Holong di tingki marhamlet…

9
942

Sudah bukan rahasia lagi jika seorang laki-laki sedang menjalin cinta dengan seorang perempuan, maka segala sesuatu yang dilakukan, diucapkan dan difikirkan, penuh kelemahlembutan, romantika dan pengorbanan. Itulah hebatnya seorang laki-laki, hingga pada tingkat tertentu, mau melakukan apa saja permintaan sang kekasih, diminta atau tidak. Takut kehilangan pamor, takut ditinggal, takut dan takut…

Semuanya itu sepertinya hanya bertahan hingga beberapa saat setelah melangkah ke tangga pernikahan. Kalau sebelum menikah si lelaki memposisikan diri sebagai pengawal, pengaman, bahkan pembantu, lain lagi jika sudah menikah. Perubahan, entah secara drastis atau lambat laun, seiring waktu, maka posisinya semakin bergeser.

Pacar belum ke sandung batu saja, sudah sontak bilang “hati-hati, sayang! Awas, ada batu kecil didekat kakimu!” Kalau sudah jadi istri, menanggapi kejadian yang sama yang terucap sama sekali lain dari yang dulu dikeluarkan dari mulut yang sama. “Kemana matamu kau taruh?” Itu bentakan si suami ketika istri tersandung batu besar. Menahan rasa sakit dan ketakutan sekaligus. Itu berlangsung seringkali, bahkan setiap hari. Ini, sebenarnya tidak lucu…

Tetapi coba simak, pembicaraan dua orang sejoli ini, jika dibaca dari atas (masa pacaran), semuanya terlihat indah. Sebaliknya, ketika kita baca dari bawah ke atas (masa setelah menikah), maka semuanya terlihat menyebalkan.

On ma panghataion ni dua halak jolma, boru dohot baoa di tingki nasida marhamlet : đŸ˜‰

  • Baoa : Onma! Nunga apala leleng diparsinta rohangku tingki si songon on.
  • Borua : Lomo do roham molo hutadinghon ho?
  • Baoa : Unang! Unang hea tubu di roham si songoni.
  • Borua : Holong do roham tu ahu?
  • Baoa : Olo! Songoni do au, sahat tu ujung ni ngolunghu.
  • Borua : Hea do ho mardua roha tu boru-boru na asing?
  • Baoa : Daong! Ndang hea ahu mangulahon na so tama sisongoni.
  • Borua : Olo do ho mangumma ahu?
  • Baoa : Olo hasian
  • Borua : HasianĂ¢â‚¬Â¦.

Dung leleng mardongan saripe, on ma na masa, jaha ma sian toru tu ginjang.

Sebisanya, jangan kita tiru bah….

9 COMMENTS

  1. hahahahahahaha…

    udah pernah baca versi indonesia nya…

    apa memang seperti itu setelah menikah???? hmmmmmmmmmmmmm…….

  2. sebener nya mau comment … [ada bbrp comment yg nyaris aku tulis], spt:
    1. thanks God dah lagi … tapiiiiiiiiiiii …
    2. ketakutan tiap hari? bener bgt! … tapiiiiiiiii …
    3. sebelum nikah memposisikan sbg pembantu? gak kebaliiikk? … tapiiiiiiiiii …

    yaaa itu dia yg mau aku comment …. tapiiiiiiiiii …
    [ketulis juga!] ;-p

  3. Kalau soal itu mah gw udah pernah denger tuh Ito Poltak… bahkan sempet di bahas waktu bincang2 sama 3 bos gw di kantor, huehehhe…
    Ternyata emang bener2 kejadian ya??
    Payah ahhhh… mana bukti cintanya??? Ngemeng doank… huhhhh…

    Duh.. jgn sampe nantinya gw ngalamin itu, hiks..hiks..hiks..

  4. Sian ginjang tu toru bole lah, bursik ma bah molo gabe sian toru tu ginjang muse

  5. kalau hanya mengandalkan kekuatan dunia dan pikiran dalam memandang sebuah keluarga (hub. suami isteri); memang hal itu sangat mungkin terjadi. tapi kalau kita anggap hubungan suami isteri itu sebuah berkat Allah…, hasilnya pasti mengkel.
    he he… ujung2nya promosi blog juga nih.
    kenali keseharian batak dalam suasana canda dan tawa di :

    http://rapmengkel.wordpress.com

    sihombb@yahoo.com
    par surabaya ibebere ni simanjuntak hutabulu

  6. haha…..
    ya banyak yg bilang ky gitu…
    versi org batak klo pacaran emang gitu,,, tp stelah menikah kebalikannya…
    jd ingat waktu di kampung dulu, guru SMP ku pernah cerita ky gituan ..hehe..
    tp maunya jgn gitu lah….
    gmn kita pacaran dulu, klo bisa sampai ke jenjang pernikahan juga sepert itu, tetep saling menyayangi…
    tp jrg yg bisa seperti itu x ya…
    Horas
    Gbu

  7. Wkwwkwkkwk…..

    Luchu bgt C….

    Alai dang pola paima dung mar rumah tangga asa, jahaon sian toru tu ginjang.
    Tikki manjonoki borua i, akka baoa soi nama…
    dukkon dapot jadi halletna, hhmm….marubah do..

    heehhehe…^^

  8. Molo di ha Kristenon sa onari dang pola be masa sisongo i, alana sude sudah berdasarkan kasih bukan hanya cinta, holong nasian Debata nungnga mangula di bagasan ngolu ni halak batak.

LEAVE A REPLY