Asal-usul Batak

Sejarah Batak

Penelusuran sejarah, sebuah upaya yang bagi sebagian orang merupakan pekerjaan “kurang pekerjaan”. Tetapi, jika difikir lebih dalam, setiap manusia pernah atau paling tidak sekali dalam hidupnya pernah berkecmuk tanya, “saya ini dari mana awalnya?”, “suku kami dari mana datangnya”, “Batak ini darimana asal muasalnya?”

Nah, walaupun tidak bisa menjawab secara tepat atau utuh, tulisan pendek ini bisa jadi dibuat sebagai “pengganggu” fikiran kita untuk mulai melakukan pencarian jawaban tentang Apa dan Bagaimana Batak?

Versi sejarah mengatakan Si Raja Batak dan rombongannya datang dari Thailand, terus ke Semenanjung Malaysia lalu menyeberang ke Sumatera dan menghuni Sianjur Mula Mula, lebih kurang 8 km arah Barat Pangururan, pinggiran Danau Toba sekarang. Versi lain mengatakan, dari India melalui Barus atau dari Alas Gayo berkelana ke Selatan hingga bermukim di pinggir Danau Toba.

Diperkirakan Si Raja Batak hidup sekitar tahun 1200 (awal abad ke- 13). Raja Sisingamangaraja XII salah satu keturunan Si Raja Batak yang merupakan generasi ke-19 (wafat 1907), maka anaknya bernama Si Raja Buntal adalah generasi ke-20.

Batu bertulis (prasasti) di Portibi bertahun 1208 yang dibaca Prof. Nilakantisasri (Guru Besar Purbakala dari Madras, India) menjelaskan bahwa pada tahun 1024 kerajaan COLA dari India menyerang SRIWIJAYA yang menyebabkan bermukimnya 1.500 orang TAMIL di Barus.

Pada tahun 1275 MOJOPAHIT menyerang Sriwijaya, hingga menguasai daerah Pane, Haru, Padang Lawas. Sekitar rahun 1.400 kerajaan NAKUR berkuasa di sebelah Timur Danau Toba, Tanah Karo dan sebagian Aceh.

Dengan memperhatikan tahun tahun dan kejadian di atas diperkirakan: Si Raja Batak adalah seorang aktivis kerajaan dari Timur Danau Toba (Simalungun sekarang), dari Selatan Danau Toba (Portibi) atau dari Barat Danau Toba (Barus) yang mengungsi ke pedalaman, akibat terjadi konflik dengan orang-orang Tamil di Barus. Akibat serangan Mojopahit ke Sriwijaya, Si Raja Batak yang ketika itu pejabat Sriwijaya yang ditempatkan di Portibi, Padang Lawas dan sebelah Timur Danau Toba (Simalungun).

Sebutan Raja kepada Si Raja Batak diberikan oleh keturunannya karena penghormatan, bukan karena rakyat menghamba kepadanya. Demikian halnya keturunan Si Raja Batak seperti Si Raja Lontung, Si Raja Borbor, Si Raja Oloan, dsb. Meskipun tidak memiliki wilayah kerajaan dan rakyat yang diperintah. Selanjutnya menurut buku TAROMBO BORBOR MARSADA anak Si Raja Batak ada 3 (tiga) orang yaitu : GURU TETEA BULAN, RAJA ISUMBAON dan TOGA LAUT. Dari ketiga orang inilah dipercaya terbentuknya marga-marga batak

Sumber: disarikan dari buku “LELUHUR MARGA MARGA BATAK, DALAM SEJARAH

SILSILAH DAN LEGENDA” cet. ke-2 (1997) oleh Drs Richard Sinaga,

Penerbit Dian Utama, Jakarta

69 Replies to “Asal-usul Batak”

  1. saya sangat menyangkal kalau batak ada lebih 1300 tahun, argumen saya secara logika adalah,saya nababan no 19 dari sihombing saya no 20 sedangkan kalau saya telusuri si hombing keraja batak ada 7generasi baru kesihombing,jadi saya dari raja batak adalah generasi ke 27 analisa saya apabila satu generasi membutuhkan waktu 35 tahun 35 x 27 = 945 tahun dari raja batak kesaya lalu kalaupun di buat lebih maksimal 1200 tahun, jadi batak pertama dan timbulnya bahasa batak pertama kali bagaimana?.

  2. Buat lae nababan yang penuh penyangkalan.. mohon di baca kembali tulisan diatas, sepertinya ada salah paham dengan penulisan 1300 thn. Yang di tuliskan diatas adalah awal abad ke 13 jadi bukan awal thn 1300. Jika menurut anda 1 generasi 35 thn maka menurut saya lebih tepat 1 generasi 30 thn. Maka 30 x 27 = 810 thn yg lalu. Maka 2008-810 = 1198. Maka benar Si Raja Batak itu hidup pada sekitar awal abad ke 13

  3. lalu si Raja Batak Turunan dari Mana? kemudian kawin dengan siapa Lae, maaf pengen lebih dalam.

    Horas..

  4. lebih dahulu saya mohon maaf atas E-mail dan website yang saya tulis yang lalu, yang benar adalah ini.
    Penelitian mengatakan bahwa parhau ni bagas joro naparjolo na adong di Betlehem sebagian hau hapurbarus (Kapur Barus) dungi muse molo taingot tingki natubu Tuhan Jesus ndi sejarah hatutubu ni Tuhan Jesus, tolu halak saudagar parroha nasian purba (Timur) mamboan pesembahan tu Tuahan Jesus. Sada sian na sinombahon nai ima kemeyaan. Dua material nadi ginjang i, hanya ada di tapanuli(American Ensiclopedia). Adat dohot tata kekeluargaan ni halak batak mirip tu Jahudi. Antong ise do siraja batak i? Umur yang dijadikan patokan generasi, nampaknya tidak bisa sebagai patokan, belakangan ini rata-rata antara umur 25th – 30th bahkan cenderung lebih muda marhasohotan. sebaliknyapada jaman umur di atas orang tua kita, cenderung lebih tua baru mangoli. kalau kita kaitkan dengan tahun mula-mula adong si raja Batak, dohot “bahasa-bahasa tabas” sian bahasa timur tengah (selalu dimulai dohot hata “bissumillah”)
    Ini adalah bahan sebagai penambah wacana!

  5. Saya malah setuju dgn pendapat yg mengatakan bahwa eksistensi halak Batak sudah ada berabad sebelum Masehi. Bila yang dimaksud Kota Barus dalam catatan sejarah oleh Ptolemaus adalah Kota Barus yg berada di dekat daerah asal kampung kita-kita ini, berarti benar Bangsa Batak sudah lama bermukim di daerah kita sekarang. Tentunya bila kita percaya bahwa penduduk Barus tersebut adalah dari Suku Bangsa Batak.
    Seharusnya kita malah bangga bila memang Berita itu sesuai dgn fakta yang ada. Juga dari Berita-berita China, Pesia, India banyak menceritakan hubungan perdagangan dgn Barus dan beberapa Kerajaan Batak berabad sebelum tahun 1200 M menurut saduran anda di atas.
    Mungkin masa awal pembentukan Marga benar pada masa sekitar tahun itu bila dipercaya Si Raja batak adalah Nenek Moyang kita semua. Bilamana kita mau agak sedikit kritis, apakah Si Raja Batak hanya hidup dgn keluarganya saja di hutan (huta)itu? Apakah tidak ada masyarakatnya yang menjadi menteri, punggawa, tentara kerajaan, petani, pengrajin, nelayan, budak, dsb? Orang dari mana itu, dan tentunya satu bahasa dgn beliau. Berarti sudah ada kehidupan dan peradaban Batak sejak jaman yang sangat panjang sebelumnya. Tentunya mereka juga berketurunan dan tidak menafikan bahwa telah terjadi asimilasi dan perkawinan dgn keturunan Si Raja Batak selama berabad-abad kemudian. Itulah kita-kita ini sekarang keturunannya yg masih memegang Tarombo.
    Kalau kita mau jujur sebenarnya juga ada bangsa lain di sekitar kita sejak dahulu kala. Misalnya bangsa yg beragama Budha/ Hindu yg meninggalkan bekas peradabannya berupa candi-candi di sekitar Madina. Tidak jelas siapa mereka. Yang jelas saat ini daerah tersebut sudah menjadi daerah pengusung Budaya Batak sepenuhnya dari Puak Mandailing di Madina & Batak Rao di Sumbar. Mungkin mereka sudah terabsorbsi sepenuhnya menjadi orang Batak dalam masa panjang kemudian. Makanya saudara kita orang Mandailing (Selain Angkola yg tetap menyatakan sbg orang Batak) dari dahulu sepertinya anti dgn kata Batak dan menolak pendapat kesatuan asal usul dari Si Raja Batak.
    Tapi itu hak mereka karena kita pun sukar untuk membuktikan kepada mereka akan hal ini walaupun banyak marga kita yg sama dgn mereka, misalnya Siregar, Lubis, Hasibuan, Panggabean, Hutagalung, Sitorus, Pane, dsb. Perlu data sejarah yang lebih banyak dan lebih otentik lagi.

  6. suku saya adlah pakpak
    yg ingin saya tanyakan apkh pakpak,smlungun,toba,angkola,karo adlah satu nenek moyang
    setahu saya suku pakpak & karo itu nenekmoyangnya adlah dari india
    alasannya karo n pakpak memilki kmiripan bahasa,adat,

    pakpak adlah suku pertama yg mendiami SUMUT dgn argumen bahwa suku bangsa yg plg tua adlah identik dgn lambatnya prkmbangan budaya/iptek dan biasanya akan memilih tinggal di pedalaman
    how about you?????????????????????????????????????????

  7. kembali pada komentar sodara zo

    Yang kita tau selama nie batak ada 6
    toba,karo,simalungun,pak-pak,mandailing,angkota

    Pertanyaan saya apakah karo juga batak,..

    karna karo tu dari kerajaan haru dan sudah sebelum kerajaan batak ke sumut,..

  8. Horas,

    kalo menurutku sih ga ada itu individu yg bernama “RAJA BATAK” ,aku rasa nama RAJA BATAK itu semacam gabungan leluhur secara kolektif, penamaan RAJA BATAK itulah permulaan masyarakat yg tinggal di TAPANULI menamakan dirinya bangsa Batak.

  9. Salam

    Saya bukan orang batak, namun tertarik dengan sejarah orang batak, karena banyak teman saya orang batak.

  10. Kalo orang Batak dateng thn 1200, orang jawa dari mana yak ?????
    lah kok bahasanya ada yang sama, bahasa batak dan bahasa jawa ada yang sama
    3 tiga => telu = tolu

  11. Saya pernah mendengar cerita orang tua dahulu.(benar atau tidak harus dbuktikan dengan penelitian). Orang Batak berasal dari Pagaruyung. Orang BATAK berasal dari kata BAATAK’AN ( Bahasa Minang = yang ditempatkan disana) Kira-kira artinya orang yang ditempatkan disana. Mungkin karena sama sama dari rumpun Melayu Proto Melayu/ Deutro Melayu. Rumah adat Batak, Minang dan Toraja ada persamaannya.Dalian Na tolu. Seperti Tigo tungku sajarangan di Minang

  12. Seluruh tulisan yang ada tentang Asal usul orang batak pada saat ini apakah bersifat Legenda atau Keadaan sebenarnya ? Perlu bukti2 fisik untuk menjelaskannya agar tulisan tersebut tidak dianggap agenda.
    Mengapa kita tidak menggali peninggalan2 sejarah yang sampai saat ini mungkin masih tertanam di tanah batak untuk menyingkap asal usul orang batak (si Raja Batak) yang sebenarnya ?

  13. aq juga setuju kalo orang batak brasal dari daerah riau dan padang

    alasannya, di Riau ada kampung batak yang dah lama berdiri tapi g berkembang. sampe2 marganya pun dihilangkan n njadi warga melayu. cuma kata tetuanya, di kampung itu dulu banyak…. kali orang batak, terutama marga lubis. n pamungka hutanya katanya dari nai marata.
    jadi sebenarnya gimana???

    tapi itu dia, sifat kita beda dengan rumpun melayu yang laennya..
    kenapa gitu???

    salam kenal…

    jo sitorus

    tinggal di Riau

    masih lajang lho…
    bagi cew2 batak
    08127691429

    thanx…

    n tambahan, satu lagi, kita mirip sama orang minahasa juga, dari segi bahasa, rumah adat, alat musik, n baju adat.
    cemana tu????

  14. iya bener.. sama orang sunda juga 3 tiga = tolu = tilu(bhsa sunda)

  15. Alangkah eloknya, jika rumusan satu genrasi (35 tahun atau 30) mencantumkan sumber acuan. Setahu saya, perhitungan rata-rata orang memunculkan satu generasi adalah 25 tahun dan dulunya 20 tahun. Karena pada jaman dahulu, seorang wanita sudah melahirkan di bawah usia 20 tahun. lalu, karena faktor pendidikan, usia itu berada pada rentang 20 s.d. 30 tahun. Mediannya 25 tahun. Inilah yang dibuat acuan untuk menyebut kemunculan satu generasi. Dan setiap dekade cenderung berubah. Terlepas dari angka-angka itu, saya percaya orang batak sudah ada pada zaman mengalitikum (zaman batu besar). Ini justru masa sebelum masehi. Penelitian ini sudah pernah saya presentasikan dalam seminar internasional kemelayuan di Jakarta (2006). Dan klop dengan penelitian yang dilakukan oleh seorang arkeolog (alumni UGM. yang kini bekerja di Museum Sumatra utara). Bukti lain, saya melihat benda-benda megalitikum itu di kampung saya (samosir).
    NB. Bagaimana tanggapan Pak BAS tentang komentar saya atas buku Bapak???

  16. Memang sulit untuk merunut dan mengetaui silsilah Raja Batak dikarenakan sangat sedikitnya tulisan/peninggalan yg bisa ditemukan. Tapi terlepas dari itu semua, Si Raja Batak & Anak Kandungnya nya telah menurunkan dan membuat silsilah mereka denagan apik (dan saya kira pada zaman itu pasti ada masyarakat SELAIN MEREKA yang memiliki kesamaan Adat-Istiadat/Bahasa/). Tapi Ompung-Ompung kita tersebut “KEMUNGKINAN” Merantau dan Mendapat tempat dan mendiaminya dan itulah Tepi Danau Sekarang, Dan menurut pendapat saya “Pada saat itulah nama Si Raja Batak disematkan oleh keturunannya” untuk menghormati BELIAU sebagai orang yg sangat DITUAKAN & DIHORMATI.
    Mungkin beginilah “PEMIKIRAN SAYA” dengan merunut dan mendekatkan keadaan sejarah NUSANTARA pada abad-abad tersebut.

  17. butuh informasi yang lbh jelas dan bukti yang kuat br kita bisa tau mana yang sebenarnya. jangan terlalu melenceng dengan asumsi orang batak itu dari yahudi yg merantau, dari filipina, riau dan lain2.
    untuk keberadaan orang batak ada pada abad ke 13 itu sudah jelas salah karena memakai asumsi yang benar ngaco. saya jadi malu pada teman saya yang orang madura yang tau lbh bayak tentang budaya batak ketimbang anda. diA TAU SUKU BATAK TERSIRI DARI BEBERAPA SUKU (toba, simalungun, karo, pakapak, mandailing dan angkola). bahkan dia tau kalau orang batak itu bisa membuat marga baru setelah 60 keturunan. jadi marga kt awalnya ada ngak langsung segini banyaknya.
    lihat bukti sejarah tentang sarkopagus dan hubungan dangang yang sudah ada jauh sebelum tahun masehi. pada masa raja2 kuno di mesir di mumikan memakai kapur barus juga pada masa raja salomo yang sudah berhubungan dagang dengan barus.
    untuk menyatakan bangsa batak ada pada masa batu atau presejarah juga perlu di dalami lg dengan bukti karena saya tidak bs blg ini pendapat ini salah atau benar.

  18. semua pendapat di atas dapat juga bermanfaat supaya dapat memacu generasi muda untuk mengetahui asal usulnya. Walaupun memang masih jauh dari kenyataan akademik.
    Menurut saya asal-usul orang batak banyak versinya tetapi dapat di kelompokkan jadi 2 kelompok yaitu. Dari segi legenda dan akademik
    Saya dulu pernah membaca buku tentang asal-usul orang batak dan sebagai sharing saja akan saya bagikan untuk kita.
    Pada jaman sebelum masehi di daerah Vietnam selatan ada satu kerajaan yang sedang perang saudara berkepanjangan kemudian ada satu kelompok suku yang mengungsi dengan melalui sungai phietkhong mereka terbagi 2 perahu. Dari sungai mereka terus masuk ke laut tetapi karena badai yang deras akhirnya rombongannya ke 2 perahu tersebut terpisah yang 1 perahu mendarat di Sumatra sekitar daerah barus kemudian terus masuk ke pedalaman dan akhirnya mereka sampai di sianjur mula-mula merekalah yang menjadi cikal bakal suku batak yang 1 perahu lagi mendarat di sulawesi dan terus masuk ke pedalaman merekalah yang menjadi cikal bakal suku toraja. Kenapa mereka masuk kepedalaman kok tidak di pantai kerena pada jaman tersebut mata pencarian adalah berburu bukan memancing ikan dan juga kerena keyakinan pada batu-batu besar. Oke ini hanya sering saja moga bermanfaat

  19. Betul itu..
    dengan orang minang juga sama 3 = tolu = tilu = telu = tigo (sama2 awalan t)
    dengan bahasa melayu juga awalan t, 3 = tiga..
    dengan orang inggris juga 3 = three
    he..he.. berarti kita saudara semua..
    horas…

  20. horas!
    apapun sukunya yang penting kita tetap bangsa indonesia sesuai dengan semboyan bhineka tunggal ika

  21. Pada tahun 1275 MOJOPAHIT menyerang Sriwijaya, hingga menguasai daerah Pane, Haru, Padang Lawas. Sekitar rahun 1.400 kerajaan NAKUR berkuasa di sebelah Timur Danau Toba, Tanah Karo dan sebagian Aceh.

  22. saya sebagai batak toba saya mau menyatakan batak adalah batak,saya bangga menjadi orang batak yang merantau dan banyak disenggani bangsa suku lain…kita harus bersatu sebagai bangsa batak…HORAS…HORAS

  23. Horas….

    Makanya sudah saatnya kita generasi muda batak (batak apapun itu)untuk bersatu. Mari kita bentuk suatu organisasi/kumpulan yang serius yang mendalami asal muasal batak. Saya dengar peninggalan2 batak banyak ada di museum di belanda. Mungkin kita mulai telusuri dari sana. Mungkin kalau kita bersatu kita menjadi bangsa/suku yang kuat dan disegani. Mengapa tidak kita mulai dari sekarang?

  24. TVRI pernah menqapilkan tarian dan musik Thai di thn 1970-an dan salahsatu lagu-rakyatnya mirip dgn lagu sombaku amng rajanami, dst yang hanya memakai nada 1 – 5 ( do – so) itu. Di Birma konon marbagi jambar juga dikenal dan pohon kemenyaan juga tumbuh disana. Bisa kah ‘fakta’ ini mendukung teori bhw Orba berasal dari Thai / Burma ?

  25. Willem H Pasaribu

    Saya sedang mencari tambahan informasi mengenai asal usul Batak terutama asal usul kata Batak dan eh..ketemu blog lae simanjuntak ini. Tambahan informasi saya inginkan karena saya baru baca buku (terbitan baru: April 2010) dengan judul Kolonialisme dan Etnisitas : Batak dan Melayu di Sumatera Timur Laut. Saran saya supaya dibaca, karena dapat lebih memperluas wawasan kita tentang Batak. Dalam buku itu disebutkan bahwa istilah Batech (mirip Batak ya..) itu sudah mulai ada tahun 1430, kemudian istilah Bata muncul dalam tulisan-tulisan abad ke 16 dan ke 17. Kemudian tahun 1823 Jhon Anderson orang eropa pertama yang bertualang cukup jauh ke pedalaman pesisir timur laut Sumatera tidak hanya menggunakan nama umum ” Batta” tetapi juga menyebutkan nama-nama suku, yaitu Mandiling atau Kataran, Pappak, Tubba, Karau-Karau, Kappak dan Alas. Dalam buku itu banyak diulas bahwa istilah Batak diberikan kepada orang yang tinggal di pedalaman dan istilah Melayu penduduk di pesisir. jadi sepertinya istilah Batak itu adalah istilah ciptaan orang luar. Setelah membaca buku tsb, saya merenung dan ingin mencari referensi lain tentang istilah Batak ini (…saya terus terang bangga sebagai orang Batak..), dan ingin mencari tahu kapan penyusunan tarombo dimulai, karena dalam tarombo digunakan istilah Siraja Batak, sementara menurut buku tsb istilah Batak adalah dari luar.Dan banyak lagi pertanyaan mengelitik setelah membaca buku tersebut. Baiklah ini sebagai sharing.., mungkin dengan membaca buku tersebut dapat lebih jelas uraian saya. Mauliate. Horas.

  26. Ha.. ha.. ha…
    untuk apa kalian semua memperdebatkan hal yg kalian sendri tidak bisa menjelaskan dan tidak tau apa sudah yg terjadi…???

    jika alasannya hanya untuk memacu generasi muda untuk mengetahui leluhur, atau asal usulnya —— Ha.. ha.. ha,, sungguh alasan yg menggelikan.

    saya punya bbrp alasan, knp penulusuran akn darimana dan siapa nenek moyang kta dulunya adlh hal yg sia2.

    1. tidak ada keuntungan yg didapat, ketika kita mengetahui leluhur jadul kita itu.

    2. banyak biaya, tenaga, dan pikiran yg dikeluarkan hanya untuk hal yg sia2,, (tidakkah lebih baik pengeluaran2 itu di alihkan untuk sesuatu yg bersifat SEKARANG, atau MASA YG AKAN DATANG.)

    So.. saya mau mengutip perkataan Tokoh terbesar sepanjang masa… “yg lalu biarlah beralu, dan sesungguhnya yg baru sudah datang.

  27. ngga usah repot memberikan asal usul batak gitu aja kok repoot hehe… he,,,ompung sayapun kuburannya tak tau bahkan dainang pe dang diboto kuburanni sian damang dengan alasan masa penjajahan kacau balau asal muasalnya aja yang tau yaitu dari samosir. menurut pendapat saya bahwa batak itu berasal dari luar yang pelarian gara-gara kalah dari pertempuran secara gerombolan, nah dari gerombolan inilah diangkat seorang raja yaitu di buat siraja batak, agar lebih tahu lagi sampai sekarang saya belum tahu arti batak tersebut apakah dia akronim atau dirubah dari kata lain menjadi batak itu perlu juga dikaji lebih dalam dan kata raja itu berasal dari mana dan kapan timbul kata raja. perlu juga belajar asal usul kata misalnya kata-kata sekarang banyak contoh yg diubah-ubah itulah ciri-ciri indonesia agar beda sikit tapi itu-itu juga seperti pemerintah ganti orangnya ganti judul agar siiikit berubah biar ada nama perubahan namun itu juga hasilnya kapan jadi profesor yang jujur yaaa? pada hal tuhan memberikan akal manusia untuk menemukan rahasia Allah yang bermanfaat bagi manusia namun gara-gara bolanda tidak memberi giji kepada bangsa indonesia pada masa penjajahannya ya gitu deh akibatnya bahkan sekarangpun sudah diracuni oleh bangsa sendiri bangsa lain kapan kita sadari ini persoalan sudah begitu canggih kiamat mungkin sudah dekat lihat saja yang berbicara di acara televisi hampir rata-rata sandiwara jadi kesimpulannya berbuatlah hidup ini dengan benar jadi otak-otot jadi tegar, klo sudah tegar orangpun akan bergetar karena pendapat kita benarrr, makanya nenek moyang kita menitipkan kepada bangsa ini agar maju tak gentar membela yang benar, bukan membela yang bayar ya nda. untuk membuktikan hal tersebut jangan lupa kita membuat laboratorium untuk menyelidikinya. janganlah kita mendengarkan raja parhata yang pintar bersilat lidah tanpa ada bukti atau dokumen yang bisa di contoh oleh generasi penerus. serta saya sendiri sudah berusaha mencari tapi dimana alatnya, semua dikorupsi oleh gayusgayus yang masih gentayangan disanasini okelah lae smoga ini bermanfaat semoga hasil selanjutnya dapat kita buktikan dengan ilmu. bukan begini begitu….. saya jadi malu…. heeee haaaa. wassalam.

  28. perlu dikaji dan lebih dalam lg mengenai sejarah asal mula bangso batak…biar ga terjadi perbedaan pendapat,sebagai modal kita apabila suatu saat kita d tanya oleh org lain yg bukn org batak,yg dmn dia ingin tahu ttg asal bangsa batak..jd kita td memberi penjelasan yg sebnar nya kita pun tdk tahu itu benar ato tidak…jd maksd saya d buat suatu kesimpulan…jgn malah bnyak persepsi…membuat pembca jd bingung…horas lanjutkan perjuangan.

  29. Bangsa Batak sukadamai. Memilih habitat disekitar Danau Toba, setelah dihajar Mongol dari Hindis Belakang (istilah Multatuli utk Burma, Thailan, Malaysia). Di danau Toba ada ikan mas, di daratanya sawah hasilkan beras, kerbau memasok dadih, pinahan lobu siap dicincang, maka lengkaplah 4 sehat 5 sempurna, sehingga ada waktu merancang tarombo dan adat. Coba kalau tinggal di pesisir, sebentar2 sudah berperang karena selalu diganggu pasukan berkapal dan terlatih berperang.Andai memilih tinggal di pesisir, tak ada waktu utk merancang struktur adat dan silsilah pohan, eh pohon.Juga menciptakan aksara (hanya 8 suku yg punya aksara di Nusantara). Kesimpulannya, ada untung rugi memilih habitat.

  30. Legenda juga bisa jadi acuan,walau tak 100%. Ratu Sima ada yg menganggaonya legenda, demikian juga ramalan Joyoboyo ttg Ratu Adil, yg sampai berversi-versi. Bahkan Wali Songo yg terhitung masih baru. Terakhir relief kapal di dinding Borobudur huga diperdebatkan. Kelompok Sriwijaya Plb ngaku bhw jenis kapal itu adalah asli Sriw, yg digunakan Syailendra, sementara Dirjen Sejarah Kemeng Parbud ngaku kpl Majapahit yg pernah dilayarkan ke Okinawa Jepang, yg mana yg betul ?

  31. Legenda juga bisa jadi acuan, asalkan tdk 100%. Ada yg anggap Ratu Sima hanya legenda bahkan Kisah Wali Songo yg masih relatip baru. Ramalan Joyoboyo ttg Ratu Adil juga ber-versi2 dan terakhir relief kpl majapahit di dinding Borobudur diklaim sbg asli Sriwijaya yg digunakan oleh Syailendra. Tokh Durjen (?) Sejarah Kemneg Budpar ngotot bhw kpl itu asli Majapahit dan telah pernah singgah di Okinawa Jepang dulunya.

  32. Bua lae Partomuan Manurung, Lae lahirnya dimana yah? Pernah nggak baca Tarombo Batak? Si Raja Batak bukanlah Gabungan leluhur secara kolektif. Sebagai orang BATAK dan menggunakan Marga Batak, dapat ditelusuri asal-usulnya. Sesuai Literatur maupun pengakuan umum, bahwa Nenek Moyang ORANG BATAK adalah Si RAJA BATAK yang dulunya bermukim di Pussuk Buhit.

  33. saya rasa, org Batak asalnya dari Pulau Samosir, saat terjadi ledakan di perut bumi, terjadilah gempa yg menyebabkan cecukann di sekitar Pula Samosir; alhasil krn. intensitas hujan dan luapan air dr hulu sungai yg bermiara ke cecukakn (lembah) yg disebut dgn Danau Toba, alhasil Pulau Samosir terkepung o/ luapan air yg disebut Danau Toba tsb. artinya org Batak sdh ada sebelum Danau Toba terbentuk; dan semua asalnya dari Pulau Samosir; itulah kenapa dlm kultur Batak Toba, terbagi 3 yaituL Humbang, Samosir dan Toba; namun semua muasalnya dari bangsa Israel; disinyalir, org Batak asalnya dari bangsa Israel, perhatikan saja ada-istiadatnya. saya bkn org Batak; tetapi saya sekolah di Tel Aviv, dan di perpustakaan yg saya pernah kunjungi ada buku yg menceritakan suku batak berasal dari suku Zebulon.

  34. Batak sudah ada pada masa kejayaan Mesir..dapat dibuktikan dengan perdagangan kapur BARUS dari BARUS ke mesir untuk kepentingan pembalseman mayat2 mesir..karna pada jaman itu,,pengelolaan kapur barus baru daerah barus yang mengetahui..

    BATAK baru diartikan setelah masuknya pengaruh HIndu/Budha ke Nusantara..sebelumnya menggunakan nama (belum diketahui)..

    kata “RAJA”berasal dari melayu.sebelum menggunakan kata RAJA,orang batak menggunakan kata —(belum dketahui scara pasti),,banyak kebudayaan melayu yang diadopsi rakyat batak.hal ini diakibatkan perang perang yang terjadi..sebelumnya menggunakan (belum diketahui)..

    Bahasa dan aksara adalah hasil akulturasi antara kebudayaan batak dengan melayu kuno..akibat pelayaran yang dilakukan oleh bangsa melanisia(sebutan untuk pengarung lautan dari wilayah utara asia) ke wilayah Nusantara, maka batak juga mendapatkan akulturasi baik dari segi budaya dan aksara..yang dimana aksara asli batak adalah (belum diketahui)..

    Penyebaran rakyat batak bukan hanya di sekitar sumatera utara saja,,tapi mencakup sebagian wilayah Aceh dan Minang(Minang Rao,”Tuanku Rao yg ditulis oleh MOP”)

    TAROMBO atau susunan silsilah keturunan orang batak ada semenjak RAJA BATAK pertama mulai melakukan sistem kepemerintahan..bukan kepemerintahan seperti sekarang tepatnya,,tapi untuk mengatur norma-norma, etika,dan adat…hal ini adalah sifat naluriah manusia untuk memilah-milah..sebelumnya (belum diketahui secara pasti)..

    penjelasan,,
    kenapa setiap kata yang saya tulis selalu diakhiri dengan “BELUM DIKETAHUI”,,karna pembuktiannya belum didapat secara akademik..semua masalah akan diselesaikan dengan akal dan pikiran yang di anugerahi oleh TUhan kepada kita..
    Jadi,,mari kita sama-sama menggali asal usul kita darimana..
    siapa bilang ini tidak penting,,jika kita tidak mengetahui darimana asal-usul kita,,maka apa kata dunia??

    satu lagi,,tanpa mengetahui asal-usul kita,,tidak mungkin kita menjadi bangsa yanng hebat..

  35. saya sudah membaca isi blog ale Nasution namun ada yg kurang akurat menurut saya tentang kepercayaan orang batak dulu yaitu kepercayaan Malim.Kepercayaan malim mengharamkan makanan daging babi.sementara adat batak dalihan na tolu tidak dapat di lepaskan sejarahnya dari daging babi.Pada saat Tuan Rum telah menyelesaikan pengajarannya kepada Sori Mangaraja.maka tuan rum memanglnya,dan mengatakan hanya sampai disinilah yang dapat aku ajarkan kepadamu.Karena saya harus pergi dan kita harus berpisah,dan buatlah makanan perpisahan,sekali gus mengakhiri pelajaran itu.Ambillah seekor pinahan lobu{babi}yang sedang besarnya untuk di potong dan kita makan bersama buatlah empat bagian terdiri dari bagian 1 kepala seluruhnya,ke 2 leher seluruhnya,ke 3 ihurihur seluruhnya ke 4 sisanya,bagian sisa ini termasuk bagian dalam masklah untuk kita makan sedang yang ketiga bagian hanya direbus saja.Setalah dipotong2 di mask dgn darahnya beserta bumbu_bumbunya.sebelum makan Tuan Rum mengatur duduk mereka di dalam rumah itu.Kemudian dibuatlah nama bagian juhut itu sebagai berikut.bagian satu di sebut Ulu ke dua rukkung ke tiga ihurihur.Ulu serahkan seluruhnya kepadaku karena sayalah yang kamu hormat didalam rumah ini sekarang.Rukkung untuk saudaramu perempuan karena dialah yang memotong dan menyediakan makanan ini untuk kita semua,ihurihur untuk Sori Mangaraja karena dialah hundulan ulaon atau yang melaksanakan itu.untuk di ketahui kata Tuan Rum pembagian makanan inilah yg di sebut,DALIHAN NA TOLU.
    Dengan kisah awal mula adat batakyang menurut riwayatnya di bawa oleh tuan rum.dan tuan rum ini datang dari Torsina atau asia tengah.Antara adat dalihan natolu dengan ,ugamo malim sangat jauh jaraknya ada sekitar 35 s/d 40 generasi atau sekitar 1000 tahun.
    Sebelum Mangaraja Bonggaran menyeberangi selat malaka sudah ada ketidak cocokan persepsi dgn bangsa mesir,dan didalam alkitab juga dapat kita lihat,Tidak ada dikatakan menunggang kuda atau unta.karena itu adalah ternak atau peliharaan bangsa mesir.Demikian juga mangaraja bonggaran tidak ada membawa kuda ke pulau sumatera.
    Dari hal ini dari mana mungkin Mangaraja Bonggaran mengadut kepercayaan ugamo Malim

  36. Semua komentar dan pendapat tersebut baru hanya dugaan yang kebenaran nya masih sangat-sangat di ragukan karena kalu pun ada bukti nya tidak cukup dan sangat lemah. Tapi kalau kita percaya dengan Agama, yang pasti semua nya kita adalah keturunan Adam dan Hawa.

  37. umur orang zaman dulu sepertinya sekitar 100an. jd klo sundit 17 berarti sudah ada sekitar 1700thn lalu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.