Panitia Pesta Bona Taon 2009 PSSSI&B Medan, Rencanakan Kunjungan Ke Situs Tugu Sobosihon di Balige

9
675

* Perbaikan Fasilitas Sekitar Tugu Sudah Waktunya

JuntakNews (Balige),

Panitia Pesta Bona Taon 2009 PSSSI&B Kota Medan akan melaksanakan kunjungan ke Situs Tugu Sobosihon si Desa Hutabulu, Balige hari ini Jumat (24/04). Kunjungan ini merupakan rangkaian perayaan Pesta Bona Taon 2009 yang acara puncaknya telah dilaksanakan 14 Pebruari 2009 yang lalu. Selain melaksanakan Bakti Sosial berupa Pengobatan Gratis dan Pembagian Sembako, juga direncanakan Bedah Lingkungan yang pelaksanaannya tertunda.

Menurut Rudyard Simanjuntak, Ketua Panitia PBT 2009, kepada JuntakNews, “kegiatan ini merupakan keharusan sebab sudah direncanakan sebelumnya. Panitia, telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 10 Juta yang diperuntukkan guna peningkatan kualitas lingkungan Tugu Sobosihon di Balige”, jelasnya.

Rencana ini mendapat dukungan kuat dari Kolonel Cba Ganda Simanjuntak, yang sejak dulu selalu memberikan perhatian dalam perawatan kawasan tugu tersebut. “Setiap tahun, minimal 4 (empat) kali saya dengan anggota saya melakukan kerja bakti di kawasan tugu. Hal ini saya lakukan sebagai bentuk kecintaan saya terhadap Marga Simanjuntak sebagai pemilik tugu itu. Jika, semua orang tidak memperhatikannya, tentu kita bisa kehilangan sejarah”, ungkapnya.

Selain personalia panitia yang terdiri dari Rudyard Simanjuntak— Ketua, Mayor CKM Ricardo Simanjuntak, MKes–Sekretaris, Poltak Simanjuntak–Wakil Sekretaris, Edyson Simanjuntak dan Ir. Togar Simanjuntak, kunjungan ini akan diikuti oleh Pengurus GM-PSSSI&BBI Cabang Medan P.M. Pandapotan Simanjuntak–Sekretaris Cabang, Pengurus Pusat GM-PSSSI&BBI, Fernando Simanjuntak–Ketua Umum dan Bungaran Simanjuntak–Sekretaris III, serta salah seorang penasehat GM-PSSSI&BBI, Kolonel Cba Ganda Simanjuntak.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan Pengurus PSSSI&B di Balige agar bisa bersama-sama untuk memutuskan apa yang terbaik dilakasanakan di kawasan tugu itu dengan keterbatasan dana panitia”, kata Rudyard.

“Kami berharap, kegiatan ini hanya sebagai motivasi awal kepada seluruh Pomparan Simanjuntak Sitolu Sada Ina, Boru, Bere dan Ibebere, agar bersedia meluangkan waktu, pemikiran, dana dan tenaga dalam meingkatkan fungsi situs bersejarah itu di masa mendatang”, tambah Rudyard.

9 COMMENTS

  1. Himbauan atau PR untuk kita semua Keturunan Simanjuntak Tubu Sobosihon Sihotang (Sigudang Ulu) yang sudah tersebar di seluruh Dunia pada bulan Juli 2008 saya berkunjung keTugu Kebanggaan kita tetapi saya bingun untuk mecari tempat penginapan. maka saya memberi ide supaya simanjuntak dapat membuat tempat penginapa atau mess dekat dengan tugu tersebut. mauliate

  2. Horas,
    Terlebih dahulu saya mengucapkan selamat dan terimakasih kepada Panitia, pengurus dan anggota PSSSI&B Medan, atas berlangsung dan suksesnya pesta bona taon 2009 tanggal 14 Pebruari 2009 yang lalu.
    Secara khusus buat Oppung Kolonel Cba Ganda Simanjuntak, yang selalu memberikan perhatian dalam perawatan kawasan tugu Oppung Sobosihon boru Sihotang. Saya sendiri beberapa kali ikut menyaksikan langsung di lokasi bahwa beliau bersama anggotanya melakukan kerja bakti di kawasan tugu.
    Hal ini lah yang memotivasi saya untuk menuliskan suatu konsep pemikiran bagaimana kita dapat membangun “tugu namangolu” dikawasan tambak Oppung Sobosihon boru Sihotang tersebut.
    Kalau boleh saya menyarankan dan sudah saatnya pomparan Sobosihon boru Sihotang dapat melakukan suatu aksi nyata pembangunan sebagai berikut:
    1.Merehabilitasi mual yang berada persis di depan tambak(saat ini
    sudah kering)karena sesuatu dan lain hal. Gambar dan rencana
    bangunan sudah pernah kami buat
    2.Melepas tanah pertapakan di depan tambak yang dimiliki oleh
    2 keluarga Yakni amangboru kita Saragi dan Amangboru
    Tambunan, hal ini sudah pernah kami bicarakan, keluarga
    Tambunan bersedia melepas dengan ganti rugi yang pantas.
    3.Jika tanah telah dilepas kita dapat membangun suatu “sopo
    mangulon” layak huni yang tujuannya jika pomparan Sobosihon boru
    Sihotang datang Ziarah baik pagi siang atau sore atau malam dapat
    istirahat bahkan menginap di sopo mangulon dimaksud.
    Masih ada lagi program berikutnya yang dapat diperbuat oleh Pomparan Sobosihon boru Sihotang di kawasan tambak tersebut, kalau kita sepakat seperti membangun gedung Pendidikan dan ketrampilan ke depan sebagai pertanda kecintaan kita bersama.
    Semoga tercipta “Mimpi jadi kenyataan”
    Sai dipaisorangkon Tuhanta ma di hita pomparan ni Sobosihon boru Sihotang “Anak sibulang-bulangan dohot boru na boi paulaean”
    Mauliate. Rekson Simanjuntak,Mdp.17 Jl.Tarutung I No.31 Komp.GMI Hinalang Balige email: reksim@yahoo.co.id

  3. Mauliate, Oppung Biller Simanjuntak
    Jam yang sama kita mengetik himbauan ini, semoga terwujud ya, molo ro tu Balige singgah di jabu da. Horas

  4. Nadi bulan Desember 2008 na salpu, ahu dohot keluarga meluangkan waktu mengitari Danau Toba, start sian Parapat Porsea Laguboti Balige Siborong-borong Tarutung Doloksanggul Sitinjo Sidikalang Merek.
    Dipardalanan sai rajin do siampudan ku manjaha angka tugu na adong di pinggir dalan, sian mulai sian Porsea sahat tu Dolok Sanggul a.l. Tugu ni marga Tambunan, Aruan, Panjaitan, Hutapea, Tuan Sihubil dll.
    Sada sungkun-sungkun na so taralusi au sahat tu sadari on ima :
    kalau tugu marga Simanjuntak dimana Pak (kebetulan anak hu siampudan baru marumur 8 taon).
    Boha do alusta taringot tusi.
    Mauliate

  5. horas!

    ke Balige..uhh mau donk ikut,lihat tugu, setelah itu nginep di Hotel Op Herti.. Di tepi Tao, trus ngopi2…wah senangnya……

    moga2 dapat oleh2 bisa lihat di web ini setelah kunjungannya…

    horas

  6. Horas.!
    saya ingin bertanya, apakah Bapak Kolonel Cba Ganda Simanjuntak merupakan ex Palembang ?
    dan istri br. Lumban Gaol ?

    mauliate.

  7. apakah belum ada rencana untuk mengadakan pertemuan seluruh simanjuntak PSSI-B se-dunia seperti yang telah dilakukan oleh beberapa marga yang lainnya???

LEAVE A REPLY