Hak Jawab dan Koreksi Panitia Peresmian KSU Koparsibo Medan Atas Pemberitaan Harian SIB

2
329

Nomor : 21/PP-KOPARSIBO/III/2008

Lamp. : 1 (satu) berkas
Perihal : HAK JAWAB DAN KOREKSI

Bapak Pemimpin Redaksi
Harian SINAR INDONESIA BARU

Jl. Brigjen. Katamso
MEDAN

Dengan hormat,

Sesuai dengan pemberitaan Harian SIB, Hari Senin, Tanggal 17 Maret 2008, halaman 2, kolom 5-8, dengan judul : Jemaat HKBP Martoba Tamora dan PSSSI&Boru Doakan dan Siap Menangkan Ali Umri-Maratua Simanjuntak, yang ditulis wartawan berkode ret/r10/g, kami Panitia Peresmian Koperasi Serba Usaha (KSU KOPARSIBO), menyampaikan hak koreksi, guna menghindari timbulnya opini yang tidak didasarkan pada kenyataan yang sebenarnya, dan berpotensi merugikan Panitia Pelaksana dan personalia kepanitiaan, yang hingga hari ini belum menerbitkan press release berkaitan dengan kegiatan tersebut.

Sebagai pelanggan dan pembaca setia Harian SIB, kami berkewajiban untuk tetap mempertahankan azas pemberitaan yang berimbang, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan sehingga Harian SIB dapat tetap eksis sebagai surat kabar yang mampu menyuguhkan berita yang jujur, sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

Kami menyampaikan tanggapan ini, berdasarkan prinsip bahwa Panitia Pelaksanan Peresmian KSU KOPARSIBO, tidak bekerja sebagai bagian dari gerakan politik di Propinsi Sumatera Utara, dan hanya merencanakan dan melaksanakan kegiatan sesuai dengan tujuan pokok dibentuknya panitia tersebut, yaitu Peresmian KSU KOPARSIBO.
Mengutip pemberitaan SIB yang menuliskan “Di kegiatan yang diketuai Mayor Ricardo Simanjuntak itu, Maratua Simanjuntak, memberi bantuan Rp. 5 juta sebagai modal tambahan KOPARSIBO”, yang memberi gambaran seolah kehadiran Maratua Simanjuntak dalam Rapat PSSSI&B Kota Medan yang dipimpin oleh Kombes (Purn) Drs. A.P. Simanjuntak, MSi, sebagai satu kesatuan dengan kegiatan kepanitiaan peresmian KSU KOPARSIBO, yang kebetulan dilaksanakan di tempat yang sama.

Sebagai Panitia Pelaksana yang bekerja sesuai dengan Surat Keputusan Pengurus KSU KOPARSIBO, No. 0002/Kop/2007, tertanggal 10 Oktober 2007, kami melaksanakan serangkaian kegiatan, antara lain Ibadah Minggu Bersama, Makan Bersama dan Peresmian KSU KOPARSIBO yang ditandai dengan pembukaan selubung papan nama KSU KOPARSIBO dan Pelantikan Badan Pengurus dan Badan Pengawas KSU KOPARSIBO oleh Pengurus PSSSI&B Kota Medan dan disaksikan oleh undangan panitia yang kami perkirakan hadir 400-an orang dari Sektor 1 – 68 PSSSI&B Kota Medan, ditambah para tokoh, sesepuh Simanjuntak Sitolu Sada Ina, dan Pengurus Pusat GM-PSSSI&BB se-Dunia.

Sepanjang rangkaian acara Peresmian KSU KOPARSIBO, saya tidak melihat dan mengetahui kehadiran Maratua Simanjuntak, baik kapasitas sebagai anggota PSSSI&B maupun sebagai Calon Wakil Gubernur Propinsi Sumatera Utara. Namun, setelah selesai acara peresmian KSU KOPARSIBO, setelah acara ditanggungjawabi oleh Pengurus PSSSI&B Kota Medan, Maratua Simanjuntak beserta Istri, memasuki ruangan pertemuan di Grand Liberty – Medan.

Kegiatan itu sendiri kami selesaikan pukul 15.30 Wib, dan sebagai Ketua Panitia, secara resmi, saya mengumumkan bahwa kegiatan kepanitiaan Peresmian KSU KOPARSIBO sudah berakhir, dengan berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan peresmian sebagaimana disusun dalam kerangka acuan (terlampir). Pada saat itu juga, saya sebagai Ketua Panitia mengembalikan forum dan menyatakan bahwa panitia telah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan Peresmian KSU KOPARSIBO, sesuai dengan penugasan yang diberikan oleh Pengurus KSU KOPARSIBO yang diketuai Jhon Erwyn Simanjuntak. dan bukan lagi sebagai penanggungjawab dalam acara selanjutnya, yaitu Rapat PSSSI&B Kota Medan.
Dengan demikian, kami panitia menegaskan bahwa :

  1. TIDAK ADA KAITAN ANTARA PERESMIAN KSU KOPARSIBO YANG DIADAKAN PADA TANGGAL 16 MARET 2008, BERTEMPAT DI GRAND LIBERTY, dengan KEHADIRAN DR. H. MARATUA SIMANJUNTAK, SEBAGAI CALON WAGUBSU.

  2. DUKUNGAN DAN DOA DARI PSSSI&B KOTA MEDAN, KEPADA DR. H. MARATUA SIMANJUNTAK, DISAMPAIKAN BUKAN PADA ACARA PERESMIAN KSU KOPARSIBO, NAMUN PADA RAPAT UMUM PSSSI&B KOTA MEDAN yang dipimpin oleh Kombes (Purn) Drs. A. Permin Simanjuntak, MSi.

  3. SEBAGAI KETUA PANITIA PELAKSANA PERESMIAN KSU KOPARSIBO, DAN SEBAGAI ANGGOTA T.N.I AKTIF, SAYA MENYATAKAN TIDAK PERNAH MEMPOSISIKAN DIRI MENDUKUNG PASANGAN CALON GUBERNUR TERTENTU.

  4. PANITIA PELAKSANA KSU KOPARSIBO, MELAKSANAKAN KEGIATAN TERSEBUT SECARA PROFESIONAL DAN SESUAI DENGAN PENUGASAN YAITU PERESMIAN KSU KOPARSIBO.

Demikianlah hak koreksi ini, kami sampaikan untuk dimuat di Harian SIB, pada halaman yang sama dengan pemberitaan yang kami koreksi tersebut.

Atas kesediaan dan perhatian pemimpin redaksi Harian SIB, kami ucapkan terimakasih.

Panitia Pelaksana

Peresmian KSU KOPARSIBO

 

Mayor CKM Ricardo Simanjuntak, S.Sos, MKes Ir. Poltak Simanjuntak

K e t u a Sekretaris

Tembusan :

Yth.

  1. Ketua PSSSI&B Kota Medan di Medan.

  2. Ketua Umum GM-PSSSI&BB se-Dunia di Pematang Siantar.

  3. Tokoh-tokoh PSSSI&B Kota Medan.

  4. Para Undangan Peresmian KSU KOPARSIBO

Pertinggal.

2 COMMENTS

  1. Horas…
    Satukan Visi dan Misi dan tidak pernah menjadi partisan dalam partai politik. Karena biarpun kita sama sama Simanjuntak belum tentu kita satu bendera dalam politik. Biarlah kita berbeda partai politik tapi tetap bersatu dalam bendera Simanjuntak Sitolu Sada Ina

    Mauliate

  2. horas….
    Penjelasan panitia pelaksana peresmian KSU KOPARSIBO cukup jelas, kita harus dapat memisahkan kepentingan politik dan kepentingan pribadi. Meskipun saya tidak membaca berita harian sib tersebut tapi saya yakin isinya berkutat pada makna dugaan saja. Tapi kalau ada PARTAI SIMANJUNTAK Sitolu Sada Ina kan lain ceritanya ha ha ha …

    Mauliate

LEAVE A REPLY