Pemeriksaan Keropos Tulang dan Pengobatan Gratis di Gereja HKBP Sidikalang I

3
574

Dalam rangka jubileum 100 tahun Gereja HKBP Sidikalang 1,berbagai kegiatan dilakukan oleh panitia jubileum, salah satunya adalah pelayanan di Klinik Lansia AGAVE. Klinik Lansia Agave melakukan pemeriksaan keropos tulang (osteoporesis) bagi jemaat gereja HKBP Sidikalang dan masyarakat sekitarnya pada tanggal 12 April 2008, bertempat di kompleks gereja HKBP Sidikalang 1 di jalan Gereja No.1 Sidikalang.

Osteoporesis sekarang ini sudah merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat baik di Indonesia maupun di dunia. WHO memperkirakan angka kejadian keropos tulang ini 13%, sedangkan laporan dari Makmal Terpadu FK UI dijumpai angka kejadian 14,7 %. Terjadinya keropos tulang ini berhubungan dengan terjadinya peningkatan angka harapan hidup yang semakin meningkat. Sedangkan hubungan dengan perayaan jubileum 100 tahun HKBP Sidikalang , dikaitkan dengan Tahun Yobel (tahun ke lima puluh) pada bangsa Israel yang berarti tahun Kebebasan yang diberikan Tuhan pada bangsa Israel dari perbudakan di Tanah Mesir. Pada tahun Yobel bangsa Israel tidak hanya melakukan seremonial saja tetapi bangsa Israel kembali ke kampung halamannya, membebaskan orang yang berhutang, memberi makan kaum miskin , dan kembali kepada keadaan semula (restorasi).

Pelaksanaan kegiatan ini bekerja sama dengan PT Fonterra Indonesia, sebagai salah satu produsen susu yang memproduksi susu Anlene. Sebelum pelaksanaan pemeriksaan keropos tulang, terlebih dahulu acara dibuka dengan kebaktian singkat yang di pimpin langsung oleh bapak Pdt. SMD Simamora STh dan sambutan dari Dr. Daniel Sianturi sebagai Kordinator Klinik Lansia AGAVE. Dilanjutkan dengan penyuluhan tentang keropos tulang yang disampaikan oleh Ibu Aisyah dari PT Fonterra Indonesia.

Dalam ceramahnya Ibu Aisyah menyampaikan apa dan bagaimana proses pengeroposan tulang ini terjadi dan langkah apa yang harus dilakukan agar dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Pengeroposan tulang(osteoporesis) adalah keadaan dimana terjadi penurunan kepadatan tulang sehingga tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Keropos tulang dapat terjadi pada usia produktif dan pada usia lanjut. Pola makan seimbang, pola hidup sehat dan kecukupan asupan kalsium dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporesis).

Pada presentasinya Aisah menyatakan bahwa 2 (dua) dari 5 (lima) orang terjadi pengeroposan tulang. Dan, biasanya pengeroposan tulang ini tidak diketahui karena tidak memberi gejala yang nyata. Terjadinya pengeroposan tulang ini dapat diketahui salah satunya dengan melakukan pemeriksaan “Bone Densitometry” yaitu pemeriksaan densitas (kepadatan) tulang dengan menggunakan alat Densitometer. Alat ini langsung dibawa oleh Tim Pemeriksa dari PT Fonterra Indonesia.

Dalam kegitan ini juga seluruh peserta diberikan minum susu Anlene oleh PT Fonterra Indonesia. Pemeriksaan ini diikuti oleh 300 orang. Pemeriksan ini dimulai pada pukul 10.30 WIB, terjadi keterlambatan dari jadwal yang seharusnya dimulai pukul 9.00 WIB, berhubung jalan yang kurang baik menuju Sidikalang, dimana alat ini merupakan alat yang sensitif terhadap goncangan dan benturan. Sehingga pada pelaksanaan pemeriksaan ini beberapa peserta harus pulang ke rumah karena ketidaksabaran menunggu giliran. Acara pemeriksaan ini baru selesai pada pukul 20.30 WIB.

Pelaksanaan pemeriksaan keropos tulang ini dilanjutkan dengan konsultasi kesehatan dan pengobatan gratis. Konsultasi dan pelayanan pengobatan dilakukan oleh dokter dokter Klinik Lansia AGAVE, yang terdiri dari Dr. Budiman Simanjuntak M.Kes, Dr. Bonar Sinaga SpOG,  Dr. Rudy Purba, Dr. Eben Manalu, Dr. Lidya Siburian, Dr. Erna Marpaung, Dr. Asnat Sagala. Kegiatan ini juga dibantu oleh Pdt. Donny R. Padang, STh dan para sintua dan NHKBP Sidikalang I.

3 COMMENTS

  1. Penegakan hukum mrpk tanggung jawab bersama. Pelaku pembunuhan sebaiknya menyerahkan diri saja, drpd menerima akibat kemarahan w
    rga simanjuntak dan tindakan hukum sekaligus.

  2. Shalom ! Horas untuk kita semua warga HKBP.
    Klinik lansia ini merupakan titik awal menuju keberhasilan program Diakonia,yakni pelayanan kesehatan kepada jemaat yang merupakan manisfestasi iman ( *siula hata * )bukan hanya pendengar firman ( * sibege hata * ). Semoga pada waktu mendatang pelayanan ini makin ditingkatkan, misalnya pengobatan gratis katarak, bibir sumbing and so on. Jaring kerjasama dengan berbagai pihak baik dlam negeri maupun luar negeri.
    May God Bless Us.

  3. dear all pengurus klinik lansia HKBP Sidikalang

    Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan tulang (osteoporosis) geratis dari anlene sudah lama sekali dilaksanakan, semestinya pemeriksaan ini dilakukan setiap 6 bulan sekali, kami Team Anlene siap untuk diundang kembali ke sidikalang, dan siap untuk kegiatan yg lebih besar lagi (cth seminar, jalan sehat)

    kami tunggu kabar selanjutnya

    rgds
    aisyah
    (anlene nutrition representative)
    HP : 081260990998
    office : 061 8470951

LEAVE A REPLY