Aksi Sosial Tali Kasih Tahun Baru, Djuanda Andri Banurea, SE

0
260

Politisi menemui konstituennya saat momen pemilu, sangatlah wajar dan biasa. Namun, jika kunjungan dilakukan di hari biasa, apalagi jauh dari waktu pelaksanaan pesta demokrasi, tentu hal langka.

Djuanda Andri Banurea, yang sudah 2 (dua) periode duduk sebagai anggota DPRD di Kabupaten Pakpak Bharat, sepertinya salah satu di antara politisi yang ingin menunjukkan performanya sebagai politisi yang berjiwa negarawan.

Bertemu dengan rakyat, tidak dilakukan hanya ketika kampanye. Upaya merawat komunikasi dengan rakyat dilakukannya secara sengaja.

“Menemui rakyat, berkomunikasi intensif dengan mereka, merupakan suatu kewajiban sosial dan moral, jika mau mengetahui dinamika kehidupan mereka. Lewat pertemuan non-formal dengan rakyat, saya dapat merasakan dinamika mereka”, jelas Djuanda yang ditemui baru-baru ini di Salak.

Aksi Sosial berupa kunjungan ke desa-desa di Kabupaten Pakpak Bharat dan ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Sidikalang, dilakukan pada momen tertentu seperi hari Raya Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru.

“Membagi rejeki dan berkat bagi saudara-saudara yang membutuhkan merupakan motivasi dasar pelaksanaan aksi sosial ini”, kata Djuanda yang saat ini dipercaya sebagai Wakil Bendahara DPP GM-SSSI&BBI.

Mengakhiri tahun 2010, Djuanda melaksanakan serangkaian kegiatan sosial, berupa pembagian paket Tahun Baru yang disebutnya sebagai jalinan tali kasih. Di tiga kecamatan yang terdiri dari 13 desa di Kabupaten Pakpak Bharat, dilakukan pembagian paket tahun baru kepada warga yang membutuhkan.

“Setiap kunjungan saya ke desa-desa di Kabupaten Pakpak Bharat, selalu disambut penuh sukacita oleh warga, yang dengan antusias menerima bingkisan akhir tahun”.

Di tengah kesulitan ekonomi, apalagi menjelang perayaan Tahun Baru, warga masyarakat di pedesaan Kabupaten Pakpak Bharat, dapat sedikit terbantu dengan paket tali kasih.

“Seyogianya gerakan seperti ini dapat diikuti oleh kawan-kawan anggota legislatif dan pejabat daerah di Kabupaten Pakpak Bharat ini”, harap Djuanda.

Kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan Tidak hanya melakukan kunjungan ke desa-desa, Djuanda yang dikenal luas sebagai Anggota DPRD Kabupaten Pakpak Bharat, juga melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Sidikalang. Anggota masyarakat yang berasal dari Kabupaten Pakpak Bharat yang menghadapi persoalan hukum dan menjadi warga LP, juga mendapat perhatian khusus Djuanda.

Di akhir tahun 2010, LP Sidikalang menerima kunjungan Djuanda Banurea, khususnya warga Kabupaten Pakpak Bharat.

“Mereka yang saat ini mendekam di LP Sidikalang berjumlah 22 orang dan mereka menerima kunjungan ini sebagai hadiah akhir tahun yang sedikit mengurangi beban mereka”, tegas Djuanda.

Japaham Sinaga Wakil Kepala LP Sidikalang yang memberi izin kunjungan silaturahmi inipun turut berbaur dengan warga LP bertemu dengan Djuanda dalam kunjungannya (28/12) di LP Sidikalang. Selain menyampaikan wejangan, Djuanda menyempatkan diri menyerahkan bingkisan tali kasih Tahun Baru kepada ke-22 penghuni LP ini.

“Sangat membanggakan dan mengharukan, ketika penghuni LP mengucapkan terimakasih dan harapan-harapannya, agar pelayanan mereka sebagai warga LP semakin ditingkatkan di tahun-tahun mendatang. Tentu, harapan ini akan saya salurkan ke pihak-pihak terkait sehingga seluruh warga LP mendapat penyadaran dan persiapan, jika akan kembali masuk ke tengah-tengah masyarakat pasca menyelesaikan masa penahanan mereka”, jelas Djuanda yang memperistrikan Siti br. Simanjuntak ini.

Konsistensi Djuanda sebagai insan politik dan insan sosial, tentu patut mendapat apresiasi dan layak untuk diikuti oleh pihak-pihak yang memiliki posisi dan kemampuan dalam berbakti bagi rakyat. Selamat!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY