Pesta Perayaan HUT ke-53 PSSSI&B Kota Pematang Siantar, Sukses dan Meriah

7
413

PESTA PERAYAAN HUT KE-53 PSSSI&B KOTA PEMATANG SIANTAR, SUKSES DAN MERIAH DIRANGKAIKAN DENGAN PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN PENGURUS CABANG PSSSI&B KOTA PEMATANG SIANTAR, PENGURUS CABANG GENERASI MUDA PSSSI&BB, SERTA PENGURUS PUSAT GM-PSSSI&B SE-DUNIA

JuntakNews, Medan (8/03/08) Pesta Perayaan HUT ke-53 PSSSI&B Kota Pematang Siantar, yang dilaksanakan di Lapangan Yayasan Pendidikan HKBP, Jl. Gereja Kota Pematang Siantar, (08/03) berlangsung sukses dan meriah yang diperkirakan dihadiri 5.000 an undangan yang terdiri dari anggota PSSSI&B Kota Pematang Siantar, utusan PSSSI&B Cabang Silindung, Bandung/Cimahi, Medan, Balige, Kabupaten Dairi dan Pakpak Bharat, Kabupaten Simalungun, Humbang Hasundutan dan Tulang Sihotang dari Kota Medan dan Kota Pematang Siantar, Boru Sihabolonan Sirait, Utusan Haha Doli Siahaan dan Anggi Doli Hutagaol.

Mengawali seluruh rangkaian kegiatan, rombongan Pengurus PSSSI&B Kota Pematang Siantar beserta Panitia Pelaksana terlebih dahulu melaksanakan safari keliling Kota Pematang Siantar menggunakan puluhan kenderaan pribadi, di kawal voredeer bersirene. Kenderaan terdepan Rombongan safari keliling kota Pematang Siantar membawa bendera dan pataka yang mengundang perhatian penduduk Kota Pematang Siantar.

Safari keliling kota di awali dari kediaman Ketua PSSSI&B Kota Pematang Siantar Ir. Saud Hanaikan Simanjuntak dan berakhir di kediaman Praeses Sumatera Timur Pdt. DR. Plaston Simanjuntak, STh, MTh yang dilanjutkan dengan doa bersama yang di pimpin Pdt. Tendens Simanjuntak. Dari kediaman Praeses, selanjutnya rombongan menuju lokasi pesta yang tidak jauh dari tempat tersebut.

Rintik hujan, ternyata tidak menyurutkan niat para undangan dan peserta pesta untuk berduyun-duyun memasuki area pesta yang disambut panitia penerima tamu dengan menyerahkan tanda identitas sundut dan keturunan, masing masing undangan.

Acara pertama di mulai dengan Ibadah Bersama yang dipimpin oleh Pendeta J. Simanjuntak yang berlangsung penuh sukacita. Lantunan lagu dan doa berkumandang menciptakan suasana persaudaan dan ikatan kasih penuh sukacita. Di bagian akhir ibadah, 3 (tiga) orang pendeta yang juga keturunan Simanjuntak Sitolu Sada Ina, serentak memberkati seluruh undangan dan peserta ibadah. Seluruh rangkaian ibadah merupakan ungkapan syukur atas perkenaan Tuhan memberikan PSSSI&B Kota Pematang Siantar dapat meraih usia ke-53.

Hata Huhuasi :
Di panggung acara yang berlatarbelakang baliho besar bergambar Tugu Sobosihon Boru Sihotang dan Tulisan PERAYAAAN HUT KE-53 PSSSI&B KOTA PEMATANG SIANTAR DAN PELANTIKAN PENGURUS PSSSI&B PEMATANG SIANTAR, GM-PSSSI&BB SE-DUNIA DAN GM-PSSSI&BBI KOTA PEMATANG SIANTAR, Ketua Umum Panitia – Drs. Ramses Simanjuntak, menyampaikan ucapan selamat datang (hata huhuasi). Dalam hata huhuasinya, Drs. Ramses Simanjuntak mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada semua pihak yang memberikan dukungan sehingga acara ini dapat dilaksanakan.

Hata Huhuasi juga disampaikan oleh Ketua PSSSI&B Kota Pematang Siantara – Ir. Saud Hanaikan Simanjuntak – yang juga dikenal sebagai wakil ketua DPRD Kota Pematang Siantar ini. Dalam hata huhuasinya, Ir. Saud Hanaikan Simanjuntak, mengungkapkan kebanggaanya atas perkenaan seluruh anggota PSSSSi&B Kota Pematang Siantar dari sektor-sektor, jajaran pengurus lama dan baru, para tokoh PSSSI&B, para utusan cabang PSSSI&B, Pengurus Pusat PSSSI&B se-Dunia, Tulang Sihotang dan Boru Sihabolonan Sirait, untuk hadir merayakan HUT ke-53 PSSSI&B Kota Pematang Siantar dan Upacara Pelantikan Pengurus PSSSI&B Kota Pematang Siantar, Pengurus GM-PSSSI&BB se-Dunia serta GM-PSSSI&BBI Cabang Kota Pematang Siantar periode 2008 – 2013.

