|

Masakan Khas Batak – Naniura

Hidangan ini merupakan makanan khas suku Batak. Berbeda dengan Arsik, makanan khas Batak lainnya yang direbus atau dikukus, menu yang juga mengunakan ikan mas sebagai menu utama adalah dengan cara tidak dimasak.
Arti dalam bahasa batak, naniura adalah ikan yang tidak di masak. Namun rendaman asam jungga yang secara kimiawi kemudian mengubah ikan mentah menjadi tidak terasa amis dan siap disajikan. Ingin mencoba?

sp/henry sitinjak

Bahan-Bahan :

0,5 kilogram ikan mas
3 biji asam jungga
0,25 ons andaliman
1 onskemiri
5 cm lengkuas
5 cm kunyit
2 ikat rias
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
setengah ons cabe merah
Cara memasak :
1. Ikan mas dibersihkan dari sisik, kemudian ikan dibelah dua dari punggung ikan. Duri ikan dikeluarkan semuanya. Sesudah bersih, ikan digarami dan diasami. Dibiarkan selama 5 jam.
2. Kemiri di gongseng, dibiarkan dulu. Jahe, kunyit, bawang merah dan putih di goreng. Kemudian rias dikukus, sedangkan cabe digiling. Seluruh bumbu kemudian diulek (tumbuk).
3. Bumbu dimasukkan atau diolesi ke permukaan ikan. Biarkan satu jam lagi.
4. Siap dihidangkan

catatan : untuk mendapatkan hasil yang baik, memasak dimulai pagi hari, dan sore dihidangkan

  • sayekti rahayu

    apakah makanan khas batak tersebut juga disajukan pada saat pernikahan ??

    October 29 2011
    CommentsLike

    • cari recep untuk bking sambal Tinombur, tolong ?

      October 03 2011
      CommentsLike
      • gareth

        aku belum pernah makan yang satu ini, kalo arsik udah sumpah enak banget,,,, pengen coba yang satu ini….hehehe… gak kalah ya sama orang jepang di indonesia juga ada makanan mentah yang oke resepnya,….jadi gak sabar pengen nyobain

        August 01 2011
        CommentsLike

        • jadi kpingin makan ni

          masakan kas batak emang tidak ada 2 na…

          February 03 2011
          CommentsLike

          • Horas… Mejuah-juah… Yahowu…
            Cintailah Produk2 Bona Pasogit agar Bangso kita maju!
            Kini telah hadir di jawa timur paket dokumentasi video dan foto pernikahan acara adat batak.
            Lihat contoh video produksi Bona Pasogit Production di:
            http://www.facebook.com/bonapasogit?v=app_2392950137
            Lihat contoh video produksi Marito CompTech di:
            http://www.facebook.com/video/?id=100001473081825
            Dukung dan gunakan produksi kami agar seluruh tim dan crew yang berasal dari Bona Pasogit dapat berkarya disini..
            Mauliate….
            lihat daftar harga produk kami di:
            http://jasa-pernikahan.blogspot.com/2010/09/price-list-manten-batak-2010.html

            December 22 2010
            CommentsLike
            • Kathy Sihombing

              Tolong eda ada yg bisa kasih aku resep Ayam na ni gota tolong yah… mauliate godang. Horas

              December 18 2010
              CommentsLike
              • iman setiawan

                ido naso tarluapahon au sian huta.>>>>…………
                SAMPE TU Parrattoan pe taringot torus naniura i
                etama tapasada rohatta ,ta lestarihon budayani opputtai budayani bangsottai………………horas

                August 21 2010
                CommentsLike
                • Rose Simanjuntak

                  manyussss euy…

                  July 29 2010
                  CommentsLike
                  • rosi hutasoit

                    lestarikan makanan batak,,jgn ampe hilang menu2nya.
                    and bagi teman teman, bisa gak saya minta resep sambal tuktuk.
                    duh rindu makan pake sambal tuktuk,tapi saya ndak tau buatnya.tolong donk buat yang tau kasi rahasianya.
                    mauliate

                    May 09 2010
                    CommentsLike
                    • elissya

                      mantab do nian naniura on…
                      like dis dweh….

                      February 09 2010
                      CommentsLike


                      Recently Commented