Kelompok Kerja Pembentukan GM-PSSSI/BBI Cabang Medan Terbentuk

4
521

POKJA Pembentukan GM-PSSSI/BBI Cabang Medan Terbentuk

JuntakNews – Medan

Gagasan pembentukan GM-PSSSI BBI Cabang Medan tampaknya tidak hanya sekedar rencana . Hal ini terbukti dengan dilakukannya pertemuan informal tokoh-tokon generasi muda Simanjuntak Sitolu Sada Ina, Boru, Bere dan Ibebere Kota Medan (20/05) di kediaman T.B. Simanjuntak Jl. Setia Budi Gg. Sepakat Jaya No. 6 Medan.

Pertemuan ini, selain dihadiri oleh Pengurus Harian PSSSI/B Kota Medan, antara lain Drs. Manganar Simanjuntak (Sekretaris Umum), F. Kastro Simanjuntak (Sekretaris I), August P. Simanjuntak (Sekretaris II) dan Toga M Simanjuntak (Sekretaris III), juga oleh Pengurus Pusat GM-PSSSI/BBI se-Dunia, yaitu Poltak Simanjuntak (Sekjen), Mayor CKM Ricardo Simanjuntak, SSi, M.Kes (Ketua III) dan Bungaran Simanjuntak (Sekretaris III).

Beberapa orang tokoh generasi muda Simanjuntak Sitolu Sada Ina Kota Medan, yang tampak hadir, antara lain T.B. Simanjuntak, SE, Robert Simanjuntak, SE, Ir. Jamser Simanjuntak, MT, Drs. Oloan Simanjuntak, MM, Pandapotan Simanjuntak, SH, Enty br. Simanjuntak, SE, Ak, Rudi Panjaitan, SH, dan R. Oppu Sunggu. Pertemuan yang dimoderasi oleh Mayor CKM Ricardo Simanjuntak, SSos, M.Kes, dimulai pukul 19.00 Wib yang diawali dengan “hata huhuasi“, menjelaskan maksud dan tujuan pertemuan. Dalam hata huhuasinya, Ricardo menyampaikan agenda pertemuan antara lain : rencana pembentukan GM-PSSSI/BBI Cabang Medan dan resuffle Kepengurusan KSU KOPARSIBO, yang ketuanya telah meninggal dunia beberapa waktu yang lalu.

Terhadap tawaran agenda ini, Manganar Simanjuntak memberikan tanggapan dan menyambut baik rencana pembentukan GM-PSSSI/BBI Cabang Medan, dengan catatan agar pembentukan GM-PSSSI/BBI tidak berbenturan dengan organisasi yang sudah ada yaitu PSSSI/B. Justru, diharapkannya kehadiran GM-PSSSI/BBI Cabang Medan menjadi pendorong PSSSI/B dalam melaksanakan pelayanannya terhadap anggota.

Peserta lain yang hadir dalam rapat secara umum menyatakan prinsip, bahwa pembentukan GM-PSSSI/BBI di Kota Medan sudah waktunya dilakukan. Dan, kalau bisa ditentukan dead line yaitu paling lambat sebulan setelah pertemuan. Untuk keperluan pembentukan ini maka diusulkan agar dibentuk Kelompok Kerja yang bertugas untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pembentukan organisasi.

Poltak Simanjuntak, Sekreraris Jenderal GM-PSSSI/BBI se-Dunia, menyakatakan kesiapan Pengurus Pusat mengawal proses pembentukan hingga pelantikan. Dijelaskannya, bahwa GM-PSSSI/BBI, sebagai organisasi yang bersifat kesatuan, non partisan dan indpenden telah menetapkan visi dan misi organisasi yang memposisikan diri sebagai “partner” PSSSI/B, di setiap kota/kabupaten. Hal ini sudah dimaktubkan dalam AD/ART yang sudah ada dan ini akan menjadi dasar berpijak bagi Cabang-cabang dan Perwakilan-perwakilan GM-PSSSI/BBI di seluruh dunia.

TB Simanjuntak, salah seorang tokoh generasi muda Simanjuntak Sitolu Sada Ina Kota Medan, menyatakan bahwa dalam pembentukan sebuah organisasi baru dibutuhkan keberanian dan kebijaksanaan, sehingga dalam proses awal harus bias ditunjukkan bahwa organisasi ini memiliki arah dan tujuan yang jelas. “Dengan jumlah keturunan Simanjuntak Sitolu Sada Ina di Kota Medan yang tergolong menjadi salah satu marga terbesar, seharusnya sudah dapat menunjukkan eksistensinya di bidang sosial, ekonomi dan politik”, katanya dengan penekanan penuh.

Hal yang hampir sama disampaikan oleh Drs. Oloan Simanjuntak, MM yang juga dikenal sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Nommensen Medan ini, menyatakan bahwa pembentukan GM-PSSSI/BBI Cabang Medan diharapkan mampu menjadi pendorong bagi PSSSI/B yang selama ini hanya mengkhususkan diri di bidang pelayanan adat.

Ir. Jamser Simanjuntak, MT, pakar teknik jebolan ITB yang juga dosen di Fakultas Teknik Universitas Nommensen ini lebih menekankan bahwa sudah saatnya generasi muda Simanjuntak Sitolu Sada Ina di Kota Medan difasilitasi dalam menyumbangkan potensi, pemikiran dan perhatian yang tergolong cukup besar dimiliki. Bagai menyambut pernyataan ini, Enty Simanjuntak, SE, Ak, salah seorang utusan dari kalangan Pemudi yang juga dikenal sebagai Ketua Ikatan Muda-mudi Simanjuntak Sitolu Sada Ina dohot Bere Padang Bulan Sekitarnya, menyatakan agar dalam GM-PSSSI/BBI dilibatkan tenaga Naposo Bulung, sebagai bentuk proses kaderisasi naposo. “Dengan dibentuknya GM-PSSSI/BBI Kota Medan, juga harus dapat mendorong pendirian organisasi Naposo Bulung (Pemuda/i) Simanjuntak Sitolu Sada Ina dohot Bere se-Kota Medan”, katanya.

Ditambahkannya, bahwa beberapa tahun belakangan ini, organisasi naposo bulung yang aktif hanya di dua sektor saja yaitu sektor 27 Gaperta/Helvetia dan sektor 31 Padang Bulan. “Sementara, hampir semua sektor memiliki tenaga muda atau naposo bulung namun tidak terorganisasi dengan baik”, ungkapnya meyakinkan peserta rapat.

Usai diskusi dan penyerapan pendapat, moderator pertemuan Mayor CKM Ricardo Simanjuntak, S.Sos, M.Kes yang juga Ketua PSSSI/B Sektor 27 dan Ketua III GM-PSSSI/BBI Pusat ini, mencoba mereview semua hasil pembicaraan dan menawarkan agar pada saat itu juga menentukan kelompok kerja yang bertugas melanjutkan hasil pertemuan hingga terbentuknya GM-PSSSI/BBI Cabang Medan.

Terhadap tawaran ini, masing-masing peserta mengusulkan nama, dan akhirnya tersusun Kelompok Kerja Pembentukan GM-PSSSI/BBI Cabang Medan, yang terdiri dari :

Ketua : T.B. Simanjuntak, SE

Sekretaris : Enty br. Simanjuntak, SE, Ak

Anggota:

Ir. Jamser Simanjuntak, MT

Drs. Juara Simanjuntak, MM

Pandapotan Simajuntak, SH

Robert Simanjuntak, SE

Togar Simanjuntak

Mayor CKM Rikardo Simanjuntak, S.Sos, M.Kes

Rudi Panjaitan, SH

Drs. Oloan Simanjuntak, MM

Poltak Simanjuntak

R.O. Opusunggu

Pokja ini diharapkan bekerja dalam waktu 1 (satu) bulan terhitung mulai 20 Mei 2008 dan diharapkan paling lambat tanggal 20 Juni 2008, GM-PSSSI/BBI Cabang Medan sudah terbentuk. Semoga.

4 COMMENTS

  1. Semoga dengan terbentuknya GM-PSSSI/BBI Cabang Medan, akan menjadi satu wadah bagi generasi muda Simanjuntak mengekspresikan diri dan tetap bangga sebagai orang Batak khususnya keturunan Simanjuntak…

    Horas jala gabe

  2. yang pasti harus sesuai dengan tujuannya, menjadi wadah untuk generasi muda simanjuntak menuangkan ide dan kreatifitas mereka untuk mengembang simanjuntak sampe ke seluruh dunia.
    kalo bisa di kota2 lain juga di bentuk perwakilan, sehingga ide2 yang masuk semakin bervariasi.

    Sukses buat simanjuntak
    Gbu All

  3. Kami sangat gembira mengikuti terus perkembangan GM-PSSSI/BBI, berdirilah teguh jangan goyah, jangan undur semangatnya, yang pasti kita akan petik hasilnya dikemudian hari.

    salam dan doa kami dari bonapasogit Balige Horas.

  4. haloo pak jamser
    pa kabar, sehat kan

    Thanks y pak atas didikan bapak dan dosen2 lain dari UHN,
    semoga UHN khususnya jurusan Teknik Elektro semakin lebih maju lagi.

    Fransnico

LEAVE A REPLY