Pelantikan Pengurus PSSSI&B Kota Pematang Siantar Periode 2008 – 2013

Pengurus Pusat PSSSI&B se-Dunia yang juga diundang khusus dalam perayaan HUT ini, selanjutnya melantik Pengurus PSSSI&B Kota Pematang Siantar periode 2008 – 2013 yang ditandai dengan pemanggilan seluruh personalia kepengurusan ke tengah lapangan, pembacaan ikrar pengurus, pembacaan Surat Keputusan dan penyerahan pataka organisasi oleh Ketua PSSSI&B se-Dunia — Mangantar Simanjuntak, yang diterima langsung oleh Ketua PSSSI&B Kota Pematang Siantar periode 2008 – 2013 Ir. Saud Hanaikan Simajuntak disaksikan dan disambut tepuk tangan dan tabuhan genderang gondang sabangunan oleh ribuan peserta perayaan HUT PSSSI&B ini.

Mengakhiri prosesi pelantikan ini, dilakukan penyerahan ulos sebagai tanda pemberian bulang-bulang kepada Ketua PSSSI&B Kota Pematang Siantar, beserta parsonduk bolonya boru Manik, sebagai bentuk pengakuan dan dorongan menjadi salah seorang keturunan Simanjuntak Sitolu Sada Ina yang dapat menjadi panutan (anak na pinatujolo) di Kota Pematang Siantar.

Pelantikan Pengurus GM-PSSSI&B se-Dunia

Menindaklanjuti hasil sarasehan yang diikuti oleh Pengurus PSSSI&B Kota Pematang Siantar dan utusan beberapa cabang PSSSI&B serta Pengurus Pusat PSSSI&B se-Dunia, yang dilaksanakan tanggal 7 Maret 2008 di Partukkoan Simanjuntak Sitolu Sada Ina Jl. Merak Pematang Siantar yang memutuskan pembentukan dan penetapan fungsionaris Badan Pengurus Harian GM-PSSSI&B se-Dunia, maka Pengurus Pusat PSSSI&B se-Dunia mengukuhkan dan melantik Pengurus Pusat GM-PSSSI&BB se-Dunia.

Pengukuhan dan pelantikan GM-PSSSI&BB se-Dunia, terlaksana yang ditandai dengan pembacaan nama-nama fungsionaris Pengurus Harian yang terdiri dari : Fernando Simanjuntak (Ketua Umum), Ir. Poltak Simanjuntak (Sekretaris Jenderal), IPTU T.P. Butar-butar, SH (Bendahara), Merlyn Simanjuntak (Ketua I). Seluruh fungsionaris didaulat ke tengah lapangan yang didampingi parsonduk bolon masing-masing.

Ketua PSSSI&B se-Dunia, Mangantar Simanjuntak, secara resmi melantik Pengurus Pusat GM-PSSSI&BB se-Dunia periode 2008 – 2013 yang ditandai dengan pembacaan ikrar pengurus, pembacaan surat keputusan.

Dalam surat keputusan Pengurus Pusat PSSSI&B se-Dunia, selain menetapkan funsionaris GM-PSSSI&BB se-Dunia, juga memberikan pengugasan kepada Pengurus Harian yang terpilih untuk melengkapi kepersonaliaan kepengurusan lengkap, sosialisasi GM-PSSSI&BB kepada cabang-cabang PSSSI&B seluruh Indonesia, menyusun AD/ART dan pelaksanaan Musyawarah Pertama GM-PSSSI&BB se-Dunia.

Pelantikan Pengurus GM-PSSSI&BBI Kota Pematang Siantar periode 2008 – 2013

GM-PSSSI&BBI Cabang Kota Pematang Siantar, sebagai cabang pertama yang dimiliki oleh GM-PSSSI&BB se-Dunia, mendapat kesempatan pertama dilantik dan dikukuhkan oleh Pengurus Pusat PSSSI&B se-Dunia. Pelantikan ditandai dengan pembacaan surat keputusan dengan susunan kepengurusan GM-PSSSI&BBI cabang Kota Pematang Siantar – yang diketuai oleh Fernando Simanjuntak, Sekretaris Ir. Daud Simanjuntak dan Bendahara Ganda Nababan, SPd.

