HELP! me -vs- parsuratan

20
549

help dooonnnkkkk …

aduhhh … pusing aku niiihhh …

dikantor ku ada simanjuntak parsuratan, sudah join dengan kami sekitaran 4 tahun deh … pertama kenalan aku langsung tanya, ‘simanjuntak apa pak?’ eh dia gak jawab and gak nerusin, malah senyum2 doank, langsung deh aku tau ‘ooohhh’ gitu doank …

nah, untungnya dia ditempatkan dilaen ruangan, tp terkadang dia juga datang2 ke meja ku tuk sekedar minta tanda tangan atau pun ganggu2 iseng gak jelas, tapi tetep hanya sebatas itu aku ladenin, selebihnya gak, secara dia usil and annoying banget orang nya …

sekarang niiiihhhh … setelah kantor ku rada renovasi sedikit, eeehh dia malah 1 ruangan ma aku, and duduk nya diagonal hadap2an ma aku … ! aduuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhhhh … heeelllpppp … ! apa yg harus ku lakukan … ??!! selama weekend kmrn tuh aku gak tenang, sampe2 berpikir, kalo pun ada jimat2 leluhur yg harus ku beli atau ku pakai, ku beli beneran deeehhh … tp khaaannnn … lagi lagi aku berpikir itu bertentangan dengan agama ku yaaa … gimana doooonnnkkk … adduuuhhhh … pusing beneran aku niiihhhhh …

secara tidak sadar, memang many bad things happend since he join to my company, apa itu karena perseteruan antara kami simanjuntak? entah laahhh … tp bos ku tidak pernah menganggap hal hal seperti ini …

lalu, merujuk pada tulisan ku dibawah ini, pelaku dari yg berantakin file2 ku itu adalah yaa dia itu, si juntak parsuratan ituuu … baca deh tuk bagian yg sedikit marah terkesan nya berikut ini …

pagi
terpaksa bangun lebih cepat 1 jam dari biasa nya
nungguin dokumen yg seharus nya siap di jam 07.30, eeehh malah molor ampe jam 08.30
walhasil im in rush, nyambung naek motor deh, tiba nyaris 5 menit lagi disqualified deh

siang
nyampe ktr, baru ngeh kalo ternyata ada BIG MISTAKE dari kerjaan yg di pagi hari tadi, mampus deh
due to office renovation, reminder tuk packing things on table and semuahan dokumen related
after lunch time, temen2 sekantor grasak grusuk paradehon meja nabe
padahal disitu gw lagi pusing pusing nya krn BIG MISTAKE yg tadi
ok lah, out office dulu deh, liat2 orang berseliweran sekalian beli tali rafia buat iket dokumen and odner, bukan buat bunuh diri, dosa
balik kantor, WHAT ???!!! odner gw yg dari lemari khusus gw udah berserakan !!! bertaburan dengan posisi keq habis di mutilasi
something that they don’t even remember about me is, I REALLY DON’T LIKE MY THINGS BEING REMOVED WITHOUT MY NOTICE

pusing gw yg tadi nya dah rada reda karna ketemu orang orang di sekitaran gedung ktr, balik lagi !

sore
dengan muka marsuhi suhi, gw starting tuk packing all my things yg di meja gw AJA
ogah bgt gw rapiin odner odner gw yg udah bergaya bebas di ruangan nya, MALAS
dengan rapih nya mereka sudah menempatkan file file mereka di lemari gw yg sebelum nya itu, HEBAT
and membiarkan odner odner gw begitu ajaaaa … HEBAT BANGET

time to go home, actually … hope this mood would flush away before i meet my lovely little chubby annoying smart boy …

aaahhhhh … GOD forgive me laaa yaaa … really sorry …

20 COMMENTS

  1. Hi Chissy,
    Let me know! What ay call you Namboru or Ito!
    Aku turut prihatin atas kegelisahan mu!
    Aku punya kiat dan ini pepatah orang tua bahwa kita tidak bermusuhan dengan Hahadoli Parsuratan melainkan tidak sa-paradaton ( Kejadian 13: 8-9) so tidak perlu cemas dengan mitos atau ceritera2 yang pernah kita dengar.
    Sekali lagi jangan ter obsesi dengan “versus” Do It your Job Desk and “A shoulder to cry on is YESUS CHRIST”

    Sincerely yours

    Edward Simanjuntak/Br. Silaban
    Mardaup no.16 (Sibadogil-Ompu Raja Diam)

  2. Hi chissy
    Kesian deh kamu sayang.
    Jangan ampe parno gitu… donk, tetep aja profesional.
    Kalau aku jadi kamu aku lebih bayak mendekatkan diri ke Tuhan deh, karena aku yakin aku akan dilindungi, tapi aku juga ngga anggap enteng alias aku tetap peduli dengan kasus jolo dan pudi. Bagaimana pun juga, tht case is around us. Cuma saja, kita punya Juruselamat dan let Him take part in this situation.
    Love
    Borjun

  3. horas ito … aku borjun sitombuk #16 … mar-ito laaa yaa kita …

    iya sih ito, aku tau bgt i should rely on Jesus, tp koq spt nya mitos itu kuat sekali buat aku … beneran deh …

    1 hal lagi, aku gak bisa out dari ktr ku ini, dan gosip nya dia yg mau keluar, tp koq gak keluar2 juga …

    semenjak tadi pagi ampe komen ini terposting, tidak ada 1 kata pun yg keluar dari aku, aku bener2 silent, bener diem dgn tampang yg datar banget …

    sedih sebener nya … tapi bagaimana lagi …

  4. Belum hilang bayangan tragisnya pemukulan terhadap tim sukses PADI, tiba-tiba ada judul HELP! ME -vs- parsuratan…. sai songon nanaeng habang nama au namboru. Ai aha muse do nuaeng…..? Alai nga pos be rohangku dang porlu be hape sitolongon namboru… ai nungnga adong PENOLONGMU YANG SUNGGUH LUAR BIASA…. Jesus. Salam kenal untuk namboru, saya Mardaup Sibadogil No. 17. GBU.

  5. Tabe ma di ho maen,

    Ahu St.M.Panggabean / br.Simanjuntak (H15)

    Salah satu dampak dari dikotomi Simanjuntak adalah seperti yang maen alami. Banyak lagi hal-hal yang terjadi akibat dari dikotomi ini. Dan ini terjadi hanya bagi oknum yang mau menerima / hidup di dalam dikotomi ini. Yang menjadi pertanyaan bagaimana hal ini terjadi dan bagaimana mengatasinya.

    I had a comment to Dikotomi Simanjuntak. You can read it.

    Any how we (human being) can not help you to solve your problem. Just Jesus Christ can help you willingly.
    Kami hanya dapat menyarankan kepada maen seturut dengan Firman Tuhan.
    Masalah dikotomi Simanjuntak tidak dapat dianggap sebagai masalah yang enteng. Lihat apa yang terjadi bagi maen. Begitu bencinya maen melihat teman sekerjanya marga Simanjuntak Parsuratan (Padahal dia itu secara partuturan adalah ito / bapak tua / ompung / paraman dari maen sendiri), sehingga menyusahkan maen sendiri dan maen tidak menjadi berkat bagi orang lain, khususnya Simanjuntak Parsuratan.
    Sampai-sampai terlintas dalam pikiran maen untuk memakai jimat-jimat leluhur, walaupun belum sampai memakainya. Dengan timbulnya pemikiran itu saja sudah tidak berkenan kepada Allah. Karena Allah menghendaki supaya kita kudus, termasuk pikiran kita.
    Apa kata Firman Tuhan tentang kebencian ? (Baca I Yoh.2 : 9,11 ).

    Maen, datanglah kepada Tuhan Allah melalui doa mu. Akuilah dosa dan kesalahanmu dan mintalah pengampunan dosa ( Baca Yes.59 : 1 – 2 ) dan mintalah juga supaya maen dimampukan untuk mengasihi sesama manusia termasuk saudara kita Simanjuntak Parsuratan.(Maaf saya bukan menghakimi, tapi hanya menyarankan, jika maen merasa berdosa, do it. Tapi jika merasa tidak berdosa, don’t do it). Saya percaya jika hal itu sungguh sungguh maen mintakan didalam doa, Allah akan memberinya. Karena Allah kita adalah Kasih dan Dia sendiri adalah sumber kasih dan permintaan kita itu adalah seturut dengan kehendakNya.

    Janganlah kita mempertaruhkan keselamatan yang telah kita peroleh hanya karena kebencian.

    Baca dan renungkan juga I Kor.13 : 4 – 7

    Mohon doakan kami supaya dapat melayani dengan lebih baik lagi. Syaloomm……. ! Tuhan Yesus Kristus memberkati kita

    St.M.Panggabean / br.Simanjuntak (H15)

  6. Hallo ito Cissy
    Simanjuntak itu ibarat Alkitab yaitu ada Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, jika ingin menggunakan Perjanjian Lama jalanilah Hukum yang ada di Perjanjian Lama, begitu juga dengan Perjanjian Baru, maka dari itu jika kita terus mengikuti sumpah nenek moyang maka kita akan terus dihantui, tetapi jika percaya Yesus yang telah menebus dosa manusia, menebus dosa Perjanjian Lama, siapa yang dapat kena tulahnya. Percayalah

  7. Horas Ciss.

    Masalah Simanjuntak Parhorbo jolo atau parhombo pudi no problem,,, jangan terlalu jauh menilainya kehal yang Negatif,, sekarang bagaimana kepribadianmu sendiri menghadapinya… gitu aja ko report.

    Saya Simanjuntak Mardaup No. 14,,, sekarang di Jakarta dan sudah berapa kali ketemu Dahahangi (Parsuratan) dalam suatu aktivitas tidak ada Problem dan malahan lebih pekerjaan Project,,,semua Lancar aja.

    Jika Kamu orang kristen berpegang teguh dengan Imanmu>>>> Perlu kamu Ingat.. IMANMU LAH YANG MENYELAMATKAN ENGKAU.

    Kuasai dirimu dalam segala hal dan tetap berdoa… Tidak ada kaitanya Parhorbo Jolo dan Parhorbo pudi mengenai Kerjaan Cissy. Berdoa untuk dirimu dan untuk si parsuratan,,, Percayalah Tuhan Yesus Yang bekerja buat anda.

    Thanks

  8. weleh2, ito Chissy ini aku marga siahaan tapi ompung kami dilahirkan boru Simanjuntak, karena frustasi pasar modal yang hancur-hancuran aku sedang menjelajahi yang berhubungan dengan suku batak dan aku mampir disini.
    Dalam keseharian aku sering menyaksikan kedua saudara kami ini kalau saling ketemu dan kekakuan yang terjadi dan perasaan-perasaan yang timbul setelahnya dan komentarku yang pertama, Hari gini !!!

    Dan secara keseluruhan inilah permasalahan yang dihadapi orang batak pada umumnya, Kehidupan beragama dan dalihan natolu tidak mampu meredam perselisihan dikeluarga batak. Ironis memang tapi itu kenyataan.

    Maaf ya ito seperti kata amang sintua panggabean diatas bukan untuk menghakimi, jadi bertobatlah. Mengasihi Tuhan sama dengan mengasihi sesama, bukannya juga sok menggurui, seharusnya generasi muda sekaranglah yang harus memperbaikinya, bagaimana kata alkitab mengenai orang yang mengasihi Tuhannya tapi tidak mengasihi saudaranya mungkin amang sintua Panggabean bisa menjelaskan.

    Sekali lagi mohon maaf kalau seperti menghakimi dan menggurui.

  9. Hallo to…

    Hidup ini kan pelayanan, melayani, dan belum tentu mau dilayani.
    Silahkan melayani dan memberikan yang terbaik, tetapi kalau kita dilayani orang lain kan boleh di tolak. Kasih tetap mengalir dari kita, untuk siapa saja.
    Kita wajib memberi, tetapi bolehkan menolak pemberian orang lain.

  10. horas ito chissy
    gak usah terlalu cemas akan hal itu,tempatkanlah kasih diatas segalanya,dan itu akan berjalan aman-aman saja,dan kalau ada sesuatau yang gak biasa ;anggap saja fenomena alam
    gok tabe tu sude na pungu dison-mauliate
    horas

  11. > robert p simanjuntak

    Tapi saya hanya baca dan menggunakan kitab Injil Barnabas, gimana caranya bang?

  12. He he.Take it easy aja ito, semua saran2 yang masuk sebelumnya 101% benar, bahwa kita harus selalu berpegang pada Hukum dan Kasih Kristus.Ga usah menganggap Forklor tempo doeloe itu sebagai sindrom, ntar paranoid terus, kecuali kalau konteksnya di “adat”, ,mungkin ceritanya berbeda.Gbu always

    R.Simanjuntak (Sitombuk nomor 13, Datu Silo)

  13. Horas Ito Cissy,

    Walaupun aku lahir di rantau dan tak pernah tinggal di Bona Pasogit, tapi yang ku tahu memang hanya di paradatan kita dang boi mardomu dohot Pomparan ni Parsuratan. Jadi kalo dalam kehidupan sehari2 rasanya nggak akan apa2.
    Aku sharing aja pengalamanku…waktu tinggal di Depok (2001-2005) satu wijk kami ada parhorbo jolo, waktu ada partangiangan wijk di rumahnya, kami datang kesana (ada 7 orang wijk kami pomparan Ompung boru Hotang)…aman2 aja tuh. Lalu sekarang kami Denpasar, di kumpulan paduan suara Jerikho..ada 4 kita pomparan ni Ompung Boru Hotang dan ada 1 parhorbo jolo…nggak ada masalah.
    Jalani aja, minta pertolongan dari Tuhan.
    Tuk marga lain, jangan dong campurin urusan kami Simanjuntak…seakan2 ini kami ini tidak kenal Tuhan Yesus..kalian ngaca lah dulu apa kalian juga sdh pada damai dengan orang lain..Kami sama sekali tidak dendam dengan parhorbo jolo..kalo kami dendam..ya tentu udah bayak urusan kami dengan polisi..
    Horas.

  14. G usah terlalu parno deh…
    biasa ajah, kita semua saudara..apa yang terjadi zaman dahulu g usah dibiarkan terjadi zaman sekarang..gw baru tahu malah dari tulisan lo, klo Simanjuntak itu mank bener2 berantem pada zaman dahulu.

    Gw Simanjuntak..Papaku asal Parsuratan, tapi aq menganggap Simanjuntak itu satu no jolo no pudi..my daddy always said ‘kita semua saudara’ sama seperti Kristus mengasihi anak2Nya tanpa perbedaan..MODERAT

    Hidup Simanjuntak…

  15. Heran ya begitu byk pomparan ompung boru Hotang yang dengan enaknya ngomong nggak ada masalah dengan parhorbo Jolo…bawa2 Iman dan Tuhan Yesus lagi…ksihan deh loh Ompung kalian semua pada nangis kali klo lht komentar kalian…jgn sok alim alim lah…

  16. mav bkanya saya ikut campur tp karna saya simanjuntak (S)\
    kita ini sudah dewasa dan kita sudah mempunyai pola pikir yang maju..jangan selalu mgaggap hal itu mnjadi propokasii,,,krn itu mmpunyai dampak dan ke tidak percayaan iman,,,qt ini orang batak ,,adalah satu nenek moyangm,,yang dulu biarlah,,,untuk apa dipersoalkan ,,,tetapi kita ambil hikmatnyaaa,,jangan sampai semua orang menilai simanjuntak sitoli itu tdak mempunyai kasihh ,,,karna orang slalu menilai simnjuntk sitoli marga yg tdak mengakui yesuus karna menyimpang karna permasalahn nenek moyang, yg selalu doiperdebatkan karna sbuah sumpah,,berikan lah dan jdikan simanjuntak qt lebih baik dari mereka ,,,kasihl,,,lupakan lah sodaraku ,,tdk baik kita beranggapan seperti itu ,,,kasihilah sesamamu seperti mgasihi dirimu sendirii,,,,
    banyak yg msih qt pikirkann,,,knpa kita memperdbatkan inii,,mari berbikir maju,,,

    kalo saya jadi ktua simanjuntak ,,,saya akan menyatukan simanjuntak,,,
    kasih tuhan menyertai qt…
    gbu,,,dan untuk semua sdaraku semua ,,jangan terus mnerus mempropokasikan hal ini,,,jangan biarkan doktrin itu menjadi iman qt,,

  17. saya turut prihatin dan berdoa agar orng 2 seperti itu di beri maaf sama sang Penebus Dosa kita ” saya ajak anda merenungkan seorang yang kita banggakan dan percaya Yesus Tuhan aja memberi pengampunan buat penjahat dan perampok… bayangkan dia manusia biasa tidak pernah memaafkan saudara nya sampe 16 bahkan 17 keturan,,, sumpah sarapah aja hanya 7, turunan simanjuntak berapa turunan???? saya tidak yakin kisah masa lalu itu benar kalo tidak di dukung bukti2, saran saya bentuk aja tim pencari fakta untuk mencari kebenaran setelah itu ada rekonsiliasi bila sudah jelas…

  18. Tidak usah prihatin lae, sebaiknya sebelum memberikan komentar lae membaca terlebih dahulu tulisan Sejarah Simanjuntak di halaman utama web ini. Setelah dibaca mungkin kita bisa bersama sama merenung siapakah yang harus dimaafkan dan siapa yang harus memaafkan. Atau ampun mengampuni. Perbedaan ini tidak perlu di besar-besarkan atapun dipersoalkan terlebih seperti anda yang belum mengerti cerita dan fakta yang sebenarnya.

    Saya pribadi tidak pernah merasa memusuhi Simanjuntak Parsuratan. Yang saya ikuti adalah tidak akan pernah “si sada ulaon dengan Simanjuntak Parsuratan” Sama seperti dengan Damanik. Simanjuntak itu tidak pernah menjadi sisada ulaon. Jadi sebaiknya baca terlebih dahulu sejarah Simanjuntak. Jangan hanya mendengar sedikit menjadi salah pemahaman.

    Adalah satu kekonyolan jika kita mengomentari sesuatu yang kurang kita pahami persoalannya. Perbedaan Simanjuntak Sitolu Sada Ina dengan Simanjuntak Parsuratan bukan persoalan sumpah serapah ataupun maaf memaafkan. Masalah yakin dan tidak yakin dengan kisah masa lalu itu adalah pribadi. Bukan sesuatu yang menjadi persoalan diantara Simanjuntak. Sama halnya seperti dengan marga-marga lain Simanjuntak tidak pernah duduk dalam satu adat.

  19. seperti kita 1 kakek tidak ada yang beda..
    kita sebagai keturunan na jangan pula berlaku seperti itu, setiap manusia pasti mempunyai pola pikiran yang berbeda”.
    saya ja simanjuntak parsuratan ke 14, tpi masih umur 17.. dan saya tidak mengerti kenapa masalah prilaku atas buyut” kita yang berbeda kita juga berbeda tetap saja itu kita sama.
    yang jelas inti na sama.

LEAVE A REPLY