PSSSI&B Dairi – Pakpak Bharat Berangkatkan Caleg DPR-RI Irjen Pol (P) Drs. Thamrin Simanjuntak, MSc, MM

6
1133

JuntakNews (Sidikalang),

Pemilu legislatif semakin mendekat, para calon legislatifpun semakin meningkatkan upaya penggalangan pemilih. Tidak cukup hanya menebar poster, spanduk, baliho dan kartu nama, para caleg pun mulai melirik kelompok-kelompok yang potensial menjadi pendukung, salah satunya kelompok atau organisasi marga.

Irjen Pol (Purn) Drs. Hulman Thamrin Simanjuntak, MM, MSc, calon legislatif DPR-RI dari Daerah Pemilihan Sumut III yang mencakup 10 Kabupaten/Kota di Propinsi Sumatera Utara, sepertinya sadar betul dengan potensi organisasi marga ini. Faktor kekerabatan dalam lingkup komunitas Batak, sepertinyadapat dijadikan seagai pintu masuk (entry point), untuk berkomunikasi dengan kelompok marga, termasuk komunikasi politik diantaranya.

Di sisi pengurus organisasi marga juga terlihat respon yang cukup tinggi, menerima dan membuka pintu bagi para calon legislatif tanpa melihat perbedaan partai. Yang penting si caleg termasuk dalam lingkaran kekerabatannya. Jika tidak alasan semarga, bisa masuk dari sisi marga istri (sebagai “boru atau hela”), atau dari sisi marga ibu yang melahirkan si caleg (sebagai “bere”), bahkan dari marga ibu yang melahirkan ayahnya si caleg. Tentu, perpaduan marga-marga dari sisi yang berbeda itu jika dapat sekaligus akan lebih baik. Artinya, komunikasi politik dapat dilakukan sekaligus. Sekali dayung, dua, tiga pulau terlampaui.

Fenomena caleg “lapor” ke basis marga yang melingkupinya sepertinya menjadi trend yang dilakukan hampir semua marga, minimal di Sumut. Soal pendekatan seperti ini baik atau tidak, tentu membutuhkan studi dan analisa pembuktian pasca pemilu.

Simak saja pendapat Ketua PSSSI&B Kabupaten Dairi/Pakpak Bharat menyikapi keinginan Irjen Pol (Purn) Drs. Hulman Thamrin Simanjuntak, MM, MSc, untuk dipertemukan dengan kalangan semarganya dan perwakilan marga-marga yang berkaitan dengan dirinya. “Sebagai pengurus organisasi marga Simanjuntak, saya menyambut baik keinginan beliau untuk memperkenalkan diri dan meminta doa restu dari sesamanya marga Simanjuntak. Bahkan, kami bersedia menjadi fasilitator pertemuan itu dan mengundang kelompok marga lain yang berkaitan dengan Thamrin”, kata Jongkas Simanjuntak. Pembicaraan ini berlangsung ketika JuntakNews menemui Jongkas Simanjuntak di Kediaman Saut Simanjuntak, SH di Jl. Pelita Sidikalang (26/02).

Pendapat yang tidak jauh berbeda juga meluncur dari Sultan Simanjuntak yang saat ini menduduki jabatan sebagai Ketua Cabang GM-PSSSI&BBI Kabupaten Dairi/Pakpak Bharat. “GM-PSSSI&BBI memiliki prinsip non-partisan, artinya tidak mau terikat dengan salah satu kekuatan partai politik, namun dalam hal mendukung Marga Simanjuntak, Boru, Bere dan Ibebere yang maju dalam kancah politik, kami akan memposisikan diri sebagai pendukung aktif. Selain bersedia menjadi pemilih, juga akan berupaya mengajak orang lain untuk ikut mendukung dan memilih”, katanya semangat.

Sepertinya, stas dasar kesadaran ini pulalah, PSSSI&B Kabupaten Dairi dan Pakpak Bharat memfasilitasi temu ramah dengan Irjen Pol (Purn) Drs. Hulman Thamrin Simanjuntak, MM, MSc, sang pensiunan polisi yang sudah 3 (tiga) kali menjabat sebagai Kapolres di 3 (tiga) kabupaten di Propinsi Sumatera Utara ini.

Acara Pemberangkatan Sukses

Dilaksanakan di Balai Budaya Sidikalang, persis bersebelahan dengan Rumah Dinas Bupati Kabupaten Dairi–Jl. Sisingamangaraja Sidikalang, acara pemberangkatan Irjen Pol (Purn) Drs. Hulman Thamrin Simanjuntak, MM, MSc sebagai caleg terkesan serius dan meriah.

Sejak pagi pukul 09.00 Wib, para undangan dari berbagai utusan marga, yaitu Marga Simanjuntak Sitolu Sada Ina dan Boru, Marga Marpaung sebagai Tulang, Marga Hutapea sebagai Hula-hula dan Marga Sihotang sebagai Tulang yang kerap disebut sebagai  “Mata Ni Ari Binsar”, bahkan pejabat Kabupaten Dairi, seperti Kapolres Dairi dan Kajari Sidikalang, tampak sudah bersiap-siap memasuki gedung pertemuan. Dari perkiraan kasar, jumlah undangan mencapai 500 orang.

Di bagian depan gedung pertemuan terlihat dengan jelas dan kontras, sebuah back drop berukuran 3 x 4 meter berlatarbelakang foto diri Irjen Pol (Purn) Drs. Hulman Thamrin Simanjuntak, MM, MSc yang didominasi warna orange, warna khas Partai Pemuda Indonesia (PPI) dengan tulisan : “Mohon Doa Restu dan Dukungan”, “Rantos Na Do Tajom Na, Rim Ni Tahi do Gigi Na” dan “Si Sada Lulu, Si Sada Lungun, Si Sada Las Ni Roha”.

Diawali dengan kebaktian singkat yang dipimpin oleh Bibelvrow br. Simanjuntak dan Doa oleh Tulang Sihotang, acara pertemuan berlangsung hikmat dan bersahaja. Perkenalan dari Irjen Pol (Purn) Drs. Hulman Thamrin Simanjuntak, MM, MSc beserta Istri br. Hutapea berlangsung penuh kekeluargaan yang kadang ditimpali tawa dan tepuk tangan meriah. Pada saat perkenalan ini juga, Thamrin dan istri meminta restu dan dukungan kepada seluruh undangan.

Merespon permintaan Thamrin dan Istri, hampir seluruh perwakilan marga yang hadir menyatakan kesediaannya mendukung dan memilih Thamrin dalam Pemilu April 2009 mendatang. Hampir semua perwakilan marga yang hadir mengharapkan agar Thamrin berhasil merebut 1 (satu) kursi di DPR-RI.

Acara semakin hangat ketika 2 (dua) artis cilik Kota Sidikalang, Angel dan Rio Simanjuntak menunjukkan kepiawaiannya dalam tarik suara. Termasuk, kepiawaian mereka berdua dalam membawakan lagu Mars Simanjuntak “Siarum Na Met-met i” yang diikuti oleh seluruh undangan dengan semangat.

Doa sudah dilambungkan, harapan sudah ditiupkan, dukungan sudah direstui, lagu sudah dikumandangkan, tinggal menunggu waktu, hasil akhirnya seperti apa? Semoga…

6 COMMENTS

  1. Semoga Saudara kami Hulman Thamrin Simanjuntak terpilih menjadi anggota Dewan, asa boi pamajuhon Bona Pasogit ta di ari na mangihut….

  2. Semoga sukses dalam pemilihan caleg DPR RI Irjen Pol (Purn) Drs. Hulman Thamrin Simanjuntak, MM, MSc.

    Mardalan sian sibuluan sahat tu tapahan molo naeng tampil jadi anggota dewan ikkon gomos iba martangiang tu Tuhan.

    Tuhan Memberkati

    Margaretha Simanjutak
    Kabanjahe-Jakarta.

  3. GO simanjuntak GO…..!!

    sian suan suanan na ramos do dapoton parbue na hasea jala toras, asing siani…. lapung doi.

    molo bapatua on, sada sian naung nimiahan sian bangso batak, andorang so godang dope jolma mandai hamajuon i, alai molo ibana nungnga ditopa sian hamaolon i, jala sahat do ujung na.

    selamat berjuang bapatua, semoga tidak capai dan bosan dengan perjuangan selama ini.

    saya akan merasa aman menjadi warga negara jika nanti melihat ada wakil saya yang mengerti terhadap kinerja aparat negara, agar mereka tidak semena mena memperlakukan saya.

    salam juntak!

LEAVE A REPLY