Simanjuntak.or.id

Berita

Daftar tempat pariwisata di Toba – Samosir

Pariwisata Danau Toba

  • Air terjun Sigura-gura terkenal sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air dan sebagai Arena Arung Jeram Tingkat Internasional.
  • Pusat Perbelanjaan Nasional. Kelihatannya seperti sederetan Rumah Tradisional, terletak di pusat Balige. Gedung perbelanjaannya dihias dengan ornamen dan arsitek Batak.
  • Pantai Ajibata. Ajibata dikenal dengan pantai dan suatu tempat yang sangat penting sebagai pintu gerbang dan daerah transit jika kita ingin ke Samosir melalui ferri atau kapal. Perjalanan Ajibata – Samosir membutuhkan waktu sekitar 30 menit.
  • Tomok adalah gerbang bagian Timur dari Pulau Samosir. Atraksi-atraksi dan objek wisata yang menarik perhatian wisatawan Nusantara maupun Mancanegara seperti : Sigale-gale, Makam Raja Sidabutar, Batu Kursi, Rumah Tradisional Siallagan, Pertunjukan Tari Tradisional.
  • Makam Sisingamangaraja di Pagar Batu Balige. Orang Batak telah mengambil bagian dalam mencapai kemerdekaan Indonesia. Sisingamangaraja adalah salah satu pahlawan tanah Batak.
  • Pusuk Buhit mempunyai nilai kebudayaan yang tinggi khususnya bagi orang Batak. Dengan ketinggian 4000m dari permukaan air, diyakini bahwa tempat ini adalah pemukiman nenek moyang orang Batak yang diturunkan dari langit oleh “Mula Jadi Nabolon” (Tuhan Yang Maha Esa). Nenek moyang orang Batak (Siraja Batak adalah manusia yang pertama kali diturunkan di Pusuk Buhit) dan dari sanalah menyebar ke seluruh dunia, oleh karena itu dianggap sebagai tempat asal mula orang batak. Pegunungan dan panorama yang menarik menambah keindahan pemandangan. Bediri pada Puncak Pusuk Buhit, kita akan dapat menikmati pemandangan di kaki Pusuk Buhit yang dikenal sebagai Tempat Asal Usul Orang Batak. Di kaki Pusuk Buhit telah dibangun Rumah Tradisional untuk mengingatkan kita akan nilai-nilai sejarah budaya Batak.
  • Pulau Tulas. Menaiki Gunung Pusuk Buhit atau bepergian melalui kapal, kita dapat melihat sebuah pulau kecil yang belum disentuh oleh manusia dan dinamakan Pulau Tulas yang berada di sebelah barat Kota Pangururan.
  • Pemandian Air Panas Pangururan terletak pada kaki Pusuk Buhit yang bersumber dari kaki gunung. Airnya mengandung belerang dan panas sehingga diakui kemampuannya dapat menyembuhkan penyakit-penyakit kulit.
  • Museum Balige dan Arjuna (berada di Laguboti).
  • Dolok Tolong adalah sebuah gunung terkenal di Balige. Menurut sejarahnya Puncak gunung Dolok Tolong ini digunakan Pahlawan Sisingamangaraja sebagai tempat peristirahatan selama perjuangannya melawan kolonial Belanda.
  • Rumah Budaya Jangga Dolok. Daerah pemukiman rumah batak yang disertai dengan Ornamen Batak Asli Tradisional dapat dijumpai di Jangga Dolok sekitar 38 km dari kota Balige. Rumah Tua Jangga Dolok berumur sekitar 200 tahun telah dihuni oleh 8 generasi sampai sekarang. Disamping itu kita akan mendapatkan bermacam corak dan warna Ulos/sejenis pakaian adat hasil buatan tangan, kita dapat melihat penduduk setempat membuat / menenun Ulos. Jangga Dolok berdekatan dengan lahan Pertanaian Padi, Kopi, Jagung dan Jahe serta Peternakan.
  • Taman Eden 100. Perjalanan 30 menit dari kota Balige kita akan menjumpai Kecamatan Lumban Julu, suatu daerah yang penuh dengan kekayaan alam yang terdapat pada lokasi wisata di Taman Eden 100. Taman Eden 100 mempunyai 100 jenis pohon buah-buahan yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Tempat wisata ini digolongkan kepada Agro dan Eko Wisata. Disamping terdapat 100 jenis pohon buah-buahan, juga terdapat tempat menarik lainnya seperti : Panjat Gunung, Air Terjun Tingkat 7 (tujuh), Rumah Tarzan, Goa Kelelawar, Harimau dan bermacam-macam jenis Anggrek yang belum diketahui jenisnya dan tersedia juga tempat untuk Camping
  • Gua Sangkal ini digunakan sebagai tempat menganyam tikar, khususnya pada malam hari. Tempat ini sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan.
  • Pulau Tao adalah sebuah pulau kecil yang membutuhkan 5 menit perjalanan dari desa Simanindo, pulau ini sudah mempunyai restoran,rest house, penginapan dan sangat cocok untuk tempat istirahat, pulau ini ditawarkan sebagai tempat berinvestasi.
  • Tuktuk Siadong juga dianggap sebagai rumah bagi wisatawan, segala pelayanan untuk wisatawan dapat dipenuhi dimana-mana, sperti : Hotel, Restoran, Diskotik, Night Club. Tuktuk Siadong dapat dicapai dengan menyeberangi Danau Toba dari Tiga Raja atau Ajibata melalui ferri atau kapal. Penyeberangan dapat dilaksanakan setiap jam dan kegiatan masyarakat sehari-harinya berhubungan dengan kepariwisataan seperti menjual souvenir-souvenir di tempat objek wisata.

Dari berbagai Sumber
Photo: Monang Naipospos

11 thoughts on “Daftar tempat pariwisata di Toba – Samosir

  1. Karmaida Sagala MM /Ida

    Syalom para sahabat Dongan Bona pasogit,, Saya mau info jg dikampung halaman saya ada juga Daerah wisata yg sangat Unik dan sangat indah “aliran sunga yang dari dataran tinggi yg bersumber dari hutan terjun dan mengalir mendekati hunian penduduk namanya Binanga SITABIGAGAN.Binanganya besar dan airnya kemerah-merahan masih bersih dan kami penghuni Bonandolok masih mengambil air untuk minum dari SITABIGAGAN.Nama kampungku Bonandolok yang dikelilingi gunung. Udaranya masih sangat sejuk dan dari sana banyak hasil bumi.Horassssssss……..

  2. motung m

    oke mari kita bersatu paturehon kampung kita asa lam maju jala ditanda jolma hutanta i,alai dang cukup holan dengan omongan tapi juga hrs dengan perbuatan artinya kita hrs rela berkorban fikiran dan terlebih materi.ok,s.

  3. Joko Tampubolon

    Trimakasih kepada saudara yang mau memuat berita** tempat wisata di kampung halaman kita.
    sehingga dengan melihat imformasi ini akan semakin banyak orang yang mau berkunjung untuk menikmati keindahan alam di bumi kita (toba samosir)
    Dan yang tentunya dengan semakin banyak nya wisatawan ** yang datang berkunjung tidak hanya saja menambah pendapatan daerah tetapi juga menambah pendapatan masyarakat sekitar ?
    hanya saran saya, khusus buat Dinas Pariwisata Toba Samosir tolong warga kita di bina.Agar tidak berlaku kasar terhadap wisatawan, Mungkin dengan kita berikan mereka tata krama, dan senyuman mungkin mereka tidak akan takut,atau akan buru** angkat kaki dari kapung kita. malah akan membuat mereka semakin betah atau ingin tinggal berlama-lama.
    sekian opini dari saya.

    horas…horas…horas
    jaya selalu Kabupaten Tobasamopsir.
    dan sukses slalu buat pemimpim** Kabupaten Tobasamosir.

  4. masrida simbolon

    salut ma perkembangan balige yang pesat…. salah satu daerah termaju di sumatra utara…! tingkatkan..terus demi kemajuan rakyat balige….!

  5. Horas Silaban

    Samosir uang indah ,Toba pada umumnya menurut penglihatan Saya jauh lebih indah dari BALI,tetapi jauh ketinggalan pengelolaan nya dengan BALI , wahai Pemerintah datang lah kesana lihat betapa indahnya Toba ku ,jangan harapin Martabe dong enak ajaa , Pemerintah dulu lah ,imfrastuktur gimana di kawasan samoir ajasekitarnya ,gimana Kabupaten Samosir tidak punya jalan Ring Road yg baik ,masih unrung karena bagus nya Wisatawan masih datang , coba pemerintah lihat jalan dikampung pulau Jawa aja lebih bagus dari Jalan disamosir !!! Kita orang Toba cuma berdoa ,negara kita kaya tapi ngak tau kemana uang nya………………………………. Juara Korupsi internasinal

  6. martua simanjuntak

    Kalo ditanya warga sekitar danau Toba pengetahuannya tempat pariwisata hampir pasti 80% tidak mengerti. Kenapa terjadi, ya… karena dinas pariwisata dan budaya setempat tidak melakukan studi banding dengan saudara kita yang di Bali. Momoknya apa? Lagi-lagi keterbatasan dana, tapi tidak digalang dengan instansi terkait lainnya antara pemda baik pemangku kepentingan dan stakeholders. Kalaupun diadakan pesta Danau Toba. Ya, sifatnya untuk seremonial aja. Solusinya bagaimana, penciptaan lapangan kerja untuk perikanan sekitar danau toba, pertanian yang tangguh (komoditi sub sektor tanaman pangan)dari hulu hingga hilir, industri rumah tangga.
    Yang terpenting dari kegiatan pariwisata yaitu Budaya warga setempat yang ramah, bahasa yang santun dan cinta akan budaya leluhurnya. Masyarakat setempat baik pemuka agama, adat dan pemda dapat memilah mana budaya warga batak dan mana budaya asing.

  7. Robert Ferdinand S.

    Keindahan Danau Toba sangat luar biasa meruoakan daya tarik bidang parawisata namun selain itu ada faktor yang daya tarik investor di bidang parawisata adalah Adanya perobahan perilaku masyarakat setempat yakni idak kasar atau kurang sopan, tidak bentak-membentak, tidak menipu/mencopet, tidak sombong, tidak kotor/sampah bertaburan, tidak rapi, lalu-lintas tidak tertib, harus sejuk/hijau, ternak tidak berkeliaran, penyedia jasa/pedagang harus mengutamakan pelayanan yang baik bagi pelanggan, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *