaga, AP,  M.Si dan Kristin Novelinda br. Simanjuntak,

Seyogianya, dilanjutkan dengan pelantikan Pengurus Bidang-bidang dan Pengurus Kecamatan akan tetapi merespon permintaan undangan terutama kalangan pejabat Pemko Siantar dan Kabupaten Simalungun untuk mendahulukan acara yang melibatkan mereka, maka dilakukan penyesuaian jadual acara dengan mendahulukan kata-kata sambutan.

Kata sambutan pertama oleh Ir. Saud Hanaikan Simanjuntak Ketua PSSSI&B Kota Pematang Siantar dan salah seorang penasehat GM-SSSI&BBI Siantar – Simalungun. Dalam kata sambutannya, Saud mengucapkan terimakasih kepada panitia dan kepada jajaran pemerintah Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun, seraya mengharapkan Pengurus Cabang GM-SSSI&BBI Siantar – Simalungun dapat memulai kiprahnya lewat karya nyata.

Walikota Siantar Hulman Sitorus, SE yang menyampaikan kata sambutan mengatakan bahwa sebagai salah satu marga terbesar di Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun, Simanjuntak sudah saatnya untuk meningkatkan perannya dalam pembangunan lewat kegiatan-kegiatan yang positif dan konstruktif.

“Saya sebagai walikota, melihat potensi Simanjuntak cukup besar, dan hal ini saya buktikan bahwa dalam kepemimpinan sekaran ini, saya melibatkan begitu banyak yang bermarga Simanjuntak, dan lewat sahabat karib saya Eliakim Simanjuntak, saya menaruh perhatian khusus terhadap marga ini”, kata Hulman yang disambut tepuk tangan ribuan undangan yang hadir.

Usai menyampaikan kata sambutan, Hulman “mencuri” kesempatan dengan memberi isyarat bahwa dirinya mau menyumbangkan lagu. Komplit, lagu Batak, Lagu Pop Indonesia dan Lagu Barat, dibawakannya dengan piawai yang mengundang decak kagum seluruh hadirin.

Mengakhiri kata sambutan dan hiburan yang dibawakannya, Hulman menyatakan menyampaikan sumbangan pribadinya sebesar Rp. 20 Juta yang diserahkannya kepada Panitia Pesta Bona Taon.

Jika Hulman tampil membuat suasana ramai, Dr. JR. Saragih, SH, MH, justru tampil tenang dan elegan. Bupati Kabupaten Simalungun yang khusus hadir ke Siantar menghadiri Pesta Bona Taon GM-SSSI&BBI ini, menyampaikan kata sambutan yang dapat menciptakan suasana persaudaraan dan saling mendukung.

“Pada saat saya mengikuti Pilkada di Kabupaten Simalungun, salah satu kelompok marga, lewat GM-SSSI&BBI, saya mendapat dukungan secara terbuka”, katanya.

Sepertinya, dukungan yang disampaikan oleh PP GM-SSSI&BBI se-Dunia terhadap pemenangan JR. Saragih, memberi kesan yang baik dan momen ini pula yang digunakannya untuk mengucapkan terimakasih.

“Saya menyumbangkan secara pribadi 20 juta rupaih. Mohon jangan melihat dari kecil besarnyan sumbangan ini, tetapi itu merupakan ikatan tali persaudaraan daya dengan Marga Simanjuntak di Kabupaten Simalungun, maupun di Kota Siantar ini”, katanya yang disambut tepuk tangan riuh dari hadirin.

Walau telah didahului para undangan untuk menyampaikan kata sambutan, Ketua Panitia Gotti Simanjuntak yang seharusnya mengawali Kata Sambutan berupa Laporan Panitia, akhirnya menyampaikan laporannya.

Gotti, menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang berpartisipasi, berkontribusi, sehingga acara Pesta Bona Taon dapat terlaksana dengan baik. Sekaligus, dalam kesempatan ini, dirinya menyampaikan permintaan maaf atas segala kekurangan, alpa dan kesalahan panitia.

Makan Bersama

Walau sudah terlambat dari jadual yang ditentukan panitia, namun suasana yang tercipta membuat para undangan tidak terlalu merisaukan soal makan. Panitia melayani seluruh undangan dengan mendistribusikan nasi kotak yang menurut panitia disediakan sebanyak 1.500 kotak.

Sambil diiringi hiburan dari S’Tak Brothers, seluruh undangan tampak menikmati hidangan nasi kotak sebagai pelepas lapar dan dahaga yang mulai menjalari tubuh.

Pelantikan Pengurus Bidang dan Pengurus Kecamatan

Secara berturut-turut, dilaksanakan 2 (dua) prosesi pelantikan oleh Badan Pengurus Harian GM-SSSI&BBI Siantar – Simalungun yang baru dilantik.

Sekretaris Cabang dr. Jones Sianjuntak, membacakan SK  No. :  001/BPC/SS/GM-SSSI-BBI/II/2011, tentang : PENETAPAN BIDANG-BIDANG PENGURUS CABANG GM-SSSI/BBI SIANTAR – SIMALUNGUN PERIODE 2011 – 2016, berikut susunan pengurus bidang yang terdiri dari 16 Bidang yang masing-masing di pimpin oleh 1 (satu) Ketua Bidang dengan jumlah keseluruhan anggota bidang 64 orang.

Didampingi Sekretaris Cabang dan jajaran Pengurus Harian, Ketua Cabang melantik Pengurus Bidang, setelah terlebih dahulu mendengarkan pernyataan sikap dan ikrar mereka. Dengan demikian, Badan Pengurus Cabang GM-SSSI&BBI Siantar – Simalungun sudah lengkap memiliki struktur hingga bidang-bidang.

Selanjutnya dilaksanakan pelantikan Pengurus Kecamatan. Sekretaris Cabang, dr. Jones Simanjuntak, kembali membacakan No. :  003/BPC/SS/GM-SSSI-BBI/II/2011, tentang PENETAPAN PENGURUS KECAMATAN  GM-SSSI/BBI SIANTAR – SIMALUNGUN PERIODE 2011 – 2016, berikut susunan kepengurusannya yang terdiri dari 8 (delapan) kecamatan di Kota Pematang Siantar dan 10 Kecamatan di Kabupaten Simalungun, dimana masing-masing kecamatan mempunyai ketua, sekretaris dan bendahara.

Ketua Cabang Unung Simanjuntak, melantik secara resmi seluruh Pengurus Kecamatan baik Kota Pematang Siantar, maupun Kabupaten Simalungun.

Lelang, Sumbangan dan Hiburan

Diselingi hiburan yang dilaksanakan lelang sebagai upaya pengumpulan dana untuk menutupi biaya pelaksanaan Pesta Bona Taon dan dan awal bagi Pengurus Cabang GM-SSSI&BBI Siantar – Simalungun.
Lewat lelang yang terdiri dari 20 unit ulos Batak yang dibordir secara khusus bertuliskan Pesta Bona Taon 2011 GM-SSSI&BBI Siantar Simalungun, panitia berhasil mengumpulkan dana. Selain ulos, juga ada paket buah, paket makanan dan 2 (dua) unit foto tugu Sobosihon br. Sihotang yang diprint di atas kanvas dan diberi frame.

Pemenang lelang pertama foto tugu, adalah dr. Jones Simanjuntak dengan jumlah lelang Rp. 5.100.000,- sedangkan lelang ke-2, oleh Kol. Cba. Ganda Simanjuntak sebesar Rp. 7.500.000,- yang disumbangkannya kepada seorang br. Sihotang yang hadir bersama rombongan Tulang Sihotang.

Secara keseluruhan, panitia berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 102.850.000,- (Seratus Dua Juta, Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah). Melihat jumlah ini, sepertinya, panitia surplus, sebab diketahui dari rapat koordinasi terkahir panitia, bahwa kebutuhan pesta sebesar kurang lebih 70 juta-an.

Di samping itu, diketahui bahwa GM-SSSI&BBI Siantar – Simalungun, juga menerima sumbangan seperangkat alat musik tradisional dan alat musik band set dari Kel. dr. Jones Simanjuntak, yang juga dipajangkan dan dipergunakan mendukung Pesta Bona Taon ini.

Suasana terhibur tampak semakin terasa ketika pelawak Siantar tampil mengocok perut seluruh peserta.

Lucky Draw

Hingga akhir acara, tampak undangan masih tetap antusias mengikuti acara. Entah berkaitan dengan hiburan yang disuguhkan, atau karena menunggu pengundian lucky draw.

Sejumlah barang tampak dipajang di sisi kiri panggung, yang terdiri dari strika electrik, thermos elektrik, payung, rice cooker, tv dan kulkas yang satu persatu diserahkan kepada pemenang lucky draw.

Khusus pengadaan barang untuk lucky draw, panitia menginformasikan berasal dari sumbangan keluarga dr. Jones Simanjuntak.

Penutupan

Mengakhiri seluruh rangkaian kegiatan Pesta Bona Taon yang berakhir hingga pukul 17.30 wib itu, dilaksanakan ibadah penutupan, berupa nyanyian dan doa penutup yang dipimpin oleh Pdt. Sabar Simanjuntak, S.PAK.

Pesta Bona Taon berakhir, Badan Pengurus GM-SSSI&BBi Siantar – Simalungun sudah dilantik, tinggal menunggu kiprahnya di Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun.

Kiranya Tuhan, memberi kekuatan untuk mewujudkan Simanjuntak Sitolu Sada Ina, Boru, Bere dan Ibebere yang Si Sada Lulu, Si Sada Lungun, Si Sada Lasniroha… Horas!

  • Jhon Andrews Simanjuntak

    Puji dan Syukur buat Tuhan karena Pesta Bona Taon berakhir dengan baik..
    selamat buat Badan Pengurus GM-SSSI&BBi Siantar – Simalungun yang sudah dilantik,

    Mudah-mudahan dengan adanya punguan kita, kita dapat menggalangkan kasih sayang terhadap sesama terlebih di antara simanjuntak..
    mudah2an kita selalu memancarkan kebenaran..
    sehingga menjadi contoh bagi orang lain..

    March 01 2011
    CommentsLike
    • Juliansen simanjuntak

      selamat untuk panitia Simanjuntak seluruh alam semesta
      inilah versi modern menggalang masa untuk memperkuat orang2 di Pilkada, Persatuan/Lembaga Simanjuntak sedunia, seindonesia, sekota, se kabupaten tidak ada gunanya, hanya untuk kumpul2 masa saja, murah deh ditebak…!

      February 24 2011
      CommentsLike

      • Koreksi diterima…

        February 21 2011
        CommentsLike
        • Pulo Simanjuntak

          BRAVO GM-SSSI/BBI…

          Horas bapa uda…
          Ada sedikit ralat, untuk Sekretaris Panitia Pesta Bona Taon bukan dr. Jones Simanjuntak, melainkan Rudy Simanjuntak, SH.

          Horas…!!!

          Pulo Simanjuntak ( Sitombuk Pande Aek 14 ).

          February 16 2011
          CommentsLike


          Recently Commented