Dukungan Pembentukan GM-PSSSI/BBI se-Dunia Terus Mengalir

4
357

manganarsekum1.jpg

Drs. Manganar Simanjuntak, Sekretaris Umum PSSSI&B Kota Medan : “Saatnya Generasi Muda Lebih Berperan”

JuntakNews – Medan (02/03/08)

Ditemui ketika mengikuti Rapat Panitia Peresmian (launching) Koperasi Simanjuntak dohot Boruna (KOPARSIBO) di kediaman Drs. E. Simanjuntak di Jalan Kuali Medan, Manganar Simanjuntak yang dikenal luas di kalangan PSSSI&B Kota Medan sebagai Sekretaris Umum 3 (tiga) periode itu, menyampaikan kegembiraan dan dukungannya atas rencana pembentukan GM-PSSSI&B se-dunia yang akan diadakan di Pematang Siantar 7 – 8 Maret 2008 yang akan datang.

Kegembiraan dan dukungan itu bukan tanpa alasan, sebab banyak hal yang tidak mampu ditangani oleh PSSSI&B di tengah perkembangan kebutuhan anggota-anggotanya. Masalah kesempatan kerja, kesempatan mendapat pendidikan formal dan informal, masalah pengembangan karir dan jabatan yang dihadapi pemuda dan generasi muda, sepertinya tidak mendapat perhatian selama ini dari PSSSI&B. Sementara, ada pengakuan bahwa Simanjuntak merupakan salah satu marga terbesar dan memiliki orang-orang yang berpotensi dapat membantu sesamanya, pada umumnya mereka itu kalangan generasi muda dan naposo bulung.

“Sejak lama ini merupakan mimpi kita, namun tidak ada kekuatan untuk membuat ini menjadi kenyataan”, aku Manganar yang juga bekerja sebagai pegawai negeri di lingkungan Kantor Wilayah BPKP Propinsi Sumatera Utara itu. “Sejak dulu sewaktu masih pemuda, saya sudah aktif mendorong pengembangan generasi Simanjuntak, melalui penyediaan kursus bimbingan belajar bagi anak-anak PSSSI&B, agar mampu bersaing masuk perguruan tinggi negeri. Walaupun upaya ini tergolong baik, namun tidak ada kelanjutan. Ini perlu diperhatikan oleh GM-SSSI&BB yang akan dibentuk itu”, harapnya.

Harapan ini tentu bukan tidak mungkin diwujudkan. Persiapan ke arah itu sedang giat di kerjakan oleh para generasi muda di Kota Pematang Siantar. Menurut, pantauan JuntakNews ketika mengunjungi fasilitas-fasilitas yang diproyeksikan sebagai tempat pembinaan bagi pemuda-pemudi Simanjuntak Sitolu Sada Ina Boru dan Bere yang berlokasi di Kota Pematang Siantar, diketahui tingkat keseriusan mereka dalam merespon kebutuhan dan upaya menjawab tantangan yang dihadapi oleh warga PSSSI&B.

Workshop pertukangan, pertanian, perikanan dan perbengkelan, akan dioperasikan mendukung program kerja GM-SSSI&BB, jika organisasi ini mendapat restu dari PSSSI&B dan dukungan tokoh-tokoh PSSSI&B yang tersebar di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia dan luar negeri. Menanggapi persiapan generasi muda Simanjuntak Sitolu Sada Ina di Kota Pematang Siantar itu, Drs. Manganar Simanjuntak mengungkapkan pokok-pokok fikirannya. “Sudah saatnya generasi muda kita beri proporsi yang lebih besar untuk menunjukkan kepeduliannya dalam mengembangkan kualitas kehidupan warga Simanjuntak Sitolu Sada ina. Mereka memiliki potensi yang besar dalam membaktikan diri bagi sesamanya. Bakti di semai, bukti dituai”, katanya penuh kearifan.

Pemikiran dan harapan Manganar ini, sepertinya dapat mewakili pemikiran dan keinginan kebanyakan tokoh Simanjuntak Sitolu Sada Ina. Sebagai satu cabang terbesar di Indonesia, PSSSI&B Kota Medan yang terdiri dari 68 sektor dengan jumlah anggota 5.200 kepala keluarga, diharapkan menjadi pendukung potensial dalam pembentukan GM-PSSSI&BB se-dunia ini. Sementara dukungan dari cabang-cabang lain, seperti Jadetabek, Bandung, Toba Samosir, Silindung, Kisaran, Dairi, Humbang Hasundutan sudah sejak awal disampaikan kepada Tim Pemrakarsa pembentukan GM-PSSSI&BB.

Bukti keseriusan dukungan PSSSI&B Kota Medan akan ditunjukkan dengan kesediaan Pengurus PSSSI&B serta tokoh sesepuh PSSSI&B Kota Medan, menghadiri acara pengukuhan Pengurus GM-PSSSI&BB se-Dunia yang akan di adakan pada tanggal 7 – 8 Maret 2008 ini. “Saya dengan bebarapa orang pengurus dan sesepuh, akan menghadiri undangan panitia acara HUT ke-53 PSSSI&B Kota Siantar dan Pengukuhan Pengurus GM-PSSSI&BB se-Dunia di Pematang Siantar”, kata Manganar.

4 COMMENTS

  1. “Sudah saatnya generasi muda kita beri proporsi yang lebih besar untuk menunjukkan kepeduliannya dalam mengembangkan kualitas kehidupan warga Simanjuntak Sitolu Sada ina. Mereka memiliki potensi yang besar dalam membaktikan diri bagi sesamanya. Bakti di semai, bukti dituai”, katanya penuh kearifan.
    ……………. (kutipan tulisan di atas)

    SETUJU..!!! SAATNYA GENERASI MUDA LEBIH TERLIBAT.
    Ramba naposo dope hami
    Ramba naposo na sotubuan lata
    Angka naposo dope hami
    Angka naposo na soumboto hata

    Beri tahu kami Pak, apa yang bisa kami kerjakan. Ini bukan pernyataan pasif, tapi berpikir positif untuk kemajuan Simanjuntak Sitolu Sada Ina.

    TUHAN… tolong kami.
    Amin.

  2. Apa yang muda boleh bicara ( seperti iklan salah satu merk rokok ), he he he

LEAVE A REPLY