Surat Kepada KAPOLRESTA Pematang Siantar

0
256

Pematang Siantar, 14 April 2008

Nomor: 007/PP/GM-PSSSI/BBI/IV/2008

Lamp. : –

Hal : Kasus Pembunuhan Rotua Rialina Simanjuntak

Kepada Yth.

KAPOLRESTA PEMATANG SIANTAR

Bapak AKBP ANDREAS KUSNADJI

Di

Tempat

Dengan hormat,

Kami mengharapkan Bapak dalam keadaan Sehat Wal’afiat dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Pertama-tama kami sampaikan, bahwa Ibu Lasmaria Boru Pardede, ibu kandung korban pembunuhan Rotua Rialina Simanjuntak yang terbunuh 15 April 2007, setahun yang lalu, melaporkan kepada kami, belum terungkapnya kasus yang mereka hadapi.

Terhadap pengaduan tersebut, kami Pengurus Pusat GM-PSSSI/BBI, terdorong untuk mempertanyakan perkembangan kasus ini, yang kami nilai berpotensi menjadi preseden buruk bagi penegakan hukum dan potensial menganggu “rasa aman” masyarakat di Wilayah Hukum POLRESTA, yang Bapak Pimpin.

Sebagai bagian tanggungjawab moral mempertahankan prinsip semua sama di mata hukum (azas keadilan hukum), dan partisipasi aktif masyarakat dalam penegakan hukum (law enforcement), maka GM-PSSSI/BBI, menyerukan dan mendesak POLRESTA Kota Pematang Siantar, agar :

  1. Bersedia memberikan penjelasan teknis dan non teknis yang menyebabkan tidak terungkapnya kasus pembunuhan terhadap Rotua Rialina boru Simanjuntak.
  2. Melakukan pengembangan pencarian dan penyidikan dengan menggunakan seluruh saluran yang dimiliki oleh Kepolisian Republik Indonesia, sehingga proses pencarian pelaku dapat terlaksana secara maksimal.
  3. Menerbitkan foto diri orang-orang yang diduga sebagai pelaku dan bersedia menyerahkan foto tersebut kepada GM-PSSSI/BBI, guna perluasan pencarian, sehingga Keturunan Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru, Bere dan Ibebere se-Dunia, dapat membantu proses pencarian dan identifikasinya.
  4. Mengintensifkan pengembangan pencarian dengan melibatkan keluarga dekat yang diduga sebagai pelaku yang hingga saat ini masih berdomisili di Pematang Siantar.
  5. Melakukan pengembangan penyelidikan dan penyidikan terhadap orang-orang yang diduga terkait dengan terjadinya kasus pembunuhan ini.

        Demikianlah seruan dan desakan ini kami sampaikan, dengan harapan KAPOLRESTA Pematang Siantar dapat mengukir prestasi penegakan hukum melalui pengungkapan kasus ini dalam waktu yang tidak terlalu lama.

        PENGURUS PUSAT,

        FERNANDO SIMANJUNTAK Ir. POLTAK SIMANJUNTAK

        Ketua Umum Sekretaris Umum

        Tembusan disampaikan kepada :

        1. KAPOLRI, Bapak Jenderal (Pol) Sutanto, di Jalan Trunojoyo No 3 Kebayoran Baru – Jakarta.
        2. KOMNAS HAM, di Jakarta
        3. KAPOLDA-SU, di Medan.
        4. Pengurus Pusat PSSSI/B di Balige.
        5. Pengurus-pengurus Cabang se-Indonesia
        6. Pengurus dan Perwakilan GM-PSSSI/BBI se-Indonesia dan Luar Negeri
        7. Tokoh, Sesepuh dan Penasehat PSSSI/B, se-Indonesia.
        8. Pers
        9. Pertinggal

        NO COMMENTS

        LEAVE A REPLY