Usai di lantik, ketua PSSSI&BBI Kota Pematang Siantar menerima pataka organisasi yang diserahkan langsung oleh Ketua PSSSI&B Kota Pemtang Siantar – Ir. Saud Hanaikan Simanjuntak, kepada Fernando Simanjuntak yang juga Ketua Umum GM-PSSSI&BB se-Dunia itu.

Upacara Adat

Sebelum memulai upacara adat, panitia melaksanakan lelang sebagai upaya pengumpulan dana bagi pembiayaan pesta. Berbagai jenis paket makanan dilelang yang berhasil mengumpulkan dana yang cukup besar yang akan diperuntukkan sebagai pengganti biaya pesta. Usai acara lelang, dilanjutkan dengan pelaksanaan acara adat berupa penyerahan jambar berupa daging (juhut) kerbau dan ikan (dekke) kepada masing-masing utusan sesuai dengan posisi adatnya.

Untuk menggenapi seluruh rangkaian adat, diiringi Gondang Sabangunan, dilaksanakan tor-tor masing-masing utusan sesuai urutan yang ditetapkan dalam jadual acara. Seperti layaknya upacara adat tor-tor, maka kedua belah pihak yang berkepentingan adat untuk setiap tor-tor juga menyerahkan ulos dan menerima piso-piso. Acara ini berlangsung meriah namun tetap bersahaja sebagai suatu acara yang berlandaskan nilai budaya Batak.

Suasana ini, semakin meriah, ketika S’TAK BROTHER’s, grup artis yang khusus didatangkan dari Jakarta ini membawakan lagu “Great Simanjuntak” yang juga menjadi ikon lagu di situs on-line Simanjuntak Sitolu Sada Ina yang sudah di launching sehari sebelumnya itu. Agusto Simanjuntak, yang bertindak sebagai pimpinan group ini, menunjukkan kepiawaiannya dalam mengajak partisipasi seluruh undangan untuk bersama-sama menyanyikan lantunan lagu-lagu yang mereka lantunkan. Kesempatan ini juga, tidak disia-siakan oleh panitia dengan mengundang hadirin untuk menyumbangkandana, sebagai partisipasi pembiayaan pesta ini.

Upacara adat, berupa tor-tor berlangsung hingga jam 9.00 malam yang diikuti secara antusias oleh sektor-sektor PSSSI&B Kota Pematang Siantar yang ditutup dengan doa bersama, sebagai pertanda berakhirnya seluruh rangkaian acara.

Ketika JuntakNews, menemui Ketua PSSSI&B Kota Pematang Siantar dan Ketua PSSSI&B Bandung-Cimahi pada saat sarapan pagi di sebuah restoran di salah satu sudut Kota Pematang Siantar ini, mereka menyatakan bahwa “pesta itu berlangsung sesuai dengan rencana, dan ini menjadi suatu pertanda di mulainya era baru Simanjuntak Sitolu Sada Ina yang lebih peduli terhadap prinsip bersama Si Sada Lulu, Si Sada Lungun, Si Sada Las Ni Roha, untuk mewujudkan cita-cita bersama : Hamoraon, Hagabeon dohot Hasangapon”, ungkap mereka. Semoga.

7 COMMENTS

  1. Makin bangga aku menjadi salah satu keturunan Simanjuntak. Semoga Simanjuntak bisa menjadi satu marga yang besar dan makin kuat persaudaraan antara kita….Horas

  2. Tolong masukkan berita pesta pelantikan pengurus PSSSI Kab Dairi -Pakpak Bharat. Pesan dari ketua umum Jokkas Simanjuntak (H-15)

    Horas

  3. Horas

    Mauliate di usul ni Ketua PSSSI&B Dairi/Pakpak Bharat i asa pamasukkon berita pesta pelantikan PSSSI&B Dairi dan Pakpak Bharat. Alai adong persoalan saotik. Bahan ni berita i porlu lehon non nasida tu hami, dohot foto-foto kegiatan i. Jadi, hatop ma kirim hamu tu hami boi ma melalui email poltak@simanjuntak.or.id, manang kirim lewat pos tu medan. Mauliate.

    Sahat ma tabe tu sude anggota PSSSI&B Kab. Dairi/Pakpak Bharat, terutama ma tu lakkam dohot tu Jokkas Simanjuntak. Semangat torus…

    Poltak Simanjuntak

  4. Horas…!!!
    Selamat buat seluruh Pengurus GM-PSSSI&B se-Dunia. Semoga Simanjuntak serta Pomparannya semakin maju. Sayang sekali saya tidak bisa hadir pada acara tersebut.

    Salam Kami,

  5. Selamat atas pesta simanjuntak di Siantar
    semoga Tuhan Memberkati
    Sukses selalu.
    Mauliate.

LEAVE A REPLY