Pokok-pokok Pikiran dan Seruan Ketua Uumu GM-PSSSI&BB se-Dunia

0
189


PENGURUS PUSAT GENERASI MUDA
PARSADAAN SIMANJUNTAK SITOLU SADA INA BORU – BERE
(GM-PSSSI & BB) Se-DUNIA


PEMATANG SIANTAR, 8 MARET 2008

Horas, Hidup Simanjuntak Sitolu Sada Ina! Hidup Generasi Muda…!

Sepatutnyalah kita semua bersyukur ke Hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala berkat, penyertaan dan anugerahNya yang luar biasa, yang memungkinkan kita Pomparan Simanjuntak Sitolu Sada Ina, Boru – Bere, untuk bersama-sama mendukung pembentukan Generasi Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru – Bere se-Dunia yang pengukuhan dan pelantikan Pengurus Hariannya, dilaksanakan pada tanggal 7 – 8 Maret 2008.

Generasi Muda PSSSI&B, Boru dohot Bere, yang saya banggakan,

Kita bersyukur atas dikukuhkannya Generasi Muda Simanjuntak Sitolu Sada Ina, Boru dohot Berena se-dunia. Ini, merupakan langkah awal, diberikannya peluang bagi Generasi Muda Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru Bere, di seluruh dunia untuk bersatu, bersama, berfikir dan bertindak bagi pengembangan kehidupan warga Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru dohot Bere, di segala bidang secara proporsional, rasional dan professional.

Pada awalnya, kami di dera oleh rasa ragu yang besar, dan diselimuti pesimisme yang cukup beralasan. Namun, didorong keinginan kuat dari Generasi Muda Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru-Bere yang berdomisili di Pematang Siantar, dan setelah mendapat dukungan, sokongan dari tokoh-tokoh Generasi Muda dan PSSSI&B dari berbagai kota/kabupaten di Indonesia, bahkan dari luar negeri, kami kembali dikuatkan untuk melanjutkan niat mulia ini, sehingga memberanikan diri untuk melanjutkan berbagai upaya Persiapan ke arah pembentukan GM-PSSSI&BB se-dunia.

Segera setelah kami ditunjuk sebagai panitia, kami melakukan serangkaian kegiatan, salah satu diantaranya adalah Safari Pembentukan GM-PSSSI&BB se-dunia, yang bermaksud mendengar, meminta, mengajak dan meyakinkan Generasi Muda Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru dohot Bere, serta para tokoh dan pengurus PSSSI&B, untuk menyamakan persepsi serta mendulang dukungan terhadap maksud ini.

Dari safari tersebut, kami mendapat respon yang tidak terduga dari awal. Hampir seluruh cabang-cabang, tokoh-tokoh dan pihak-pihak yang kami hubungi menyatakan dukungannya secara eksplisit bahkan lebih dahsyat lagi, mereka menyatakan siap untuk bergabung dan bersama-sama dalam upacara pengukuhannya. Untuk mereka, yang memberi inspirasi, spirit, bantuan moral, spiritual dan material, kami mengucapkan terima kasih.

Dengan demikian, saya nyatakan bahwa GM-PSSSI&BB se-dunia yang dibidani dari Kota Pematang Siantar, merupakan milik seluruh warga Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru dan Bere di sude luat portibion.

Pembentukan GM-PSSSI&BB se-dunia, tentu bukanlah semata-mata menambah daftar panjang organisasi sosial kemasyarakatan yang sudah ada. Namun, lebih dari pada itu, kehadiran GM-PSSSI&BB se-dunia, adalah merupakan wujud mimpi panjang kita bersama yang menginginkan terjadinya pembaharuan dari hari ke hari dan terjadinya peningkatan kualitas hidup bersama, khususnya di tengah-tengah warga Simanjuntak Sitolu Sada Ina.

Berdasarkan hal tersebut, maka kami menetapkan suatu prinsip organisasi yang harus di pegang teguh dan menjadi inspirasi bagi para pengurus dan anggotanya, yaitu : “SI SADA LULU, SI SADA LUNGUN, SI SADA LAS NI ROHA”. Sebab dengan prinsip ini, kami berkeyakinan, bahwa GM-PSSSI&BB akan hadir sebagai kekuatan baru bagi PSSSI&B dan bagi Naposo Bulung PSSSI&B, sesuai dengan fakta bahwa kita memiliki potensi yang sangat besar yang pada umumnya terletak dan dimiliki oleh kalangan Generasi Muda. Songon ni dok ni umpasa : “Pusuk ni tobu naposo, uram-uram ni situma. Sungkunon ma gogo tu Generasi Muda, ruhut ni adat sian natua-tua”,

Mengutip kata bijak, Menabur Bakti, Menuai Bukti, saya mengajak seluruh Generasi Muda Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru dan Bere, untuk mau berbakti, sehingga kita dapat membuktikan bahwa generasi muda mampu membuat perubahan ke arah yang lebih baik.

Sebagai Ketua Umum Pertama GM-PSSSI&BB seluruh Dunia, saya ingin menyampaikan gambaran singkat mengenai rencana strategis atau program kerja GM-PSSSI&BB paling tidak untuk jangka waktu 5 (lima) tahun ke depan. Berdasarkan penunjukan dan pelantikan kami sebagai Pengurus Pusat, maka kami akan melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

Pertama, konsolidasi kepengurusan yang menyangkut melengkapi seluruh kelengkapan organisasi, seperti : struktur kepengurusan, personalia, AD/ART, dan Program Kerja Jangka Pendek, Menengah dan Jangka Panjang.

Kedua, sosialisasi GM-PSSSI&BB ke Kabupaten/Kota dan luar negeri, yang diikuti dengan pembentukan Cabang-cabang GM-PSSSI&BB dan Pelantikan Badan Pengurus Cabang, berdasarkan kesediaan dan kesiapan kabupaten/kota tersebut.

Ketiga, pengembangan pusat informasi komunikasi, yang didukung teknologi informatika, lewat peningkatan fungsi Website GM-PSSSI&BB. Melalui Website ini, kami akan menjaring seluas-luasnya partisipasi generasi muda seluruh dunia, untuk membuka peluang bagi tenaga kerja, dan bagi pelajar/mahasiswa mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Keempat, pelaksanaan program aksi sosial, beasiswa bagi yang berprestasi dan membutuhkan, serta pendidikan latihan bagi tenaga kerja di berbagai bidang, seperti, perbengkelan, pertanian terpadu, pertukangan dan bimbingan belajar bagi siswa.

Kelima, peningkatan kerjasama dan jaringan baik dengan pemerintah, perusahaan swasta dan organisasi sosial yang memiliki visi yang sama dengan GM-PSSSI&BB.

Gambaran kegiatan sebagaimana saya sampaikan, tentu tidak akan dapat direalisasikan tanpa dukungan aktif semua pihak. Kami berharap, agar di masa mendatang, Bapak/Ibu, memberikan atensi, respon dan willingness, sehingga kita dapat bersama-sama membangun pola hidup Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru Bere yang lebih bersahaja, mampu bersaing, mampu meraih peluang dalam berbagai tantangan, serta tetap rendah hati meraih HAMORAON, HASANGAPON DAN HAGABEON.

Songon ni dok ni umpasa “Sitorop ma dangkana, Sitorop ma bulungna, Gabe ma hula-hulana, Songon i ma nang boruna”. Kiranya Tuhan Yang Maha Murah, Maha Pengasih dan Maha Penyayang, memberikan kekuatan kepada kami dan untuk kita semua, sehingga apa yang kita citat-citakan bersama akan tercapai dan menjadi kemuliaan bagi Tuhan.

Akhir kata, saya mengucapkan, “Tubu dingin-dingin di Lumban Tonga-tonga, sai saur ma hita madingin, jala sai tulus ma sinangkap ni roha”., “Tampuk ni sibaganding di dolok ni pangiringan, horas ma hita na marhaha maranggi, marhula marboru molo sai masipairing-iringan”. “Sahat-sahat ni solu, sahat ma tu tiga ras, sai leleng ma GM-PSSSI&BB mangolu, jala horas-horas”. Mauliate…

Pematang Siantar, 8 Maret 2008

FERNANDO SIMANJUNTAK

Ketua Umum


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY