Simanjuntak.or.id

GM-SSSI&BBI

Masakan Khas Batak – Naniura

Hidangan ini merupakan makanan khas suku Batak. Berbeda dengan Arsik, makanan khas Batak lainnya yang direbus atau dikukus, menu yang juga mengunakan ikan mas sebagai menu utama adalah dengan cara tidak dimasak.
Arti dalam bahasa batak, naniura adalah ikan yang tidak di masak. Namun rendaman asam jungga yang secara kimiawi kemudian mengubah ikan mentah menjadi tidak terasa amis dan siap disajikan. Ingin mencoba?

sp/henry sitinjak

Bahan-Bahan :

0,5 kilogram ikan mas
3 biji asam jungga
0,25 ons andaliman
1 onskemiri
5 cm lengkuas
5 cm kunyit
2 ikat rias
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
setengah ons cabe merah
Cara memasak :
1. Ikan mas dibersihkan dari sisik, kemudian ikan dibelah dua dari punggung ikan. Duri ikan dikeluarkan semuanya. Sesudah bersih, ikan digarami dan diasami. Dibiarkan selama 5 jam.
2. Kemiri di gongseng, dibiarkan dulu. Jahe, kunyit, bawang merah dan putih di goreng. Kemudian rias dikukus, sedangkan cabe digiling. Seluruh bumbu kemudian diulek (tumbuk).
3. Bumbu dimasukkan atau diolesi ke permukaan ikan. Biarkan satu jam lagi.
4. Siap dihidangkan

catatan : untuk mendapatkan hasil yang baik, memasak dimulai pagi hari, dan sore dihidangkan

23 thoughts on “Masakan Khas Batak – Naniura

  1. Lundu Simanjuntak

    Naniura?
    Ingkon siak do asa mantap!
    Halah mak oi….
    Madekdek tijur bah..!?!
    Tabo nai fuang . . .
    Aha muse? Natinombur? Namargotta?
    Uueee taheeeee . . . .

    pencinta masakan batak,
    Lundu Simanjuntak
    Hutabulu Bursok Datu 16

  2. Benhawerd Simanjuntak

    Naniurak Ikkon Pas Do Sude Rasana Da
    Ikkon Disido Asom Na,Sirana,Siak Na Dohot Rasani Addalimanna PE Ikkon Pakket Do Asa Mangampir Dila Mandai….
    Asa Ro Ijur Mangida.

    Molo Na Pinadar Songon Dia Ma Muse Rasa I ??

    Benhawerd Simanjuntak
    Mardaup No 15
    Namora Sende

  3. lohot simanjuntak

    tabo situtu do na ni ura on
    alai amang tarsingot na, aha do asom jungga,jala molo 5 cm hunik sadia ma borat ni.dohot rias i,bahen damang ma jo borat na
    alana ikkon uji on do namangura on,nga mansai leleng ndang ni dai
    maulite-horas

  4. vembry

    memang masakan batak itu gak ada duanya..
    ditambah dengan paduan bumbu alami yang hanya dapat ditemukan di indonesia
    tabo bah

  5. Chissy Simanjuntak

    tambahan yaaa pung bungaran … secara mamak ku menu favorit setiap arisan Simanjuntak mau pun Lumban Gaol selalu request Naniura ini … ;-p

    tambahan nya yaitu, kacang goreng … kacan goreng ini di ulek terpisah nyaris halus, lalu saat hendak di hidangkan, taburkan merata diatas ikan mas itu … sedap! menghilangkan kesan amis [atau mentah, bagi yg tau cara buat nya dari awal] ;-p

    kalo mamak dah masak ini, ikkon sogot hian bahenon asom i tu ikan mas na … kata mamak paling tidak 8 jam sebelum disajikan … secara kalo arisan pasti selalu makan siang … ;-p

    ada yg request? tau doonk no.hp ku … hehehehehhe … ;-p

  6. Yanty Prissillya Simanjuntak

    Wah mauliate godang niy atas resepnya, ada yg tau resep manuk gota & napinadar?

