Penyusunan Program Kerja GM-PSSSI/BBI

8
871

Pengurus Pusat GM-PSSSI/BBI se-Dunia yang bermarkas di Kota Pematang Siantar, saat ini pada tahap menyusun Program Kerja. Bidang pelayanan (scope of work), menyangkut berbagai bidang, antara lain :

1. Bidang Pendidikan/Beasiswa
2. Bidang SDM/Tenaga Kerja
3. Bidang Informasi/Komunikasi
4. Bidang Studi dan Penelitian
5. Bidang Pengembangan Usaha
6. Bidang Advokasi
7. Bidang Organiasi/Kaderisasi
8. Bidang Pemuda/Minat dan Bakat
9. Bidang Hubungan Masyarakat/International
10.Bidang Peran Perempuan

Mohon sumbang saran, karena kami yakin di antara saudara/i memiliki kemampuan dan kemauan untuk menyumbangkan ide cerdas sehingga program kerja ini dapat mendukung keturunan Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru, Bere dan Ibebere untuk lebih mampu berkompetisi.

Salam

8 COMMENTS

  1. bapa tuaku…

    soal budaya masuk dimana? pengalaman pribadi nih, keluarga saya bikin acara adat di kampung, acara tor-tor nya udah bukan di iringi musik tradisional lagi, tapi udah pakai organ tunggal, kata saudara saya yg jadi panitia, sekarang ini susah cari pemusik tradisional, kalopun ada harganya mahal. apakah ini berarti musik tradisional batak mulai dilupakan karena adanya keterbatasan dalam hal ini dari segi biaya? mudah2an mengenai pelestarian kebudayaan dimasukin ya bapa tuaku. mauliate.

    sarma simanjuntak hutabulu 16

  2. boru hasian,

    Terimakasih atas atensi dan respon seriusmu terhadap penyusunan Program Kerja GM-PSSSI/BBI. Tanpa dibatasi ruang, kita ternyata memulai proses pengambilan keputusan menggunakan media ini. Semoga, saudara/i kita yang lain mau berpartisipasi.

    Mengenai budaya, itu akan tercover di beberapa departemen, seperti Pendidikan (dalam bentuk pelatihan “Raja Parhata”, pelatihan dan workshop “penyusunan dan pelaksanaan tata acara adat”), Dept. Studi Penelitian (Studi mengenai “potensi dan keragaman paradaton”, “Fenomena adaptasi situasi terhadap pelaksanaan upacara adat”, dll), Dept.Minat dan Bakat “Mendorong Generasi Muda, untuk melestarikan budaya” dengan memperkenalkan penggunaan alat musik (gondang) dan tarian (tor-tor).

    Itu dulu yang bisa saya sampaikan respon terhadap pertanyaan Sarma.

    Ada usul lain???

    Terimakasih.

  3. Ga terlalu banyak Bidang yah, mungkin beberapa bidang bisa dijadikan satu misal; Humas dengan Informasi, Komunikasi jadi satu. Pemuda, minat, perempuan dan bakat, dengan Organisasi dan Kaderisasi bisa jadi satu
    Bidang Rohani dan Keuangan saya kira perlu tuh.
    Ini saran saja, daripada ga kasih saran hehehe
    Thanks
    Paindo Mardaup 16 Sibadogil

  4. Horas di Anak Niba, Paindo

    Terimakasih atas sarannya. Saya kira penyatuan beberapa departemen itu sangat baik dan memiliki alasan yang kuat dan rasional. Kami akan catat ini sebagai bahan dalam membenahi struktur yang akan dibicarakan dalam Rapat Pengurus Harian Pusat.

    Kalau tidak keberatan, silahkan juga mengusulkan jenis program apa saja yang akan dikerjakan departemen-deprtemen itu. Sebab semakin banyak kita memberi usul, maka akan semakin baik.

    Sifat program yang kita harapkan, rasional (feasible), terukur, berimplikasi luas dan terjangkau.

    Mauliate.

  5. Horas,

    Kalau Boleh Ngasih Saran Yah, Bidang SDM/Tenaga Kerja Dan Bidang Pengembangan Usaha Bisa Di Jadikan Satu Bidang Aja.Karna Bidang Tersebut Sama Sama Memberikan Peluang Usaha Kerja Bagi Masyarakat Luas Ataupun Buat Keturunan Simanjuntak Yang Memiliki Minat Usaha Dan Ingin Mencari Kerja,

  6. Sedikit Pemikiran:
    Bidang yang diperlukan
    1. Bidang Humas
    Meliputi: – Informasi, Komunikasi (Nasional + International)
    Usulan Program Kerja:
    a. Penyampaian Informasi Keberadaan Organisasi ini Seluas-luasnya kepada Masyarakat Khususnya Simanjuntak Sitolu Sada Ina;
    b. Menfasilitasi/mengkomunikasikan Permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh Anggota
    c. Mendesign momen-momen untuk lebih mengakrabkan anggota
    d. Menjadi pendukung Simanjuntak Sitolu Sada Ina dalam hal berkampanye (kan ada beberapa tuh yang menjadi anggota DPR hehehe, mana tau jadi Gubernur, Presiden, Bupati, Walkot) Jadi mulai dari membuat format dll

    2. Bidang Advokasi
    Meliputi: Bantuan Hukum, Ketenagakerjaan, Pengembangan Usaha
    Usulan Program Kerja:
    a. Membantu para anggota yang berhadapan dengan masalah hukum baik itu dalam berusaha, tenaga kerja, maupun dalam kesehariannya.
    b. Memberikan masukan kepada anggota yang kesulitan dalam memulai berusaha dll, mulai dari mencari peluang usaha sampai dengan pemasaran
    3. Bidang Kaderisasi
    Meliputi:Pendataan, Beasiswa, Kepemudaan, Perempuan, Usaha Bersama
    Usulan Program kerja:
    a. Membuat data yang jelas mengenai simanjuntak sitolu sada ina yang ada di dunia ini;
    b. Mendidik/melakukan pelatihan-pelatihan kader-kader Simanjuntak untuk lebih profesional dan mengerti keberadaan Simanjuntak Sitolu Sada Ina;
    c. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga lain yang memungkinkan menyediakan beasiswa bagi anggota misal; USAID, AUSAID, Swiss Contact, NFP, Ford Foundation, GTZ;
    d. Melakukan pendekatan dengan Simanjuntak Sitolu Sada Ina yang punya kelebihan dana untuk dapat dijadikan sebagai dana beasiswa bagi anggota dan juga untuk membentuk Usaha Bersama (bisa koperasi, bisa credit union, bisa BMT/Baitul Mal Wal Tamwil, BPR bahkan Bank Umum)
    4. Bidang Dana
    Meliputi: Keuangan, Iuran Organisasi
    Usulan Program Kerja:
    a. Menata Usahakan Keuangan Organisasi dengan mengingat prinsip Good Corporate Governance (Tata Kelola Yang Baik yaitu, Akuntable, Transparan, Fair dan Dapat dipertanggungjawabkan)
    b.Mencari sumber-sumber pendanaan untuk kehidupan organisasi a.l misalnya dengan membuat Simanjutak Fair, dimana para anggota yang berusaha bisa membuka stand (hehehehe)
    5. Keagamaan
    Meliputi: Adat Istiadat, Agama
    Usulan Program Kerja
    a. Memberikan bantuan dalam pelaksanaan paradaton bagi anggota yang kurang paham atau yang membutuhkan;
    b. Memberikan informasi tentang saudara-saudara yang sedang kemalangan, bersuka cita (lahir, nikah) dll
    c. Mendesign momen2 acara keagamaan yang membuat lebih akrab, misal pada saat natal, idul fitri, bona taon dll

    Botima

    Paindo Simanjuntak

  7. Mauliate di Abang Benhawerd dohot Anak niba Paindo,

    Usul penyatuan beberapa departemen oleh Bang Benhawerd seperti yang juga diusulkan Paindo, akan kami coba seefisien mungkin.

    Khusus mengenai usul, Paindo, ternyata harapan kami benar bahwa pasti ada Simanjuntak yang memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam penyusunan program kerja. Kami akan coba pelajari dan mohon dibuka kemungkinan untuk kita diskusikan usul tersebut sehingga kita memiliki persepsi yang sama tentang pokok-pokok program yang diusulkan ini.

    Kalau bisa, menggunakan media komunikasi yang lebih interaktif, misalnya Chatting, saya kira akan mempermudah kita untuk lebih dalam membicarakan usul tersebut.

    Id YM ku – poltak_7765
    hp 08197277765

  8. SALAM KENAL.
    Dengan FRONT KOMUNITAS INDONESIA SATU (FKI-1),Ormas Independen. Untuk lebih mengetahui kegiatan dan AD/ART FKI-1 dapat dilihat di Website:www.apindonesia.com. Sekretariat:Gd.Dewan Pers.Lt.5.Jl.Kebon Sirih No:32-34 Jakarta Pusat. Tlp:0213503349, 3864167. Email:satufki@gmail.com.

LEAVE A REPLY