|

Pesta Partangiangan Bona Taon 2008 Parsadaan Simanjuntak Sitolu Sada Ina (PSSSI) Boru & Bere Bandung – Cimahi Sukses

  • Ir. Jannes Simanjuntak, MSc, Ketua PSSSI/BB Bandung Cimahi, terpilih, menggantikan Brigjen (Purn) S.M. Simanjuntak, S.Ip, MSc
  • Pengurus Cabang GM-PSSSI/BBI Bandung dilantik oleh Pengurus Pusat.

JuntakNews, Bandung (07/04)

Dihadiri 3000-an orang, Pesta Partangiangan Bona Taon 2008 Parsadaan Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru – Bere (PSSSI/BB) Cabang Bandung-Cimahi Jawa Barat, dilaksanakan di Gedung Istana Kana, Kawaluyaan Bandung, Minggu (06/04), berlangsung meriah dan sukses. Selain dihadiri anggota dari sektor-sektor yang tersebar di Kota Bandung dan Cimahi, juga terlihat kehadiran rombongan Mata Ni Ari Binsar Tulang Sihotang, Boru Sihabolonan Sirait, utusan PSSSI/B Kota Pematang Siantar, Jakarta dan Bona Pasogit serta Pengurus Pusat GM-PSSSI/BBI.

Dengan Thema : “Supaya Mereka Semua Menjadi Satu” (Yohannes 17 : 21) dan Sub-Thema : “Sungguh Alangkah Baiknya dan Indahnya, apabila Saudara-saudara Diam Bersama dengan Rukun” (Mazmur 133 : 1), pesta diawali dengan Kebaktian yang dipimpin oleh Pdt. T.M. Hasugian.

Sambutan terhadap Tulang Sihotang

Diiringi musik Gondang, rombongan Matani Ari Binsar Tulang Sihotang memasuki ruangan dengan membawa Dengke (Ikan Mas Arsik) dan Parbue Na Pir (Beras) diikuti oleh Rombongan Boru Sihabolonan Sirait. Memasuki ruangan dengan Tortor ‘Pasu-pasu“, Rombongan Tulang Sihotang disambut oleh rombongan Pengurus, Panitia dan Penasehat PSSSI/B dengan Tortor “menerima pasu-pasu” yang diikuti oleh seluruh Pomparan Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru/Bere yang hadir, dengan posisi berdiri bersama.

Sebagaimana layaknya upacara Adat Batak, khususnya kebiasaan upacara adat di pesta-pesta Simanjuntak menerima Tulang Sihotang, berlangsung penuh sukacita, haru dan meriah. Dengke berukuran besar yang dibuat di 2 (dua) “talam besar”, selanjutnya diserahkan pihak Tulang Sihotang kepada Simanjuntak Sitolu Sada Ina dan sebaliknya, Jambar Juhut (Daging Kerbau yang sudah disusun sedemikian rupa) di serahkan secara bersama-sama dan diterima secara bersama-sama oleh Tulang Sihotang. Sedangkan, “Parbue Na Pir yang dibawa dalam “tandok” oleh kaum Nantulang (paniaran ni Tulang Sihotang) diterima oleh petugas (boru) yang sudah ditunjuk untuk tugas tersebut.

Di akhir acara menerima Matani Ari Binsar Tulang Sihotang, protokol mengajak seluruh hadirin untuk kembali berdiri dan menyanyikan lagu “Si Arum Na Met-met i”, secara bersama-sama, sebagai ungkapan suasana jiwa Keturunan Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru Bere, yang bertumbuh dari kecil hingga besar, yang merupakan jawaban doa dan perjuangan Sobosihon Boru Sihotang, sang Ibu Leluhur.

Upacara Organisasi

Selain upacara agama (ibadah) dan adat, juga dilaksanakan upacara organisasi sebagai satu kesatuan dengan seluruh rangkaian kegiatan Pesta Bona Taon ini. Upacara organisasi di awali dengan mendengar Laporan Ketua Panitia yang disampaikan oleh Letkol. Inf. Sabar Simanjuntak. Dalam laporannya, Sabar menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran dan dukungan semua pihak atas pelaksanaan pesta ini.

Ketua Panitia Letkol. Inf. Sabar Simanjuntak, S.Ip pada kesempatan ini juga menyerahkan dukungan kepada salah seorang keluarga anggota PSSSI/B yang menghadapi kesulitan, sebagai ungkapan solidaritas si sada lungun, yang diterima oleh keluarga tersebut dengan sukacita dan penuh haru.

Momen Pesta Partangiangan ini juga ternyata merupakan masa periodisasi kepengurusan PSSSI/B Bandung yang dipimpin oleh Brigjen. (Purn) S.M. Simanjuntak, S.Ip, MSc yang telah memimpin PSSSI/B Bandung – Cimahi selama 3 (tiga) tahun. Sebagai bentuk pertanggungjawaban akhir, Ketua Umum menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus PSSSI/B Cabang Bandung – Cimahi periode 2005 – 2008.

Dalam laporan pertanggungjawabannya, Ketua Umum menyampaikan perkembangan PSSSI/B dan segala kesulitan yang dihadapi yang merupakan potret dinamika organisasi di tubuh PSSSI/B Bandung – Cimahi. Pada kesempatan ini juga, Ketua Umum yang akan mengakhiri periodenya ini, menyampaikan terimakasihnya kepada Tulang Sihotang, para paniroi, PSSSI/B Bandung – Cimahi, anggota PSSSI/B, panitia Pesta Bona Taon 2008, dan undangan yang datang dari luar kota Bandung – Cimahi. “Tanpa, keaktifan dan dukungan seluruh elemen Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru-Bere Kota Bandung – Cimahi, maka pengurus tidak dapat berbuat banyak untuk mencapai tujuan, sebagaimana kita capai saat ini,” akunya.

Usai menyampaikan kata sambutan, BrigJen. SM. Simanjuntak, S.Ip, MSc, memanggil Ketua Panitia Letkol. Inf. Sabar Simanjuntak, S.Ip, Sekretaris (Bungaran Simanjuntak), Ir. Parpunguan Simanjuntak dan Letkol (Purn) Simatupang/Br Simanjuntak untuk diulosi, sebagai tanda dan ungkapan terimakasih atas kerja keras panitia sejak merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan Pesta Bona Taon yang dapat berlangsung tanggal 6 April 2008. Pelantikan Pengurus PSSSI/B Bandung – Cimahi dan Serah Terima Jabatan. Usai pembacaan Laporan Pertanggungjawaban, acara dilanjutkan dengan Upacara Pelantikan Pengurus Baru. Pengurus Baru PSSSI/B periode 2008 – 2011 dipersilahkan mengambil tempat di depan menghadap hadirin dan selanjutnya ole Paniroi dilantik secara resmi yang ditandai dengan pembacaan dan penyerahan Surat Keputusan tentang Kepengurusan PSSSI/B Cabang Bandung – Cimahi periode 2008 – 2011, dan dilanjutkan dengan serah terima jabatan kepengurusan antara Brigjen. (Purn) S.M. Simanjuntak, S.Ip, MSc, kepada Ir. Jannes Simanjuntak, MSc, disaksikan paniroi dan jajaran pengurus lama dan baru. Usai dilantik dan serah terima, seluruh personalia pengurus baru mendapat ucapan selamat dari Paniroi dan Pangurus lama dengan jabatan tangan erat, pertanda besarnya harapan akan peningkatan pelayanan PSSSI/B di masa mendatang.

Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus GM-PSSSI/BBI Cabang Bandung

Pengurus Pusat GM-PSSSI/BBI yang khusus datang dari Pematang Siantar dan Medan, terdiri dari Ketua Umum Fernando Simanjuntak dan Sekretaris Umum Ir. Poltak Simanjuntak, didampingi Ir. Saud Hanaikan Simanjuntak (Ketua PSSSI/B Cabang Pematang Siantar), Brigjen (Purn) S.M. Simanjuntak, S.Ip, MSc (ketua PSSSI/B, pengurus lama), Ir. Jannes Simanjuntak, MSc (Ketua terpilih PSSSI/B Bandung – Cimahi), mengukuhkan dan melantik Pengurus Perdana GM-PSSSI/BBI Cabang Bandung. Pembacaan Surat Keputusan berikut susunan kepengurusan dilanjutkan dengan Pembacaan Berita Acara Pengukuhan dan Pelantikan No. 002/GM-PSSSI/BBI/IV/2008, oleh Fernando Simanjuntak, sebagai pertanda formal bahwa kepengurusan telah resmi sebagai cabang baru GM-PSSSI/BBI di Kota Bandung. Pembacaan ikrar bersama oleh Pengurus terpilih, berlangsung dengan lancar. Pengurus yang didampingi oleh masing-masing istri/suami mengikuti upacara pelantikan dengan serius.

Penyerahan AD/ART dan penyematan Pin tanda pengurus, secara simbolis di lakukan oleh Ketua Umum GM-PSSSI/BBI, kepada Ketua Cabang terpilih, Ir. P.B.D. Simanjuntak, dan kepada seluruh jajaran pengurus, Sekretaris Umum membagikan Pin tanda pengurus untuk disematkan masing-masing. Setelah rangkaian pengukuhan dan pelantikan selesai, seluruh jajaran kepengurusan mendapat ucapan selamat berupa jabat tangan.

Adapun pengurus GM-PSSSI/BBI Cabang Bandung periode 2008 – 2013, yang dilantik, adalah :

  • Ir. Paian B.D. Simanjuntak sebagai ketua Cabang,
  • Ir. Parpunguan Simanjuntak (Ketua I),
  • DR. Rinovia Simanjuntak (Ketua II),
  • Ir. Rizky Simanjuntak (Sekretaris Cabang),
  • Marthin Simanjuntak, S.Si (Sekretaris I),
  • Bungaran SImanjuntak (Sekretaris II).
  • Ir. Abdi Istora Simanjuntak (Bendahara) dan
  • Sriyani Indah Simanjuntak, S.Ked (Wakil Bendahara).

Kata-kata Sambutan

Kata sambutan pertama di sampaikan oleh Ketua Umum terpilih Ir. Jannes Simanjuntak, MSc, yang menyampaikan ucapan syukur kepada Tuhan atas penyertaanNya sehingga Pesta Bona Taon dapat terlaksana. Juga ucapan terimakasih kepada Tulang Sihotang, Bere Namora Jobi Sirait, Pengurus Pusat GM-PSSSI/BBI, Pengurus PSSSI/B dari luar Kota Bandung – Cimahi dan kepada seluruh donatur, panitia dan seluruh anggota yang memberikan dukungan moral dan material.

Mengakhiri Kata Sambutannya, Ir. Jannes Simanjuntak, MSc, mengutip kata-kata bijak, berupa umpama Batak : “Tua ni salaon, salaon ni natua-tua, Tua ni hita Simanjuntak Sitolu Sada Ina, Hahana ma Simanjuntak Raja Mardaup, Anggina Simanjuntak Raja Sitombuk, Siampudan ma Simanjuntak Raja Hutabulu; alai molo adong sada ulaon dos rohana mardua; alai molo adong tahi ni parjahat, dos do rohana manjua”. “Sitoropma dangkana, sitorop ma bulungna; gabe ma hula-hulana, songoni nang boru dohot berena”, Si Sada Lulu, Si Sada Lungun, Si Sada Las Ni Roha, laho mandapot cita ni rohanta, ima Hamoraon, Hagabeon dohot Hasangapon”, yang disambut oleh seluruh hadirin dengan”ucapan : Ima Tutu”.

Ir. Saud Hanaikan Simanjuntak, Ketua PSSSI/B Kota Pematang Siantar, mewakili undangan dari PSSSI/B luar Kota Bandung – Cimahi, menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia dan pengurus baru dan lama PSSSI/B Kota Bandung – Cimahi yang telah mengundang dan memberi kesempatan untuk bertemu dengan dongan tubu, boru, bere serta Tulang Sihotang di Kota Bandung ini.

Dalam sambutannya, Ir. Saud Hanaikan, mengungkapkan betapa kehadiran GM-PSSSI/BBI yang di awali dari Kota Pematang Siantar, mendapat sambutan yang cepat dari PSSSI/B Cabang Bandung, sebagai bukti adanya peningkatan komunikasi dan informasi antar PSSSI/B yang selama puluhan tahun nyaris tidak terjadi.

“GM-PSSSI/BBI, sebagai organisasi yang baru diharapkan sebagai mitra PSSSI/B dalam melayani kebutuhan warga Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru, Bere dan Ibabere yang semakin hari semakin kompleks, berragam dan membesar”, katanya dengan penuh penekanan.

Dengan jumlah yang diperkirakan mencapai 500.000 kepala keluarga, Simanjuntak Sitolu Sada Ina dan Boruna, dapat menjadi kekuatan baru dalam pengembangan kehidupan sosial, politik dan ekonomi di masa mendatang. Setengah bercanda, Saud menyatakan keprihatinannya, “kenapa belum ada anggota DPD atau DPR-RI yang duduk dari Keturunan Simanjuntak Sitolu Sada Ina, padahal itu sangat memungkinkan?”, katanya.

Mengakhiri kata sambutannya, Ir. Saud Hanaikan, menyampaikan dukungan dana dari PSSSI/B Kota Pematang Siantar dan GM-PSSSI/BBI se-Dunia, yang berjumlah 2,5 juta rupiah.

Kata-kata sambutan lainnya, disampaikan oleh perwakilan Dongan Tubu Simanjuntak Sitolu Sada Ina, yaitu DR. A. Simanjuntak, perwakilan Boru-Bere oleh H.P. Napitupulu dan seorang paniroi PSSSI/B Bandung – Cimahi, yaitu Prof. DR. T.O. Simanjuntak.

Upacara Adat

Upacara Adat terlaksana dengan baik, berupa “Ulos dari Tulang Sihotang, ulos dari PSSSI/B kepada Bere Sirait dan dari PSSSI/B kepada para donator. Selesai penyerahan dan penerimaan ulos, diikuti dengan acara makan bersama yang didahului penyerahan “tudu-tudu ni sipanganon” dan doa makan yang dimpimpin oleh St. L. Simanjuntak.

Mengisi acara makan bersama, Band dan Gondang Bhineka Ent. Dan Tagor Tampubolon melantunkan beberapa lagu menghibur seluruh peserta pesta. Mengakhiri acara makan bersama, St. E. Simanjuntak memimpin doa habis makan.

Selesai acara makan bersama, kegiatan dilanjutkan dengan acara Tor-tor, berturut-turut, Panitia yang diolopi Boru – Bere, Simanjuntak Sitolu Sada Ina, diolopi Boru – Bere, Boru – Bere, di pasu-pasu Simanjuntak Sitolu Sada Ina, Tulang Raja Sihotang, diolopi Simanjuntak Sitolu Sada Ina, Boru dan Bere dan Tortor Bere Namora Jobi Sirait, dipasu-pasu oleh Simanjuntak Sitolu Sada Ina.

Hiburan dan Lelang

Salah satu upaya panitia untuk menghimpun dana, dilaksanakan lelang, berupa Ulos, Gitar milik Tagor Tampubolon, Souvenir, bahkan lagu-lagu. Lelang berhasil mengumpulkan dana mendukung kepanitiaan yang berlangsung dengan penuh sukacita. Di selingi hiburan, juga dilaksanakan acara Tortor Naposo dan Door Prize.

Penutup

Upacara penutupan sebagai tanda mengakhiri seluruh rangkaian acara, dilaksanakan berupa Menyanyikan bersama lagu “O, Tano Batak”, Lagu Huria dan Doa Penutup oleh Pdt. Ch. Simanjuntak.

  • esra H. Sihotang

    salut atas terselenggaranya pesta bona taon Simanjuntak, inilah acara puncak acara syukur marga simanjuntak yang paling di bandung; pesta sebagai ucapan syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dimana Punguan simanjuntak dan Boruna dapat melewati tahun-tahun sebelumnya dan bisa bertemu dengan yang lainnya dalam keadaan sehat dengan sukacita, apalagi kami marga sihotang turut di undang juga. TUHAN MEMBEERKATI

    May 23 2008
    CommentsLike
    • bor-jun

      Buat Ito Jannes, Selamat yaa semoga PSSSI dan boru sekodya Bandung tetap berjaya dan bersinar semakin cemerlang …
      I am happy for you, Ito.

      April 13 2008
      CommentsLike
      • Domian Leonardo Simanjuntak

        Selamat atas terbentuk nya Pengurus GM-PSSSI/BBI Cabang Bandung periode 2008 – 2013
        Buat Appara Marthin, Good Luck Bro…
        Di butuhkan sentuhan orang muda seperti dirimu di saat ini
        Semoga segera terbentuk Pengurus cabang di derah lainnya di Portibi on

        mauliate
        Domian

        April 10 2008
        CommentsLike


        Recently Commented