  7. trima

    kalo aq seh suka banget makan naniura, pa lagi tu org bapak ama mama juga kakak aq, wah suka banget ma masakan naniura, rasanya seperti makan di pinggir pantai dengan anginyang sepoi-sepoi. asyik khan??

  8. fitri maria

    kayaknya lebih baik kalau kunyitnya dipisah nguleknya biar lebih nikmat karna kunyit itu kan hanya untuk membuat warnanya aja, yah….h ni hanya pendapat saya aja sih….,, mauliate, horas.

  9. jun

    mauliate godang buat info…
    Secara ilmiah bisa diterangkan bahwa tdk ada efek sampingkah?
    kalau panggang biang, dimana caranya supaya dagingnya tidak keeeras?
    horas…JS

  10. PARULIAN SIDAURUK

    naniura dohot pinadar, seeep lah itu. sering saya coba masakan2 khas daerah yg ada d jakarta ini, tp tdk ada yg dapat menandingi ‘manuk mira na pinadar pinatupa ni dainang d huta'( pulo samosir nauli )

  11. sondang butar - butar

    kalu yang namanya masakan khas Batak tiada duanya di belahan bumi manapun:-}…….
    Kalu bisa sih disebutkan juga manfaatnya bagi kesehatan,kandungan kimia yang ada dan hasil penelitian mengenai masakan khas batak ini………
    mauliate………..
    Horas ma dihita sudena……..

  12. arios manage

    memang botul2 do tabo na diura i…
    apa lagi molo siak, terasa muse dai ni andaliman i..
    mallapak ma dilai..
    memang boru toba na alapon asa boe mangalop na diura…
    songon inong di jabu..mantap do masakan na diura i..
    masak so diloppa ma tahe….
    heeheheheh

  13. wina nadeak

    akhirnya….. ketemu juga resep naniura.
    mauliate godang ma di hamu nanaung mambahen resep on.
    lestarikan masakan batak….
    B A T A K yessss…..

  14. rosi hutasoit

    lestarikan makanan batak,,jgn ampe hilang menu2nya.
    and bagi teman teman, bisa gak saya minta resep sambal tuktuk.
    duh rindu makan pake sambal tuktuk,tapi saya ndak tau buatnya.tolong donk buat yang tau kasi rahasianya.
    mauliate

  15. iman setiawan

    ido naso tarluapahon au sian huta.>>>>…………
    SAMPE TU Parrattoan pe taringot torus naniura i
    etama tapasada rohatta ,ta lestarihon budayani opputtai budayani bangsottai………………horas

  16. Kathy Sihombing

    Tolong eda ada yg bisa kasih aku resep Ayam na ni gota tolong yah… mauliate godang. Horas

  17. maritocomptech

    Horas… Mejuah-juah… Yahowu…
    Cintailah Produk2 Bona Pasogit agar Bangso kita maju!
    Kini telah hadir di jawa timur paket dokumentasi video dan foto pernikahan acara adat batak.
    Lihat contoh video produksi Bona Pasogit Production di:
    http://www.facebook.com/bonapasogit?v=app_2392950137
    Lihat contoh video produksi Marito CompTech di:
    http://www.facebook.com/video/?id=100001473081825
    Dukung dan gunakan produksi kami agar seluruh tim dan crew yang berasal dari Bona Pasogit dapat berkarya disini..
    Mauliate….
    lihat daftar harga produk kami di:
    http://jasa-pernikahan.blogspot.com/2010/09/price-list-manten-batak-2010.html

  18. gareth

    aku belum pernah makan yang satu ini, kalo arsik udah sumpah enak banget,,,, pengen coba yang satu ini….hehehe… gak kalah ya sama orang jepang di indonesia juga ada makanan mentah yang oke resepnya,….jadi gak sabar pengen nyobain

  19. sayekti rahayu

    apakah makanan khas batak tersebut juga disajukan pada saat pernikahan ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *